Catat, Ini Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Bepergian Jauh Saat Pandemi

Catat, Ini Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Bepergian Jauh Saat Pandemi

Pengalaman Pribadi Bepergian Jauh

Saya dan keluarga kecil saya terbilang sangat jarang bepergian jauh bersama-sama di era pandemi ini. Kami keluar rumah hanya untuk membeli kebutuhan dan mengunjungi saudara yang lokasinya di dekat rumah.

Sebagai anak, tentu saya selalu ada keinginan mengunjungi rumah Ibu yang ada di Jakarta. Walaupun kotanya bersebelahan, tetap saja saya berpikir berkali-kali mau mengunjungi Ibu. Padahal waduh, saya kangen banget sama Ibu.

Tentu kita semua tahu ya, resiko bepergian jauh. Bukan hanya kita bisa menjadi carrier, tapi tempat yang kita kunjungi atau lintasi mungkin bisa terdapat virus.

Melihat statistik tingkat penyebaran dan kematian pengidap dan korban jiwa Covid 19, rasanya belum bisa kita melonggarkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan). Apalagi dengan adanya klaster baru yang muncul di perumahan dan mereka yang terkena tidak bergekala (OTG)

Di suatu kesempatan, saya merasa bisa mengunjungi Ibu. Tentu banyak pertimbangannya, salah satunya persiapan fisik dan peralatan yang dibawa dari rumah. Kedua, kekhawatiran tidak dapat mengunjungi Ibu jika harus ditunda-tunda lagi.

Akhirnya, kami bisa mengunjungi rumah Ibu. Alhamdulillah, dapat melepas kangen dan kabar. Mungkin karena senang juga dan zona rumah Ibu saya juga hijau, jadi tidak ada yang harus dikhawatirkan.

Hal Yang Harus Dipersiapkan Saat Bepergian Jauh Di Masa Pandemi

Waktu itu walaupun akhirnya saya mengizinkan diri saya dan keluarga bepergian jauh, saya tetap punya kekhawatiran tentang apa yang mungkin terjadi di jalan. Ngeri ini-itu. Namanya juga Ibu, kesehatan keluarga tentu penting.

Kekhawatiran saya lebih kepada sulitnya membersihkan diri di jalan karena kena macet atau kondisi perjalanan yang terhambat lainnya.

Ealah, mau jalan aja ribet bener deh. Mungkin ada ya yang mikir begitu. Yah gimana dong, nggak lucu kan kena paparan virus karena nggak mau ribet.

Nah, sebelum jalan jauh sama keluarga, pastikan kita memperhatikan hal-hal ini:

1. Fisik Yang Prima

Fisik yang sedang sehat dengan stamina yang baik menjadi sebuah keharusan saat harus bepergian jauh. Sudah tentu, dengan stamina yang baik maka kemungkinan pertahanan tubuh dibobol virus jadi berkurang.

2. Kendaraan Yang Aman dan Higienis

Pastikan kendaraan yang kita naiki disterilkan, baik itu umum maupun kendaraan pribadi.

Kalau memakai kendaraan umum, pastikan supir maupun kondektur/petugas menjalankan protokol kesehatan dan menerapkan social distancing pada penumpang. Lebih baik menghindar atau mencari alternatif kendaraan lain jika tidak.

Jika sedang dalam perjalanan dan penumpang kendaraan pribadi ada lebih dari dua atau tiga orang, sebaiknya duduk diberi jarak dan memakai masker.

3. Makanan dan Minuman Yang Bersih

Sebenarnya selalu disarankan agar membawa makanan dari rumah agar lebih terjaga kebersihannya. Tapi bisa jadi kita berada di jalan jauh lebih lama dan stok makanan habis.

Ketika memutuskan untuk makan di jalan, pilihlah kondisi penyedia makanan seperti restoran atau rumah makan yang terlihat bersih dan menerapkan protokol kesehatan.

4. Baju Ganti

Amannya bawa baju ganti cuma sebagai jaga-jaga jika baju terkena kotoran dan debu di jalan.

5. Masker, Face Shield dan Produk Anti-Septik

Nah ini nih, bagian yang pentingnya. It’s a must pakai masker, face shield dan produk antiseptik! Barang-barang ini harus ada di perjalanan demi menjaga kebersihan diri.

Eh tapi, bagaimana kalau di jalan nggak ada air atau nggak memungkinkan lap kotoran karena masih di jalan?

Ini jadi kekhawatiran aku juga, jika si kecil khususnya terekspos area yang mungkin rawan virus di kondisi tidak ada air maupun sabun. Namanya anak kecil, kadang nggak bisa kita pelototi setiap detik jika misalnya ia lupa berhati-hati dalam pemakaian masker atau membersihkan diri.

Harus ada solusi praktis agar di perjalanan kita tidak membawa virus.

Produk Hiplus Careplus Washlap

Baru-baru ini saya ada kesempatan berkenalan dengan produk Hiplus Careplus Washlap. Produk tisu antiseptik ini awalnya ditujukan untuk orang sakit, namun kini bermanfaat juga bagi semua kalangan yang butuh membersihkan diri saat bepergian.

produk washlap antiseptik Hifresh Careplus - sunglowmama

Beberapa hal mengenai Hiplus Careplus Washlap:

  • Mengandung senyawa fenol yang sesuai dengan rekomendasi World Health Organization (WHO) yang dinyatakan efektif mematikan virus, salah satunya Covid 19 dan kuman-kuman lainnya
  • Dikatakan ampuh mematikan virus dan kuman di badan hingga 99,9% dan disetujui oleh Kemenkes
  • Mengandung vitamin E dan ekstrak aloevera sehingga membuat kulit halus
  • Tidak mengandung alkohol sehingga aman digunakan anak-anak
  • Memiliki sensasi sejuk dan dingin di kulit sehingga pemakai merasa seperti habis mandi
  • Dapat dipakai anak dari usia 1 tahun hingga dewasa, bisa juga untuk washlap bayi karena kandungannya alcohol-free
  • Tersedia kemasan berisi 5 lapis dan akan hadir kemasan 10 lapis

Review Pemakaian

Waktu saya buka kemasan washlap disposable ini dan memakainya di tangan, ada campuran bau menthol dan seperti bau bedak bayi yang nyaman. Ada efek menenangkan ketika dicium. Ketika dipakai terasa sejuk dan dingin di kulit.

Kain tisu basahnya berbentuk washlap persegi panjang yang langsung bisa dipakai untuk tangan dewasa dan mengelap tubuh. Anak saya yang berumur 4 tahun juga sudah bisa menggunakan sendiri.

Saya masih bisa merasakan baunya setelah kira-kira 2 jam pemakaian, ketika berada di dalam rumah.

Rasanya produk washlap sekali pakai ini oke deh dibawa buat perjalanan jauh. Yang punya baby juga kayanya bisa ya untuk membersihkan tubuh bayi ketika masih di perjalanan. Ini satu contoh produk antiseptik yang praktis dibawa.

Pemakai HiFresh Washlap

Ternyata pengguna Washlap Careplus Hifresh ini bisa untuk berbagai kalangan, seperti sebagai berikut:

kandungan washlap Hifresh Careplus
  • Bagi yang telah menghabiskan waktu beraktivitas di luar rumah dan ingin membersihkan badan dan pakaian dari virus agar tidak sampai tertular anggota keluarga yang ada di rumah
  • Pasien di rumah sakit yang tidak memungkinkan untuk mandi, sehingga tidak membutuhkan wadah dan air
  • Anak-anak yang aktif bermain di luar maupun dalam rumah, dapat memudahkan pekerjaan ibu membersihkan tubuh anak
  • Bagi yang suka berolahraga untuk menghilangkan lengket dan bau, sehingga dapat merasa segar dan wangi

Pemakaian

Ambil washlap dari kemasan dan bisa langsung lap tubuh dengan 1 sheet.

Cara memakai Washlap HiFresh Careplus

Pembelian

Kita bisa mendapatkan produk Hiplus Careplus Washlap melalui pemesanan ke Tokopedia seharga Rp 22.000 dengan isi 5 lapis.

Penutup

Bepergian jauh saat pandemi bersama keluarga bukannya tak mungkin. Kita hanya harus pastikan dan mempersiapkan beberapa hal. Salah satunya menyiapkan produk antiseptik yang bisa diandalkan.

Bagaimana denganmu? Apa pengalamanmu bepergian jauh saat pandemi?

sunglow mama signature

This Post Has 22 Comments

  1. nurulrahma

    Aku beberapa kali lihat washlap ini d supermarket. Kirain kayak tisu basah biasa, ternyataaa banyak keunggulan dan manfaatnya ya.

    Kapan2 mau coba juga ahhh.
    Makasii rekomendasinya ya

  2. Nursini Rais

    “Eh tapi, bagaimana kalau di jalan nggak ada air atau nggak memungkinkan lap kotoran karena masih di jalan?” ====>kalau naik mobil pribadi bisa bawa air galon keran, Mbak. Tapi kalu ada washlap juga bagus, raktis. Kalau ada yang mudah kenapa harus cari yang ribet? selamat pagi, Mbak

  3. Rindang Yuliani

    Iya nih, masih was2 banget bepergian jauh di amsa pandemi seperti ini. Tapi kadang mau tak mau karena penting kadang tetap harus pergi juga, tips2 di atas bisa dilakukan.

  4. Ulfah+Wahyu

    Saya pengalaman pakai ini saat ibu mertua sakit yang agak susah kalau harus ke kamar mandi. Biasa juga buat sibin mbak. Memang praktis dan lebih higienis ya. Cocok juga buat baby dan saat bepergian jauh.

  5. Solusi praktis untuk melap bagian tubuh anak nih misal saat melakukan perjalanan jauh dan susah mendapatkan air. Atau khawatir air yang digunakan tidak bersih ya.
    Wajib punya nih dan wajib bawa kalau mau bepergian jauh.

  6. Hani

    Wah, baru tahu nih aku. Tahu ga, washlap di rumah tuh yang jadul dari handuk dong. Tau aja, kalau kurang kering kan bau gitu. Bawa HiFresh aja ya kalau pergi-pergi, praktis, higienis…

  7. Mayuf

    Memang sangat ribet banget ya bepergian waktu pandemi ini hehe tapi tipsnya bagus kak sangat membantu

  8. ira duniabiza

    iya bener banget, barang-barang yang sebelumnya sering diabaikan kini menjadi penting banget ya mba untuk selalu dibawa, apalagi saat bepergian jauh. Dan membawa baju ganti serta perlengkapan kesehatan, tisu basah, spray disinfectan, hand sanitiser menjad wajib banget ya.. Kami sekarang selalau standby barang2 ini di mobil

  9. Era Sapamama

    Terim kasih infonya ya mba…. Aku pribadi selama pandemi ini tidak pernah pergi jauh, masih setia di rumah aja nih…

  10. Shafira+Adlina

    kemarin aku juga pake ini pas harus ke rumah mamah mbak andin. mandiin anak2 pake ini karena di rumah mamah angin dan dingin bgt. jadi praktis deh

  11. Zeneth

    So far belum pernah keluar kota ni pas pandemi. Plg jauh juga pancawati, rancamaya. Tapi itu ujug2 lahiran disana haha

  12. Dian

    setuju mbak
    tisu basah itu emang wajib ada di tas
    apalagi klo ada anak kecil
    btw washlap ini punya bnyk keunggulannya ya

  13. irma firdawanti

    Akupun selalu bawa hifresh washlap ini kalo kemana-mana mba. praktis ya. selain itu aman digunakan semua usia

  14. Marita Ningtyas

    Wah, aku baru tahu ada Hiplus Careplus Washlap, bepergian jauh-jauh jadi lebih aman dan nyaman ya mbak. Nggak takut lagi mau ngelap2 , apalagi kalau perginya pakai angkutan umum atau naik motor yang terpapar debu.

  15. Nunu Amir

    Nice info mba, sy jg kemana2 bawa tisu basah, handsanitizer, masker cdangan. dll

  16. lendyagasshi

    Salah satu barang dengan tingkat urgensi yang tinggi, waslap HIFRESH.
    Karena setiap orangtua yang punya anak kecil, pasti pernah banget mengalami anak tiba-tiba numpahin apa…ke badan hingga lengket semua.
    Pokonya emak kudu remping dan siap sedia.

  17. Saya pernah pakai ini pas habis cesar dan belum bisa mandi. Direkomendasikan juga sama perawat yang ngurusin saya waktu itu. Setelah dipakai memang terasa segar sih, rasanya beda enggak seperti kalau dilap pakai tissue basah. Dia enggak lengket.

  18. Tatiek Purwanti

    Wah, kudet saya nih. Ternyata ada produk waslap disposble ya 🙂
    Saya taunya kalo bepergian jauh tuh sedianya tisu basah. Iya sih kalau punya baby atau anak kecil dan lgi di jalan, waslap disposable yang higienis seperti ini lebih bagus. Lebih aman.
    So far, saya sekeluarga cuma pernah ke kota sebelah dan memang persiapannya kudu matang sekali. Nice info Mbak!

  19. tipsbudy

    kapan ya pandemi berakhir, pengen bisa jalan jalan jauh tanpa harus was was sama virus

  20. antung apriana

    wah ini produknya semacam tisu basah gitukah, mbak tapi bisa buat sebadan-badan? perlu banget ini ya pastinya apalagi di masa pandemi kayak gini

Leave a Reply