4 Sayuran Yang Mudah Ditanam Di Rumah Untuk Pemula

4 Sayuran Yang Mudah Ditanam Di Rumah Untuk Pemula

4 Sayuran Yang Mudah Ditanam Di Rumah Untuk Pemula – Memperingati Hari Menanam Pohon Sedunia tanggal 28 November, jadi sebuah peringatan untuk tetap menjaga lingkungan tetap hijau di tengah pahitnya insiden kebakaran hutan.

Sedih rasanya mendengar berita hutan terbabat habis karena kebakaran di daerah Sumatra. Mengetahui banyak binatang kehilangan habitat dan banyak ragam tumbuhan dan pohon terhanguskan. Padahal bumi butuh hutan sebagai paru-paru dunia. Sudahkah kita melindungi bumi kita ini, setidak-tidaknya dari hal-hal kecil?

Kebetulan sekarang saya tinggal di lokasi dengan banyak pohon rimbun dan tinggi, melindungi dari panas matahari dan membuat sejuk udara. Bersyukur tiap hari tidak merasakan polusi yang banyak dan kegerahan, salah satunya karena ada pepohonan menjulang tinggi di sebelah rumah.

Tapi, rasanya saya juga ingin menyolek diri sendiri karena belum-belum juga coba menumbuhkan sayuran sendiri di rumah.

Mungkin saya atau yang lainnya belum bisa menanam pohon mangga seperti di rumah keluarga, atau menanam pohon-pohon lain demi menghijaukan lingkungan. Tapi seenggaknya menumbuhkan sayuran sendiri bisa lebih bermanfaat dalam jangka waktu yang lebih cepat. Walau, menanam pohon dampak bagi lingkungan besar, mengingat kadar polusi di kota yang kepadatannya tinggi.

Alasan Menanam Sayur Sendiri di Rumah

Suatu kali saya mencoba menanam ulang daun bawang sendiri. Sayangnya, dapur di rumah minim terpapar matahari, alias kondisi ruangannya indoor. Sehingga tumbuhnya tidak optimal dan saya sendiri agak abai dengan keberadaan si tumbuhan karena letaknya di pojokan (aduh, si emak rempong bener). Daun bawangnya memang tumbuh, tapi tidak tinggi dan kurang segar.

Namun bukan berarti saya nggak ada keinginan lagi untuk menumbuhkan sayur dan bahan bumbu sendiri di rumah. Soalnya, menumbuhkan sayur sendiri tentunya hemat dan praktis dalam artian nggak perlu ke tukang sayur. Tentunya juga berdampak positif bagi lingkungan karena menambah penghijauan.

Baca Juga: Biar Awet, Begini Cara Menyimpan Bahan Makanan Selama Karantina #DiRumahAja

Menanam sayuran sendiri juga berpengaruh baik jika kamu seorang orangtua, mengajarkan anak menjadi petani kecil. Agar memberinya wawasan kalau kita bisa menumbuhkan bahan makanan alami sendiri dari rumah.

Membaca beberapa artikel soal menumbuhkan sayuran sendiri, disarankan agar tidak menumbuhkan tanaman yang akan jarang kita pakai. Iya, kasihan sudah susah ditumbuhkan namun akhirnya mubazir karena nggak dikonsumsi juga. Mending tanam bunga hias aja sekalian, ya?

Mungkin masih butuh waktu buat saya agar bisa menanam pohon sendiri, mengingat keadaan lahan yang terbatas. Tapi untuk sementara, ada beberapa tanaman sayuran yang saya kepingin tanam sendiri di rumah. Jenis sayurannya sering saya pakai untuk masak dan tergolong mudah ditanam di rumah.

Sebenarnya menanam sayur juga bisa dikategorikan menanam pohon, walaupun tidak besar. Menanam pohon sayur di pot walaupun kecil tetapi dapat bermanfaat untuk si pemilik dan sekitarnya. Selain hemat karena tak perlu berbelanja sayur lagi, lebih banyak tanaman tentu lingkungan jadi lebih hijau dan segar.

Inspirasi Menanam Sayur Sendiri di Rumah

Awal saya ingin menanam sayur sendiri di rumah sebenarnya nggak benar-benar murni dari keinginan pribadi. Tapi ada pengaruh dari tontonan TV masak yang dulu saya suka nonton.

Dulu waktu belum punya anak, saya suka iseng-iseng nonton acara TV memasak luar negri seperti acaranya Jamie Oliver, dan beberapa acara masak lainnya (yang maaf saya lupa karena sudah 5 tahun lalu). Walau mereka ada perbedaan budaya dan bahan masakan yang nggak halal dimasukkan ke masakan, mereka punya kebiasaan suka memetik langsung sayur dari pot di dalam dapur.

Baca Juga: Bukan Hidroponik, Ini Hobi Baru Saya Saat Pandemi

Entah ya memetik sayur di pot ini untuk kepentingan estetika syuting saja, tapi kepraktisannya bikin saya terinspirasi. Jamie Oliver juga pernah di sela-sela memasak mengambil kentang dan ubi di kebun langsung dari tanah, kemudian dia bawa ke dapur. Rustic dan menurut saya yang selalu beli bahan di pasar atau toko ini jadi inspired atau terinspirasi.

Sayuran Yang Mudah Ditanam di Rumah

Kepengen rasanya menanam banyak sayuran di rumah, tapi semua membutuhkan dedikasi dan perawatan, juga kesabaran. Untuk sementara, sasaran menanam sayuran lebih ke jenis yang mudah dulu, seperti empat macam sayur ini:

Menanam sayur sendiri di rumah

Selada

Segar dan kaya vitamin A, C dan K, sayur selada cukup sering dikonsumsi karena ringkas. Tinggal dipotong-potong, padukan dengan sayuran lain dan tambahkan saus salad. Manfaatnya juga banyak sekali untuk kesehatan.

Cara menanamnya tergolong mudah. Dikatakan juga tidak memerlukan lahan yang luas untuk menanamnya. Bisa regrow alias menumbuhkan ulang dari ujung batangnya ke dalam air selama beberapa hari. Bisa juga dengan bibit. Namun yang terpenting agar akarnya tumbuh.

Ketika dua daunnya tumbuh dapat dipindahkan ke pot yang letaknya teduh selama 3-5 hari, baru dipindahkan ke lokasi yang langsung terkena matahari.

Tomat

Tanaman tomat juga direkomendasikan ditanam oleh pemula karena mudah dalam perawatannya. Tak perlu membeli bibit, kita bisa memakai biji dari buah tomat langsung.

Setelah mendiamkannya di mangkuk, kita bisa mencuci bijinya dan membuang biji yang mengapung, karena ternyata itu indikasi bukan bibit yang bagus. Kemudian biji kita simpan dalam plastik dan dimasukkan ke kulkas selama 1-2 minggu. Setelahnya, kita pindahkan ke media tanam. Biarkan selama seminggu sambil menyiramnya dengan air.

Jika tomat telah tumbuh setinggi 4-5 cm baru kita pindahkan lagi ke kebun.

Daun Bawang

Daun bawang cukup sering dipakai dalam berbagai masakan, seperti sop, gorengan dan bahkan telur dadar. Keberadaannya memperkaya rasa dan membawa sedap masakan.

Ternyata daun bawang memang dianggap mudah ditanam, karena ia cenderung mudah tumbuh kembali. Cukup memotong 5 cm dari tangkainya dan rendam setengahnya dalam air.

Setelah menunggu 5-7 hari, maka tanaman daun bawang bisa dipindahkan ke pot berisi tanah gembur. Dalam memindahkannya harus hati-hati agar akarnya tidak rusak.

Sawi

Sawi adalah sayuran yang cukup sering saya konsumsi karena mudah diolah dan berguna untuk daya tahan tubuh. Ternyata menumbuhkan sayuran sawi tidak begitu susah dan dikatakan tahan hama.

Benih sawi direndam 6-12 jam dan buang benih yang mengapung. Kemudian keringkan dan pindahkan 5-10 benih ke media tanam seperti polybag. Siram dua kali sehari hingga muncul tunas. Lalu pindahkan ke tanah yang gembur.

********

Meski tidak menanam dalam bentuk besar seperti menanam pohon yang rimbun tinggi, kita bisa menanam sayuran dengan cara mudah di rumah demi menghijaukan bumi. Menyenangkan pasti rasanya punya stok sayur sendiri di rumah, dengan memetik langsung di kebun buatan sendiri.

Bagaimana menurut kalian? Apa jenis sayuran yang kalian ingin tanam di rumah?

Sunglow Mama Signature

Referensi:

https://ilmubudidaya.com/cara-menanam-selada
https://www.merdeka.com/jabar/cara-menanam-daun-bawang-di-rumah-cepat-dan-mudah-dilakukan-kln.html?page=3
https://hot.liputan6.com/read/4020276/cara-menanam-sawi-yang-mudah-dipraktikkan-pahami-proses-perawatannya

This Post Has 4 Comments

  1. Mei Daema

    yang belum saya coba itu yang nanam sayuran selada kak, kalau lainnya pernah nyobain kebetulan punya kebun kecil di rumah. selada mudah ya kak nanamnya, jadi pengen cobain deh

    1. Sunglow Mama

      Wah, ini aku juga rencana nih menanam yang kayanya mudah mba

  2. Yustrini

    Saya baru pernah menanam daun bawang aja sih. Kalo tomat pernah mencoba tetapi gagal. Cabe yang paling sering dan bisa panen lumayan

Leave a Reply