4 Tipe Banner Blog Yang Bisa Dibuat di Canva
Canva

4 Tipe Banner Blog Yang Bisa Dibuat di Aplikasi Canva

4 Tipe Banner Blog Yang Bisa Dibuat di Aplikasi Canva. Hello, hello. Setelah sebelumnya saya nulis tentang aplikasi Canva, sebagian blogger sudah familiar ya dengan aplikasi grafis ini. Meski begitu, banyak yang mengaku belum maksimal menggunakannya. Hmmm, mungkin bisa dimulai dengan membuat banner blog.

Nah, sekarang kebiasaan aku kalau bikin artikel seringnya buat banner blog sendiri pake Canva. Selain dari otentik (ga akan sama dengan artikel blog lain), buatnya gampang dan buat mengasah kreativitas juga.

Baca Juga: Menemukan Aplikasi Canva, Jatuh Cinta Hingga Buat Kelas Sharing-nya

Banner blog adalah bagian dari artikel yang nggak bisa diremehkan, lho. Bisa jadi satu hal yang buat orang tertarik dengan artikelmu sebelum dibaca. Jangan juga membuat banner yang berbeda dengan konten artikel atau malah misleading, karena bisa membingungkan pembaca. Atau malah bikin orang yang harusnya baca malah nggak mau baca. Wah, malah jadi salah sasaran.

Ternyata setelah ngeblog beberapa tahun, menurut saya ada beberapa tipe banner dan semuanya bisa dibuat di Canva. Apa aja ya?

1. Banner Teks

Nggak perlu repot, banner blog bisa berisi cukup teks saja, jika itu dirasa cukup. Bahkan teksnya bisa kamu padukan dengan gambar, ilustrasi atau sticker jika kamu mau.

Tips: buatlah dengan warna yang cerah dan font yang menarik hingga meski cuma teks, akan menarik perhatian pengunjung blog.

2. Banner Image

Di Canva terdapat bank image atau gambar yang bisa kamu pilih sesuai dengan topik blog yang kamu angkat. Image-nya bisa kamu kasih efek retouch lagi di bagian filter sesuai dengan yang pas. Yang ini juga kamu bisa tambahkan teks jika perlu.

3. Banner Ilustrasi

Ilustrasi disini berarti kamu benar-benar mengisi banner dengan ilustrasi dari isi topik yang kamu tulis di artikel blog. Untuk yang ini, kamu harus gunakan kreativitas kamu dan menganggap banner kosong sebagai kanvas.

Baca Juga: Cara Membuat Logo Dengan Gratis di Canva

Kalau menurut saya gampang-gampang susah, tergantung juga dengan topik blog. Kalau topiknya sederhana seperti ngomongin kucing, tinggal cari ilustrasi kucing lalu dihias. Kalau topiknya lebih rumit seperti psikologi, tentu kamu harus memutar otak mikir ilustrasi apa yang pas dan dimengerti orang.

Tips: harus pintar mencari ilustrasi di kolom ilustrasi. Kamu harus mencari keyword yang pas di bagian tersebut, bahkan kalau belum ketemu juga cari yang lebih umum atau kata lain yang berhubungan dengan kata kunci itu. Lebih oke lagi kalau kamu buat pattern atau motif sebagai latar jadi nggak terasa kosong banget.

4. Banner Gabungan

Banner gabungan adalah banner yang isinya terdapat teks, image dan/atau ilustrasi. Yang ini tentunya cukup niat. Kalau sudah cukup niat, semoga isi banner bisa mencakup isi artikel plus memikat pembaca.

Walaupun elemennya terasa komplit, jangan sampai malah jadi bertubrukan, terlalu ramai atau malah nggak selaras. Harus ada harmoni dari semua elemen jadi terasa kompak dan pas.

******

Begitulah, walau ‘hanya’ banner blog, rasa harus dilibatkan. Mungkin ada yang merasa kurang bisa pakai rasa? Nggak apa-apa, memang harus latihan kok. Lama-lama insya Allah bisa.

Ada yang mau ditanyakan? Atau pengen ikut kelas sharing Canva, jika nanti ada?

Sunglow Mama Signature

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *