Mudah Kok, Membuat Instagram Carousel Dengan Canva

Instagram template Carousell canva free

Sekarang kalau mendengar kata Carousel, mereka yang biasa buka sosmed jadi ingat instagram. Para pembuat konten jadi berlomba membuat instagram carousell.

Ini karena algoritma instagram yang berubah. Sekedar melihat visual feed jadi tidak begitu spesial dibandingkan postingan ‘geser-geser’ alias slide gambar feed dengan tipe Carousel.

Lalu, blog saya jadi disamperin sama yang cari tahu bagaimana membuat instagram feed Carousell dengan Canva. Emang pada nggak tahu? 🤔 (menurut el gimana? Hihihi)

Mari kita bahas satu-satu hingga bagaimana cara membuat instagram Carousell, termasuk yang seamless alias tanpa terpotong.

Carousel Instagram Adalah

Carousel di instagram adalah bentuk format konten di Instagram yang berbentuk kumpulan feed dan dinikmati pengunjung dengan menggunakan slide atau panah ke samping.

Dengan kata lain, pembaca tidak cuma scroll layar ke bawah. Kalau lihat konten Carousel jadi pencet panah ke samping.

Jenis konten yang mulai ada tahun 2017 ini bahkan sudah bisa digunakan dalam bentuk ads atau iklan, jadi pengiklan bisa meng-input lebih banyak informasi.

Kenapa Memakai Instagram Carousel

Jika diperhatikan, kini banyak sekali akun instagram berisi tutorial atau jenis konten berupa Carousel.

Disaat orang-orang mengejar likes, Instagram merubah algoritmanya. Insight menjadi lebih baik ketika akun kita terdapat interaksi fitur geser-geser Carousel ini.

Selain dari mengejar insight bagus, fitur Carousel ini lebih memungkinkan pengunjung ‘anteng’ melihat konten kita. Bahkan kalau bagus dan bermanfaat, bisa menambah kepopuleran akun kita. Reach atau jangkauan postingan kita bisa lebih meluas dan bahkan menambah followers.

Wah, pantesan orang-orang jadi pada buat Carousel. Konten yang oke bisa dapat banyak bonus.

Sementara kalau saya sendiri, alasan membuatnya karena ada variasi isi feed. Walau butuh sedikit lebih banyak usaha membuatnya, ketika sudah posting, ada rasa puas yang beda. Betul lho, habis sekali bikin jadi nagih mau buat lagi.

Cara Mudah Membuat Instagram Carousel Dengan Canva

Tidak cuma dari mesin pencari Google, waktu jadi narasumber foto produk saya dapat pertanyaan bagaimana cara membuat instagram Carousell. Sebenarnya nggak susah, lho, membuat konten ‘geser-geser’ ini, kalau sudah tahu mau buat apa.

Ini langkah-langkahnya:

1.Membuat Canvas

Pertama dan yang tidak boleh dilewatkan adalah mengetahui panjang kali lebar canvas atau halaman kosong yang digunakan untuk membuat Carousel.

Jika ingin membuat versi seamless, panjangnya mesti 1 kali jumlah kotak feed yang akan diposting. Misalnya ada 4 kotak, maka buat pilihlah custom file ketika membuat file baru dan isi kolom menjadi 1080 x (1080×4). 1080 pixel adalah standar panjang kali lebar instagram post di Canva.

Jika ingin membuat yang tidak seamless, bisa membuat file instagram post biasa dan tinggal menambah halaman per file Canva.

Harus diingat bahwa maksimal postingan Carousell kita hanya 10 kotak.

2.Membuat Guide

Untuk membuat yang versi seamless, penting untuk membuat guide atau panduan lebar kotak. Ini agar kita bisa mengukur luas canvas per kotak feed sehingga ketika di posting tidak akan terpotong.

Panduannya memakai elements versi kotak yang besarnya disesuaikan dengan panjang canvas.

Sebaiknya panduan kotak ini dikunci atau di-lock memakai fitur lock Canva agar tidak tergeser-geser saat kita mengisi kotak dengan konten lain.

Tampilan canvas seamless instagram carousell akun @andinzki
Membuat desain template instagram carousell seamless untuk akun @andinzki

Hasil dari template instagram carousell di foto disini: https://www.instagram.com/p/CLHGDBVhnBG/

3.Mengisi Konten dan Desain

Tahap selanjutnya adalah tinggal mengisi konten dengan teks, foto atau elements ke dalam kotak-kotak feed. Tentu saja jika memilih versi seamless, harus hati-hati menyisipkan foto atau elements di sisi kanan atau kiri kotak feed agar seimbang.

Kamu juga bisa menyisipkan watermark akun instagrammu atau judul konten Carousell-mu sebagai footer atau header per halaman.

Menambahkan call-to-action di penghujung kotak Carousell yang umumnya dilakukan para instagrammer. Seperti ajakan save konten, mengunjungi situs atau share.

Jangan lupa menghapus guide jika tidak diperlukan untuk save gambar atau untuk konten secara keseluruhan.

4.Menyimpan Gambar dan Memisahkan Per Kotak Feed

Jika sudah oke isi Carousell-mu, tinggal simpan gambar. Jika kamu pakai versi seamless, harus pecah-pecahkan gambar dulu perkotak menggunakan software atau aplikasi lain.

Saya seringnya pakai aplikasi Instagrid maker, jika dari handphone, karena lebih mudah.

Namun kalau ingin dari web Canva, kamu bisa:

  1. Buat Canvas atau file baru dengan format instagram post. Buat beberapa lembar halaman dalam 1 file itu, sesuai jumlah kotak Carousel yang kamu buat.
  2. Kemudian upload gambar instagram Carousell yang sudah jadi.
  3. Masukkan gambarnya per kotak, sesuaikan per halaman. Tahapan ini harus teliti
  4. Simpan semuanya dan jadi deh. Canva akan meng-export sesuai jumlah halaman yang dibuat

5. Posting

Kalau sudah lancar semua dan file telah terpecah, tahap selanjutnya tinggal mengunggah gambar dan kotak-kotaknya ke instagram. Kamu bisa preview atau pratinjau menggunakan aplikasi Preview.

Penutup

Jika kamu ingin membuat instagram carousell, kembali yang dibutuhkan antara perhitungan dan kreativitas. Semua jadi mudah kalau sudah direncanakan.

Kalau perhitunganmu tepat, usaha membuat konten carousell insya Allah sesuai membuahkan hasil bagus.

Bagaimana penjelasannya? Kalau ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan di kolom komentar.

sunglow mama signature

Sunglow Mama

Seorang Ibu Rumah Tangga yang suka blogging dan berbagi tentang sisi kreatifnya. E-mail saya ke missdeenar@gmail.com untuk kerjasama

This Post Has 33 Comments

  1. @simbok_li

    Kalau masalah design gini nglirik blognya mbak ndin dah….

    Baca aja gak cukup dimengerti nih mbak ya, harus praktek ni…

    Anyway carousell ini bagus juga ya mbak buat resensi buku…iya gak ya, mbak ndin?

    1. Sunglow Mama

      Thank you… Bisa aja kok, paling dibuat listicle atau rangkuman jatohnya

  2. Prima

    Owalah, kek gitu toh caranya. Selama ini taunya carousel itu = multiple photos, ternyata beda ya.
    Pernah lihat sih di salah satu akun yang pas digeser setengah, itu kaya nyambung sama next slide.

    Kalau buat yang totalitas pakai IG tips ini helpful banget. Untuk menambah variasi feed biar nggak gitu2 aja.
    Kalau saya, hmm…save dulu buat tar aja deh.

    1. Sunglow Mama

      Iya memang membuatnya harus dengan sedikit effort, lebih dari posting feed biasa

  3. Zikri Fadhilah

    Bermanfaat banget sih ini buat konten kreator yang baru muncul. Tapi saya masih ragu untuk canva apakah sudah commercial use free atau hanya personal? Soal hak cipta ini agak serem juga soalnya.

    1. Sunglow Mama

      Iya memang Canva kekurangannya itu. Cuma yang juga harus dipertanyakan, apakah desain dengan software juga commercial use free? ada banyak yang membagikan freebies di internet dan walau dikatakan kalau pakai harus untuk non komersil, susah mendeteksi yang ‘membandel’

  4. Shafira Adlina

    wah mbak andin, aku juga sukaa bikin instagram carousel gini. dulu ikut kelasnya mas niko julius, yang mana ampe sekarnag belum namatin kelasnya. tetapi aku triknya ujungnya rada beda mbak, jadi pengen bikin tutorialnya juga deh. mudah-mudahan terealisasikan nih eheh.

    1. Sunglow Mama

      wuah aku mau baca juga versi mbak. Memang untuk step terakhir ini lebih mudah pakai aplikasi sih menurutku

  5. Mechta

    Wah..ini nih yg saya cari.. Lagi pengen bikin tapi masih bingung caranya.. Eh, baca tutorial ini. Alhamdulillah.. Terima kasih sharingnya ya..

  6. Momtraveler

    Selama ni liat2 postingan yg carousel di Ig bertanya2 gimana cara bikinnya. Alhamdhulilah terjawab di sini makasih sharingnya mbak. Ntar aku cobain ah

  7. Anak Kereta

    Buat yg nggak punya skill design mumpuni, canva emang jadi tools yg helpful banget. Template apa aja ada ya. Paling suka pake canva untuk bikin CV dan portfolio.

  8. Ugik Madyo

    Ternyata gini to bikinnya. Bisa pakai canva. Aku pikir bikin carousel keren-keren di IG ini harus pakai adobe. Terima kasih banget ya Mbak. Panduannya sangat mudah dipahami. Gampang banget mengikiti tutorialnya.

  9. lendyagasshi

    Aku cari di canva, buat bikin carrouselnya ini template apakah, kak..?
    Bisa memanjang gitu?
    Apa nanti pas di donlot, dia otomatis motongnya?
    Pengen banget bisa carrousel.

    1. Sunglow Mama

      template terserah sih, tapi buatnya di file custom size yang memanjang. belum tahu bisa dimasukkan template jadi atau tidak. Donlot masih memanjang, jadi nanti potong lagi setelah itu

  10. Ghina

    Kemarin mau nyoba bikin carousel tp nggak keburu jg ternyata, buruh waktu lama emang. Next project mau coba bikin deh. Emang orang lebih betah ya mbak kalau tampilannya cakep dan dapat insight baru, udah ga mentingin gambar dan like lg ya.

    1. Sunglow Mama

      iya sekarang orang mencari informasi, walau desain bagus menunjang juga

  11. Butuh upaya serius ya klo bikin carousel kekgini. O, ya. Dalam hal ini, apakah Content is the King maaih berlaku?

    1. Sunglow Mama

      masih juga bu, kalau konten bagus pasti banyak yang share

  12. Bella agmia

    Mbak Din, ini lewat laptop ya prakteknya.. sama ga caranya dengan canva yg di aplikasi android?

    1. Sunglow Mama

      lewat laptop atau aplikasi bisa. Sama aja kok, tapi memang agak repot di aplikasi, harus zoom in dan out lebih banyak

  13. ainun

    padahal aku ikut kelas carousel canva, ehh malah belum aku praktekin dan mungkin agak agak lupa
    untungnya nemu lagi bahasan yang ringkas juga

  14. Mahmudah

    Bisa dibuat status WA mbak? Caranya bgmn ? Matur nuwun sebelumnya

    1. Sunglow Mama

      Semua file berbentuk image (jpeg) seharusnya bisa dijadikan status WA, mbak

  15. Mahmudah

    Apakah bisa dibuat status WA mbak? Caranya bgmn?

  16. Mahmudah

    Apakah bisa dibuat status WA mbak? Caranya bgmn? TRIms

  17. Agus Priyo

    kalau untuk ukuran pixel filenya bagusnya berapa kali berapa kak selain 1080 jika niatnya biar bisa dijadikan buat IG dan Status WA

    1. Sunglow Mama

      Kalau untuk Whatsapp Story, sebaiknya dimensi 1080 x 1920 pixel

Leave a Reply to lendyagasshi Cancel reply