3 Alasan Aplikasi Layanan kesehatan lebih diminati
Kampanye / Sponsor,  Review

3 Alasan Aplikasi Layanan Kesehatan Online Sekarang Lebih Diminati

Beberapa bulan sebelum Corona mewabah di dunia, saya sempat mencoba konsultasi kesehatan lewat aplikasi layanan kesehatan di rumah. Meskipun gratis, tapi saya tidak bertatap muka dengan dokternya dan hanya mengirimkan foto gejala sakit yang saya punya. Namun, saya merasa agak sangsi karena dokter tidak melihat keadaan saya langsung. Tetap ada celah disini, dimana saya khawatir kalau konsultasi kesehatan yang saya lakukan ini tidak akurat.

Per 20 Juli lalu, jumlah orang yang dinyatakan positif Corona telah mencapai nyaris 90.000 jiwa. Tentu sebuah angka yang bombastis, dan jika dilihat pertumbuhannya masih mungkin bertambah. Melihat angka tersebut tentu membuat orang jadi berpikir berkali-kali mau memeriksakan kesehatan ke klinik dan rumah sakit, karena resiko terpapar virus Corona.

Tentunya bagi mereka yang sadar akan pentingnya melakukan pencegahan terjangkit, jadi makin waspada. Apalagi, ada juga orang yang positif Corona tanpa gejala. Ada sebuah kebutuhan jaminan untuk tetap sehat selagi mengecek kesehatan tubuh kita. Disinilah adanya sebuah solusi yang diberi layanan kesehatan online.

Jika dilihat, ada 3 alasan yang membuat orang jadi lebih berminat berkonsultasi lewat layanan aplikasi kesehatan:

1. Hemat Waktu

Rumah sakit dan klinik terdekat terutama di wilayah penduduk yang padat sangat mungkin dipenuhi banyak pasien. Kondisi ini membuat antrian periksa ke dokter lebih banyak dan akan membuat pasien menunggu lebih lama. Belum waktu yang dihabiskan di jalan dan kemungkinan kena macet.

Melalui memeriksakan kesehatan online, pasien jadi bisa beristirahat di rumah selagi berkonsultasi dengan dokter terpercaya. Tidak perlu habiskan waktu mengantre yang membuat pasien berkurang kenyamanannya dan membuang waktu.

2. Resiko Terpapar Penyakit Lain Lebih Rendah

Karena kemungkinan mengantre panjang di rumah sakit dan klinik, maka waktu yang dihabiskan menunggu seperti duduk, kemungkinan bercakap dengan pasien lain, menggunakan fasilitas umum dan makan minum di tempat yang mungkin terpapar virus bisa terjadi. Hal ini membuat pasien lebih beresiko terjangkit penyakit Corona dan penyakit lain.

3. Fitur Aplikasi Layanan Kesehatan Yang Memadai

Aplikasi layanan kesehatan masa kini tidak semerta-merta ‘seadanya’, justru berusaha memfasilitasi kebutuhan pasien yang ingin memeriksakan kesehatannya. Salah satu yang memadai adalah aplikasi Aido Health yang berkomitmen menyediakan konsultasi kesehatan berkualitas dari rumah.

Aplikasi Aido Health merupakan smart digital solution untuk layanan kesehatan. Fitur di Aido Health terdiri dari dua fitur utama: Rawat Jalan Online dan Perawatan di Rumah.

Layanan Rawat Jalan Online adalah fitur untuk pasien berkonsultasi dengan dokter online dari rumah sakit terkemuka dan terpercaya. Dari aplikasi, terlihat daftar rumah sakit yang bisa kita pilih. Lalu setelah diklik, ada list dokter yang bisa dipilih untuk konsultasi, spesialisasinya, jadwal dan harga konsultasi beserta ratingnya. Jadi nggak bingung memilih dokter, deh.

Oh ya, meeting dengan dokternya menggunakan aplikasi zoom. Jadi hampir mirip bertatap muka langsung dan tentu terasa lebih akurat dibanding hanya mengunggah foto gejala seperti saya waktu itu.

Sementara fitur Perawatan di Rumah adalah layanan perawatan di rumah yang berasal dari rumah sakit dan klinik sekitar rumah kita. Tiap rumah sakit dan klinik memiliki layanan perawatan rumah sendiri. Misalnya kalau dari aplikasi handphone saya, pilihan rumah sakit dan klinik yang ada adalah NK Health dan Klinik Medifarma. NK Health menawarkan perawatan fisioterapi dan Klinik Medifarma menawarkan layanan Perawatan di Rumah dan Pesan Antar Obat.

Tampilan aplikasi aido health

Namun terkadang ada kekhawatiran sendiri ya dalam melakukan perawatan rumah sendiri maupun konsultasi online yang sudah menggunakan aplikasi zoom. Beberapa perawatan kesehatan rumah membutuhkan jasa tenaga medis langsung.

Menjawab hal ini Aido Health sediakan Paket Perawatan Rumah yang memudahkan pasien melakukan perawatan di rumah dengan mengirimkan tenaga medis dan alat-alat pengecekan. Aido Health sediakan paket Covid 19, Wound Care, Fisioterapi, Vaksinasi dan Paliatif Onkologi. Di tiap pilihan ini, kita dimintakan lokasi dan kecamatan kita, kemudian dilanjutkan pertanyaan khusus yang berhubungan dengan pengobatan. Nah, di akhir opsi ini ada jumlah pembayaran paket yang harganya sudah diskon. Wow, lumayan juga ya. Setelah itu, kita bisa request jadwal dan menunggu konfirmasi setelah membayar.

Nah untuk paket Covid 19 khususnya ada layanan rapid test datang ke rumah dari Aido. Harganya pun miring, dari Rp 625.000 menjadi cuma Rp 500.000, kita jadi hemat 20%. Mau vaksin di rumah dengan aido juga bisa dengan paket vaksinasi di paket perawatan rumah.

Ngomongin harga diskon, ada juga beberapa promo tersedia di Aido Health. Saat saya browsing aplikasi ini, ada promo diskon 10% dari First Media untuk Paket Siloam at Home untuk layanan rawat jalan online yang berlaku hingga 15 September 2020.

Selain dari semua fitur itu, tersedia artikel kesehatan tersedia di aplikasi. Jadi kita bisa up-to-date dan menambah wawasan kesehatan untuk tubuh kita. Nggak selalu soal menawarkan pelayanan, informasi kesehatan juga disediakan di Aido Health.

Untuk membayar layanan dan perawatan di rumah beserta paketnya, tersedia pembayaran dengan transfer bank dan virtual account. Jenis pembayaran yang oke banget karena memudahkan kita yang sedang berhati-hati atau membatasi bepergian karena hindari Corona.

Dilihat dari fitur-fiturnya, cukup komplit ya aplikasi Aido Health ini. Kamu bisa coba langsung aplikasinya biar terasa manfaatnya. Kamu bisa download aplikasinya lewat App Store dan Google Play. Insya Allah, kita jadi lebih sehat dan lebih nyaman dengan Aido Health.

16 Comments

  • Mei Daema

    wah menariknya bisa melakukan vaksin di rumah ya ternyata, memudahkan sekali kita untuk tidak keluar rumah. karena to be honest saat ini saya masih belum berani untuk keluar rumah jauh-jauh apalagi harus ke rumah sakit yang notabenenya banyak orang berkerumun dan juga perjalanannya yang tidak menjamin kesehatan kita. adanya aido health ini pastinya sangat membantu untuk masyarakat tidak perlu keluar rumah. dan lumayan ya ada diskon juga.

    • Sunglow Mama

      benar, mba. sekarang aido ada fasilitas vaksin. tentu saja, karena sekarang lebih khawatir untuk keluar rumah. Alhamdulillah ada fasilitas dari aplikasi layanan online ini

  • Rohyati Sofjan

    Terasa sekali manfaatnya aplikasi kesehatan yang bisa zoom karena memudahkan pasien yang butuh rujukan dokter secara leluasa.

    Saya suka dengan paket yang ditawarkan karena bisa memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa harus repot atau khawatir. Juga ada tindak lanjutnya.

  • Maria tanjung

    Jujur saya akhir2 ini kurang sreg dengan berobat online. Mungkin karena diagnosanya jadi kurang akurat ya. Tapi mau gimana lagi, pandemi yg memaksa kita utk menyesuaikan diri. Aido merupakan terobosan di bidang kesehatan ya mbak

    • Sunglow Mama

      Iya tentunya lebih akurat bertemu langsung, namun sekarang ngeri ya keluar rumah. apalagi rumah sakit dan klinik bisa jadi terpapar virus, walaupun belum tentu. Aplikasi Aido menurut saya terobosan, apalagi sudah terhubung dengan zoom dan ada paket perawatan di rumah

  • Alfa Kurnia

    Saya pernah melakukan konsultasi online via Aido Health ini. Serunya tuh konsultasinya pakai Zoom Meeting jadi dokternya bisa liat dengan jelas keluhan dan ekspresi kita. Cuma baru tahu ada fasilitas vaksin di rumah nih. Membantu banget untuk ortu yang punya anak wajib vaksin tapi takut ke RS atau klinik.

  • inna

    Makin banyaknya telemedicine di Indonesia ya sehingga memudahkan untuk melakukan konsultasi hanya dengan aplikasi aido health tanpa ribet dan tanpa mengantri ya kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *