yummy app indonesia
Kompetisi,  Review

Yummy App, Aplikasi Memasak Dengan Fitur Melimpah

Waktu masih kecil, saya ingat Ibu saya punya buku catatan tebal bersampul kulit yang berisi resep masakan. Bukan kliping, tapi isinya tulisan tangannya berisi resep-resep yang mau dia simpan agar nanti bisa dipraktekkan. Biasanya ia mencatat resep-resep itu dari majalah-majalah wanita langganannya.

Buku itu memang berguna kala dia sedang memasak masakan yang agak rumit, seperti kue kering dan kue basah. Di waktu tertentu, buku itu dikeluarkan dari lemari. Diletakkan di meja makan jika ingin dipraktekkan dan seperti penanda kalau akan ada hidangan spesial.

Dulu saya mikir, ibu telaten sekali menyimpan resep sampai sedemikian rupa. Entah apa saya juga bisa seperti ibu, karena pada dasarnya saya orangnya praktis. Saya suka spontan memasak apa saja dari bahan yang ada di dapur.

Bahkan di momen spesial seperti buka puasa dan lebaran, saya masih mengintip resep di dunia maya. Beda generasi, beda cara mencari resep.

Hadirnya Aplikasi Resep Masakan

Sebagai ibu di era digital, sudah tentu saya suka mencari resep masakan lewat dunia maya.

Awalnya saya enggan memasang aplikasi resep masakan khusus di handphone. Saya masih berpikir memasang aplikasi tidak begitu butuh. Tapi karena sudah jadi keseharian mencari resep masakan di dunia maya, maka saya mulai menggunakan aplikasi resep masakan. Demi kepraktisan kegiatan masak.

Mungkin juga karena lama di rumah di era pandemi ini, saya lebih sering mengulik dan mencoba resep masakan baru. Ini karena ngeri jajan di luar rumah karena kemungkinan terpapar virus Corona. Di saat seperti ini, aplikasi resep masakan membantu sekali. Tidak cuma membantu, tapi membuat dan mencoba masakan baru membuat mood naik.

Mengenal Aplikasi Resep Masak Yummy App

Saya menikmati praktisnya pakai aplikasi resep masak. Kita tak perlu ‘terdampar’ ke halaman artikel makanan jika mencarinya di mesin pencari internet.

Kita juga bisa mendapat inspirasi masakan darinya. Mau mencari resep masakan yang satu, malah ketemu resep masakan lain yang menarik.

Beberapa resep masakan yang saya temukan kadang kurang lengkap, seperti dari lama durasi masak hingga jumlah takaran tiap bahan masakan. Informasi berapa porsi untuk satu resep juga kadang tidak tertera. Begitu juga dengan budget yang mungkin dikeluarkan. Ya, isinya ada resep masakan, itu saja.

Kemudian saya mengenal aplikasi Yummy App. Aplikasi dari IDN Media ini punya variasi fitur yang lebih kaya dan seperti ‘wahana hiburan’ mereka yang cinta masak.

Dirilis resmi tahun 2019, Yummy App Indonesia mungkin adalah aplikasi resep masakan yang paling lengkap yang pernah saya temukan.

Fitur-Fitur Yummy App

Jika aplikasi resep masakan yang lain standarnya berisi tutorial memasak, maka Yummy App punya lebih banyak fitur dari itu.

Ini dia fitur-fitur Yummy App yang tersedia:

  • Resep Masakan tersedia berupa teks, foto dan video tutorial, di tiap resep masakan kita bisa berikan rating
  • Terdapat durasi memasak di tiap foto preview masakan
  • Ada kolom khusus resep masakan sesuai budget ekonomis, misalnya Rp 10.000 atau Rp 50.000 yang bisa kita filter pencariannya
  • Ada informasi makanan yang sedang trending dicoba orang-orang
  • Ada resep masakan dari chef lokal kenamaan
  • Bisa masukkan resep masakan sendiri
  • Setiap resep masakan yang dimasukkan bisa mendapat komisi Rp 10.000 atau 100 Yummy Points yang bisa di-redeem
  • Ada tool untuk memberikan masukan apa yang bisa dimasak dengan bahan yang ada di kulkas (ini fitur favorit saya)
  • Ada info event dan lomba memasak yang bisa kita ikuti dengan hadiah yang menggiurkan
  • Terdapat masakan sesuai kategori genre dan negara asalnya, seperti makanan Korea, dan sebagainya.
  • Ada fitur komunitas masak yang bisa diikuti
  • Ada kolom rekomendasi masakan enak yang bisa dicoba
  • Mengundang teman menggunakan aplikasi Yummy App dengan kode referral custom dari username kita bisa mendapatkan komisi Rp 7.000 bagi pemilik kode referral dan Rp 3.000 untuk pengguna kode
  • Terdapat misi-misi dari aplikasi yang buat makin semangat menggunakan aplikasi dan memasak

Begitu banyak fiturnya, membuka aplikasinya seperti membuka pintu khusus dunia masak. Bahkan, aplikasi itu memanggil saya dengan nama depan ‘Chef’. Waduh, berasa expert alias ahli memasak.

Pengalaman Mencoba Fitur Masak Yummy App

Sebelum menggunakannya, saya terlebih dulu download aplikasi via Google Play Store, lalu aplikasinya di-install atau diunduh seperti biasa. Browsing halaman depan Yummy App yang penuh informasi memikat, saya terpukau dengan banyaknya resep menarik yang bisa dicoba.

Maklum, si blogger ini pecinta makanan dan suka mencoba resep makanan baru. Ternyata resep-resep yang ada di dalam aplikasi tergolong mudah dicoba, ekonomis dan mudah didapat. Jadi makin terpikat nih.

Namun kebutuhan dasar tetap menu makan harian, walau mencoba resep-resep cemilan terlihat menggoda untuk dicoba.

Dengan adanya bahan masakan di kulkas, saya kadang bingung mau buat apa. Karena padatnya aktivitas, kadang memikirkan menu makanan harian suka terlewatkan. Saya sudah belanja, tapi inginnya memanfaatkan bahan tersisa dan memadukan bahan masakan yang baru dibeli.

Akhirnya saya iseng coba fitur ‘Masak’ yang tinggal pilih bahan masakan sesuai yang ada dikulkas. Di dalamnya, setiap bahan masakan tertera lengkap sesuai abjad.

Mencoba resep masakan Yummy app
Resep Tumis Buncis Tahu Tomat plus Baso

Yang buat saya takjub, ternyata fitur ini betul-betul berhasil. Menemukan resep masakannya buat saya berpikir, “Oh iya, kok saya nggak kepikiran?” Padahal resep itu juga bukan resep baru yang pernah saya lihat. Cuma tidak terlintas di otak kala itu.

Saya menemukan resep masakan yang memadukan semua bahan yang saya pilih. Saat itu bahan-bahan yang ada di kulkas adalah sayur buncis, kentang, tahu sisa dan tomat. Jadilah, resep Tumis Buncis Tahu yang sedap dimakan, ditambah sisa baso kemarin yang saya tambahkan belakangan.

Semua bahan saya masak dan dipadukan dengan bumbu-bumbu, akhirnya jadi. Tanpa drama, tanpa lama.

Tidak perlu menganggurkan bahan makanan sisa, malah jadi buat menu makanan baru yang lezat. Salut, akhirnya saya menemukan aplikasi resep masakan yang bisa membantu kebingungan saya. Besok-besok saya yakin mau coba fitur ini lagi.

Oh ya, padahal, saya iseng mencoba fitur ini. Namun ternyata mencoba resep masakan tadi termasuk misi ‘Temukan Resep Dengan Filter Resep 4 Porsi’. Wow, seru deh aplikasinya. Ternyata resep ini adalah resep yang disetorkan oleh salah satu pengguna Yummy App.

Kesimpulan

Saya tidak serajin ibu saya yang mencatat tiap resep penting di buku khusus. Rasanya sifat spontan saya memang kontras dengan karakter ibu yang rapih. Tapi dengan aplikasi ini, saya telah terbantu.

Tak perlu ragu, aplikasi Yummy App by IDN Media ini patut dimiliki setiap yang suka memasak. Bahkan, ada dunia baru di dalamnya yang bisa dieksplor. Tak hanya untuk mencari inspirasi dan resep makanan. Bahkan ada kemungkinan pakai aplikasi Yummy App dapat uang. Hmm, bikin tergiur nggak sih?

Oh iya, ternyata buku berisi resep masakan ibu saya masih ada sampai sekarang. Bahkan, buku catatan resep masakannya telah bertambah.

Saya? Modalnya menandai resep masakan yang ada di aplikasi saja dan mencobanya langsung. Dan ternyata nggak masalah dan cocok buat saya.

Sunglow Mama Signature

14 Comments

  • Elin DS

    Dulu sewaktu masih sekolah saya juga sering mengumpulkan resep masakan dari koran. Kemudian dipotong, dijadikan kliping dibuka. Sekarang makin mudah ya tidak perlu repot-repot mengumpulkan resep masakan. Hanya perlu install aplikasi Yummy atau internet kita bisa menemukan resep yang diinginkan. Salam kenal mbak

  • Okti Li

    Jamannya sudah berubah si ya. Jaman saya juga ibu saya sama kok bikin buku catatan buat simpan resep. Jaman dulu kan boro boro ada aplikasi. Hp aja blm ada. Masih ingat yg ada telepon rumah dan telepon umum. Hehehe… Sekarang lantas teknologi berkembang pesat. Dalam smartphone apapun ada dan bisa

  • Ulfah Wahyu

    Masakannya bahannya sederhana dan mufah di dapat ya, jadi pengin download juga nih mbak. Bisa kita praktekkan untuk menu sehari2 ya, soalnya kadang juga bingung mau masak apa hari ini, karena bisanya cuma masak itu2 aja. Yummy App bisa jadi solusi buat mencari ragam resep masakan.

  • Uniek Kaswarganti

    Sejak remaja saya suka banget baca kumpulan resep punya ibu. Dulu beliau langganan majalah Kartini yang ada resep di bagian tengahnya. Dijilid oleh beliau dan memang menarik banget jadinya untuk dibaca.
    Tapi ya itu, hanya sekadar dibaca dan jarang banget dipraktekkan karena saya memang tidak suka memasak. Hahaha… apaan tuh, hobi baca resep tapi kok ga suka masak, gimana ceritanya kaaan…
    Kalau sekarang kayaknya lebih praktis ya pakai aplikasi ini. Bisa cari ide mau masak apa berdasarkan bahan yang ada di kulkas aja.

  • Nurhilmiyah

    Tosss kita Mba Andina… saya juga unduh nih aplikasi resep masakan Yummi App. Terbantu banget apalagi kalau sedang pingin bikin camilan buat anak2… hmm smua ada. Kemaren saya bikin sempol ayam, cilok, martabak, sama mie ayam warung dari aplikasi ini juga

  • Hani

    Waktu awal menikah ya bingung tentang segala menu harian. Aku lebih sukanya bikin kue atau cake. Untunglah sekarang ada aplikasi masak-memasak, jadi engga bingung lagi deh…

  • Dian Restu Agustina

    Inget banget pertama nikah di awal tahun 2000, aku nyatet resep dari wawancara ke Ibuku. Maklum aku ikut merantau suami dalam posisi sebelumnya cuma jadi perempuan bekerja yang di kos-an cuma masak nasi goreng dan indomie aja hahah
    Sekarang ada Yummy App kek gini seneng banget apalagi ada durasi masak dan biaya…wah pas buat emak praktis dan pengin irit kek aku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *