Kiat Tetap Fresh Di Masa Karantina #DiRumahAja

mindset positif di rumah aja karantina

Kadang, kepala rasanya mumet saja kalau mikir seabrek kegiatan yang harus dilakukan seharian terutama di masa karantina #dirumahaja ini. Ya mengurus rumah, anak, suami, berjualan online dan blogging. Kalau nggak diiringi berdoa, menetapkan mindset positif dan membuat jadwal, mungkin bakal terasa lebih ‘keluar jalur’.

Sebegitu padatnya sampai ketika baru bangun saya harus merunut apa kegiatan yang paling harus didahulukan biar efektif dan tidak timpang tindih dengan yang lain. Misalnya, saya tidak bisa menyetrika sambil cuci baju. Lalu, saya tidak bisa blogging ketika anak saya bangun, karena butuh ketenangan.

Rasanya banyak yang harus dirampungkan hari ini. Mulai dari bangun, yang ada dipikiran saya bagaimana to-do-list saya dilakukan dengan lancar: laundry baju yang menumpuk, belanja stok sayur, sarapan sendiri dan keluarga, masak, mengurus jualan dan mengurus blog.

Ingat kalau masker kain belum pada dicuci dan ada anjuran #dirumahaja, akhirnya saya memilih belanja sayur via chat Whatsapp dengan si tukang sayur dan belanjaan akan diantarkan. Ini pertama kalinya saya pesan sayur via chat, biasanya saya jalan kaki ke warung sayur. Meskipun memang lebih enak memilih sendiri ya sayur yang mau kita beli, tapi saya ngeri karena tidak memakai masker. Jadi, saya memilih belanja via chat saja. Kebetulan warung sayurnya tidak begitu jauh dari rumah.

Dua jam kemudian, belanjaan saya mendarat di pos satpam, tinggal saya ambil ke gerbang depan. Setelah ambil belanjaan, lanjut menyuapi anak sarapan dan membuatkan sarapan buat suami. Membereskan belanjaan dan mulai prepping untuk masak makan siang. Wah, akhirnya badan rasanya lengket minta disegarkan dengan mandi.

Dengan seabreknya aktivitas saya, kadang saya suka lupa mengurus diri. Yang diurus kebersihan rumah dan keluarga. Lupa kalau tubuh butuh refresh dan perawatan. Apalagi setelah menjadi istri, penampilan jangan sampai dilupakan. Bagaimanapun, merawat diri termasuk mencintai diri sendiri.

Di masa pencegahan penyebaran virus Corona sekarang, membersihkan diri adalah wajib. Memang, jadi ekstra perhatian kita para ibu buat kebersihan segala sesuatunya. Tapi menurut saya ini justru ekstra positif. Karena jadi lebih yakin free kuman. Termasuk membersihkan rambut. Alhamdulillah, saya beruntung ketemu produk shampo yang cocok.

Sudah lama sih saya beralih ke Emeron Hijab Shampoo, sebenarnya awalnya nggak menyangka bakal cocok. Pssst, jadi ingat waktu itu saya memilih di mini market karena lagi diskon. Eh, ternyata cocok! Benar lho ini, tadinya saya pakai shampo hijab lain yang terkenal juga, tapi kalau boleh jujur nggak pas karena berketombe. Karena bingung mau pakai merk shampoo hijab yang mana lagi, jadi tetap dipakai.

Alhamdulillah bangetkandungan tea tree oil yang multiguna untuk kesehatan kulit dan parfum MOC Emeron Hijab cocok buat rambut dan kulit kepala aku yang cenderung berminyak dan berketombe. Segar, bersih, harum. Plus, rambutku rasanya lebih kuat.

Nah, kalau ditanya apa kiat saya untuk stay positive ketika wabah Pandemi ini, ada beberapa kiat sih:

  1. Mengingat bahwa setiap kejadian ada pelajaran. Tinggal kita yang bisa mengambil pelajarannya dan merubah sikap jika kita salah.
  2. Menyadari bahwa karantina di rumah dilakukan demi kesehatan diri sendiri, keluarga dan masyarakat
  3. Berserah diri dan Tawakkal. Tidak ada suatu hal yang terjadi tanpa izin Sang Penguasa. Percaya bahwa Tuhan akan selalu memilihkan jalan terbaik untuk umatnya.
  4. Menjaga hubungan dan komunikasi dengan anggota keluarga atau yang tinggal seatap dengan kita. Ini penting karena kita beraktivitas di rumah terus, maka jangan ladeni pikiran negatif yang bisa membuat rumah tidak nyaman ditinggali karena ada bibit kekesalan.
  5. Tetap melakukan hal yang kita sukai di rumah, seperti hobby dan merawat diri. Salah satunya dengan mencuci rambut menggunakan Emeron Hijab Shampoo.

Begitulah kiat-kiat saya dalam menjaga mindset tetap positif di situasi wabah Corona ini. Tetap #DengarkanHatimu walau kesibukan melanda dan keadaan mungkin sedang tidak kondusif.

Yuk, kita berdoa biar wabah ini cepat usai dan teratasi. Terapkan social distancing dan tahan keluar rumah jika tidak begitu perlu. Jangan lupa jaga asupan makanan, olahraga dan kebersihan. Stay happy ya, semuanya.

sunglow mama signature

Sunglow Mama

Seorang Ibu Rumah Tangga yang suka blogging dan berbagi tentang sisi kreatifnya. E-mail saya ke missdeenar@gmail.com untuk kerjasama

This Post Has 65 Comments

  1. Imawati Annisa

    Untuk bisa berpikir positif terus itu memang butuh penyegaran, salah satu’y mandi keramas. Fresh langsung, apalagi shampoo’y pakai Emeron Hijab ya..

    1. Sunglow Mama

      Iya mbak. Pas lagi badan lengket jadi tantangan deh kalau mau mikir positif, mandi aja dulu keramasan pakai Emeron

  2. Ini produk keluaran terbaru dari Emeron, ya? Saya juga suka pakai shampo khusus untuk hijaber karena biasanya adem di kepala.

    1. Sunglow Mama

      Gak terlalu baru mbak. Iya shampoo khusus hijaber formulanya biasanya seperti itu. Cuma kalau saya kadang jadi ga cocok. Malah cocoknya emeron yang ini

  3. Ulfah Wahyu

    Bagi saya yang tetpenting memang membuat diri kita sendiri bahagia dulu Mbak, baru memberikan efek yang postif buat pekerjaan yang lain. Nah salah satunya bisa dengan keramas memakai emeron hijab shampo ini ya, berasa menjadi terapi untuk kesegaran rambut dan tubuh kita. Pokoknya jangan sampai kita merasa kelelahan seorang diri. Salam semangat Mbak.

    1. Sunglow Mama

      Benar, mbak. Bahagiakan diri sendiri nanti menular ke yang lain ya senangnya. Makasih mba

  4. Juli Dwi Susanti

    Wah bagus ya mbak kalau ada saluran positif untuk segala keluhan yang untuk dicari solusinya

  5. Ella Fitria

    Aaa aku juga pkai shampoo emeron yg black shine mbak. Wanginya suka segerrr.. Aku aminkan ya, semoga pandemi ini segera berlalu 🙁

  6. Wiwin | Pratiwanggini.net

    Iya, setuju, agar bisa stay positive paling penting adalah mengisi waktu dengan mengerjakan hal-hal yang sesuai dengan hobby atau passion. Selain itu, me time dong… misalnya dengan menikmati mandi keramas, saya suka bagian ini karena sesudahnya dunia kembali menjadi indah 🙂

    1. Sunglow Mama

      Iya mbak. Ternyata kepala kalau sudah dibersihkan dengan shampo yang cocok bisa hilang juga mumetnya

  7. Udah mumet tak terkira. Yang bikin makin pusing itu, anak-anak masih aja main ke luar. Padahal sudah ditatar sedemikian rupa. Masih gak nurut. Kudu pake emeron nih.

    1. Sunglow Mama

      Wah mbak. Pintu ditutup dulu mungkin? Bisa dicoba tuh mba

  8. Lithaetr

    Wah, banyak sekali pilihan sampo untuk yang berhijab. Saya mau pakai emeron juga akh.

  9. Dian

    Noted mbak…
    Tipsnya sangat bermanfaat..
    Emang tetap harus fresh ya saat di rumah saja

    1. Sunglow Mama

      Iya karena kita seharian mengurus keluarga dan rumah

  10. Siti Mutmainah

    Enak yaa Bun bisa belanja via chat sayuran langsung diantar hhe., Btw emang bener biar kepala rasanya free dan seger solusinya yaa keramas, saya jadi penasaran dengan shampo emeron ini

    1. Sunglow Mama

      Iya mbak tapi harus benar-benar akurat tulis daftar belanjaannya. Silahkan dicoba mbak

  11. Yuni BS

    Woho… Jadi pingin ikutan lomba ini dah. Kemarin sempat baca sekilas. Tapi nggak ngeh aja.

    Oke mari kita pikirkan kegiatan positif apa yang kita lakukan untuk melawan virus corona. Apakah salah satunya ada yang melibatkan emeron didalamnya.

    Oke.. Oke… Mari berkarya.

  12. Semangat Mama, betul sekali! kadang kesibukan rumah bs mengalahkan perawatan untuk Mama sndri. Tetap sehat dan semangat demi keluarga ya Mama ^^ terima kasih sdh mngingatkan untuk ttp perhatian pada diri sndri

  13. Arif Rudiantoro

    Emeron nie Sampo yg sudah tua umurnya dari saya kecil, dulu yg terkenal adalah warna hitam, paling sering pake yg sachet maklum dulu hidup di kampung.

    Ternyata sekarang ada versi terbarunya ya hehe yg untuk wanita berhijab.

    Kasih tau Istri-ah, lo lupa ternyata ane belum nikah wkwkwk 🙂

    1. Sunglow Mama

      Iya hebat ya sampai sekarang masih ada Emeron. Berinovasi ke kebutuhan hijaber juga. Wah, ayuk disimpan usulnya ke calon istri

  14. Titik Wihayanti

    Me too Mba. Senasib banget, rasanya selama karantina di rumah ini lebih banyak hal yang musti dikerjakan dibanding kondisi biasa. Lebih sering masak terutama :D. Dan setuju juga pikiran positif sangat berpengaruh banget biar tetep “waras” selama karantina ini. Eh iya jadi penasaran sama shampo emeronnya, nanti mau coba juga ahh. Thanks Mba rekomendasinya.

  15. Denik

    Wah, ini shampo zaman ABG. Coba ikutan kompetisi ah. Nice informasi Mba.

  16. Alvianti Alvianti

    Betul banget, kalo belum mandi rasanya ga nyaman, sesibuk apa pun harus tetep mandi

  17. Maulinda sari

    Jadi istri dan ibu memang super sibuk ya mom, penting bgt nih tipsnya, jgn sampai lupa merawat diri. Salah satunya memakai sampo yg sesuai dgn kebutuhan rambut.

  18. Yustrini

    Memang kalo ke luar rumah nggak pake masker sekarang jadi was-was ya! Agak parno juga kalo belanja ke warung, pasalnya nggak semua pembeli itu pakai masker juga dan nggak mau jaga jarak.

    1. Sunglow Mama

      Iya. Karena tukang sayur bertemu banyak orang dan yang dijual juga bermacam-macam dari berbagai supplier juga kan.

  19. Lidia

    emeron udah jadi shampo saya jaman kanak-kanak k. Merk emeron emang udah legend banget yaa, wanginya enak dan seger banget.

    1. Sunglow Mama

      Wah hebat masih pakai hingga sekarang ya. Benar wanginya enak dan segar

  20. Atin Nuratikah

    Wah, tau gak kalau rmeron itu produk palung tuwir yang pernah aku pake. Dari zaman esdeh udah ada lho ini merk.

    1. Sunglow Mama

      Iya ya mbak. Hebat ya Emeron bisa terus jalan hingga kini

  21. Shafira Adlina

    aduh jadi pengen sampoan deh mbak, sampoan juga harta termewah dalam hidup emak2. makasih mbakk infonya jadi pgn ikutan deg

    1. nunu amir

      heheh sy jg selama wfh #dirumasaja, hampir tiap hari keramas… rasanya seger gimana gitu

      1. Sunglow Mama

        pastinya. Tapi aku gak tiap hari mbak, walau kayanya enak ya panas-panas keramasan tiap hari

  22. Amel

    Kok saya ikutan seger ya bacanya. Jadi pingin coba emeron juga sh, biar rambut wangi dan segar.

    1. Nurhilmiyah

      Sip jaga pikiran positif dg sampoan pake Emeron ya Mbak,, setuju. Coz pikiran yg fresh berawal dr rambut yg bersih yaa

  23. Wah kebetulan lagi nyari shampoo juga nih, soalnya aku pake shampoo yang lama rambut kok rasanya makin kering ya. Emeron ini ada kondisionernya juga nggak mbak? Btw, jadi pengen ikutan lomba blognya deh..

  24. Nisya Rifiani

    Yang karantina di rumah makin kreatif nih…
    Saya tetap aktivitas ngantor, nggak ngicipin karantina di rumah…
    Jadi karya yang diproduksi ya gtu-gitu aja sih… hahaha

    1. Sunglow Mama

      wah semoga selalu aman mbak, dan selalu cuci tangan, pakai masker

  25. Grandys Mawarni

    sepertinya aku bakal submit di deadline deh mba hihi, entah kenapa kalo ikut lomba itu pasti mepet dedlen gitu hehe

  26. Meykke Santoso

    Walau di rumah aja tapi pikiran positif tetap harus di jaga ya mbak, salah satunya ya dengan merawat diri pakai shampoo yang bagus dan wangiiii, ikutan juga ah mbak

  27. Saya setuju banget niih. Kepala fresh pikiran juga segar.

    Saya jadi ingin nyobain Emerson shampo mba.. sepertinya cocok banget dengan saya yang punya keluhan kulit kepala berketombe dan berminyak. Coba deh nanti kalau ada jadwal keluar rumah belanja logistik saya sisipkan di list belanjaan. Terima kasih sharingnya ya

  28. Fenni Bungsu

    Melakukan kegiatan positif yang kita sukai akan membuat kitanya jadi bersemangat, dan bisa nih menjadikan daya tahan tubuh kita tetap kuat, karena berbahagia kan

  29. Yeti Nurmayati

    Mandi dan keramas selalu memberikan efek adem. Saya kalau sumpek pasti mandi untuk ngademin badan plus pikiran. Emeron shampo adalah sampo andalan keluarga saya waktu kecil hehe

  30. Ludyah Annisah

    Toss dulu ah mba, samaan nih kita samponya hehe. Btw, bener banget deh mandi dan keramas adalah 2 hal yang bikin hati dan kepala jadi fresh. Setuju banget hehe

  31. Lia Yuliani

    Kadang mumet emang, ya, kalau mikir di rumah aja ngapain seharian. Saya kadang ke luar buat urusan cari bahan makanan bisa ke mang sayur atau warung, ini yang paling urgent jadi alasan saya buat ke luar rumah 2-3 hari sekali

  32. Ranti

    toss dulu mba. suami wfh kerjaan rumah emang rasanya jadi makin seabrek. to do list rasanya panjaaang banget buat diselesein satu-satu.

    btw kalo aku agak takut coba-coba shampoo baru macem emeron ini. kalau nggak cocok udah rambut bisa rontok nggak kira-kira mba hhe.

  33. Asih Mufisya

    Saat kita diminta untuk #dirumahsaja, ada banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya menyegarkan diri dengan keramas pakai shampo Emeron.
    Jadi makin terasa seger.

  34. Hasnah Siregar

    Produk yang dipakai boleh satu, Mbak untuk bisa ikutan lomba? Soalnya rangkaian produk untuk kepala kalau menurut yang aku baca. Kudu ada shampoo, kondisioner, dan vitamin. Kalau satu aja pengen ikutan. Soalnya di rumah cuma pakai satu produk. Hihihi

  35. Sayyidah Inayah

    Emeron adalah shampo favorit saya juga mbak. Semoga pandemi berlalu ya

  36. Alia Arifin

    Shampo hijab beginini yang rekomended buat yang berhijab,,, ya walaupun sekarang udah jarang keluar gegara covid 19,, tapi bikin seger kepala klo habis nyampo hehe

Leave a Reply