Kreatif, Ini 10 Kreasi Olahan Kurma Yang Bisa Dicoba Untuk Makanan Berbuka Puasa

9 kreasi olahan kurma untuk berbuka puasa

Wah, sudah masuk bulan puasa, nih. Pastinya ibu-ibu sudah bersiap setiap hari memikirkan menu harian, mau masak apa untuk berbuka puasa atau punya stok makanan penambah stamina. Biasanya ada resep favorit di setiap keluarga. Tapi sudah pasti buah kurma jadi pilihan di bulan puasa.

Bicara tentang makanan khas bulan puasa yang juga berguna untuk daya tahan tubuh kita, nggak aneh kalau kurma tercetus di kepala. Buah yang merupakan favorit Rasulullah ini kaya nutrisi dan kandungannya kebanyakan karbohidrat (terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa).

Kalau ngomongin kurma, saya selalu teringat almarhum Bapak saya yang doyan banget makan kurma tiap buka puasa. Nggak cuma buat berbuka puasa sih, kadang buat cemilan aja. Lahap sekali makannya hingga cepat habis. Dulu saya bingung kenapa ayah saya doyan banget. Namanya juga masih kecil, melihat penampilan buah kurma nggak begitu tergugah ya. Maklum, warnanya yang gelap kalah kinclong dibanding makanan gula atau snack lain yang bentuknya lebih menarik. Sejak lama saya cuma melihat Bapak saya suka makan, akhirnya saya mencoba sendiri. Ternyata kurma itu enak banget. Nggak cuma dari rasa, kegunaannya banyak sekali untuk tubuh. Dan yang paling saya suka, dia awet disimpan di suhu ruangan.

Sejujurnya, kalau bisa saya kepingin selalu punya stok kurma di rumah. Nggak merasa bersalah untuk dimakan kapan saja karena manis tapi sehat dikonsumsi.

Kabarnya, buah berwarna kecoklatan yang asalnya dari Timur ini awalnya dikonsumsi para musafir ketika berdagang. Rasanya yang manis dan awet menjadikan kurma layak dijadikan makanan dalam perjalanan untuk menambah energi.

Selain itu, ini beberapa khasiat Kurma menurut Hellosehat.com :

  • Membersihkan racun di tubuh
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mencegah anemia
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Mencegah resiko diabetes
  • Menangkal radikal bebas
  • Menjaga kesehatan otak
  • Membantu mencukupi kebutuhan cairan
  • Melancarkan persalinan

Diantara berbagai jenis kurma, yang paling populer adalah kurma Ajwa dan Medjool. Kurma Ajwa dikatakan sebagai kurma favorit Nabi, teksturnya lembut dan kering juga rasanya sangat manis. Sedangkan kurma Medjool rasanya kaya, lezat, manis dan teksturnya berserat. Bagus dikonsumsi saat segar dan biasanya matang di awal musim. Selain jenis Ajwa dan Medjool, ada kurma Safawi, Thoory, Khudri, Halawy, Deglet Noor, Dayri Ambera dan Barhi.

Ketika sudah menikah dan melihat resep-resep dr. Zaidul Akbar, ternyata kurma bagus sekali dikonsumsi pagi hari sebagai sarapan. Iya, 7 butir kurma dianggap lebih menyehatkan dibandingkan mengkonsumsi makanan berat seperti bubur ayam. Saya sendiri sih ketika mencoba, nggak bisa kebanyakan makan hingga 7 butir, entah apa jenis kurma yang saya makan manis sekali atau memang perut saya nggak mau. Namun harus saya akui, rasanya lebih enak beraktivitas memakan beberapa butir kurma di pagi hari dibandingkan makan berat sebagai sarapan.

Ternyata ibu-ibu, ada banyak cara menikmati kurma selain dari langsung dimakan. Mungkin ada yang ingin coba resep baru atau mau habiskan stok kurma, bisa dilirik resep-resep dibawah ini. Saya menemukan ada 10 kreasi olahan kurma di Instagram. Ini dia:

  1. Boba Susu Kurma

Ingin membuat minuman segar sekaligus ada yang dikunyah? Bisa coba buat Boba sendiri dengan resep Boba Susu Kurma yang ditambahkan coklat ini. Dijamin anak-anak anda tertarik mau mencoba, apalagi kalau bisa menyamai kelezatan minuman boba yang hits dijual di pertokoan. Nah, resep Delle Kitchen ini memasukkan kurma di bagian susunya. 

https://www.instagram.com/p/BxNDEmnBGZ-/

2. Puding Kurma Kukus

Kalau ingin membuat makanan berbuka puasa sekaligus bisa buat makanan penutup, bisa coba Puding Kurma Kukus yang resepnya dicoba Dapur Vy ini. Terlihat cukup mudah karena tinggal mencampurkan Kurma dan bahan lain, kemudian dikukus.

3. Dadar Gulung Isi Pisang dan Kurma

Dadar gulung merupakan cemilan murah meriah yang lazim dimasak di tiap keluarga. Biasanya dimasak dengan pandan atau cukup gula dan mentega. Tapi di bulan puasa ini, bolehlah dicoba dengan isian pisang dan kurma. Tentunya terasa lebih spesial dan terasa nuansa Ramadannya.

4. Es Buah Kurma

Buat yang suka es buah untuk berbuka puasa, bisa mencoba es buah kurma dari akun Resep Harian Makanan. Dilengkapi dengan jelly, kayumanis, buah nanas dan buah pepaya, es buah ini terasa meriah. Beda dari es buah biasa dan sudah pasti menyegarkan dahaga.

5. Chocolate Dates Fudge

Resep Chocolate Dates Fudge cukup mudah apalagi buat yang nggak biasa masak, karena cukup mencincang bahan utama termasuk kurma, dicelupkan coklat cair dan lalu didinginkan di dalam kulkas. Wah, nggak perlu oven dan praktis nih.

6. Puding Coklat Kurma

Siapa suka coklat dan puding? Bisa coba resep Puding Coklat Kurma dari Delle Kitchen ini. Seperti umumnya membuat puding, bahan dimasak kemudian didinginkan di dalam kulkas. Mungkin kamu bisa ganti toppingnya dengan topping lain seperti es krim vanilla.

https://www.instagram.com/p/BxPRnS1Ay2h/

7. Kolak Pisang Kurma

Bicara hidangan buka puasa, rasanya nggak afdol tanpa kolak pisang. Resep dari Tabloid Koki Plus ini memakai kurma sebagai bahan pelengkap selain dari pisang sebagai bahan utama dan gula merah. Pasti rasanya lebih spesial ya.

8. Kurma Choco Balls

Ternyata kurma nggak cuma bisa dijadikan makanan penutup, es buah dan kolak. Dia juga bisa buat energy bar/ball alias makanan cemilan penambah stamina. Cocok banget buat emak yang nggak mau ribet. Selain kurma, cuma butuh dark chocolate, SKM, biskuit Marie dan kacang. Semua dihancurkan lalu dibentuk bola-bola kecil aja. Coba deh resep dari akun Prida Cooking ini.

9. Selai Kurma

Apakah ibu-ibu penyuka roti tawar dan bosan dengan selai biasa? Coba aja buat selai kurma dari akun Resep Masakan Ibunda ini. Cocok nih buat menghabiskan stok kurma yang kebanyakan. Cuma tinggal diblender dengan gula dan dipanaskan aja di panci. Bisa disantap dan distok untuk seterusnya, nggak cuma di bulan puasa aja.

https://www.instagram.com/p/BjnelpFA9Kd/

10. Jus Kurma

Nah, resep yang ini super simple karena cuma butuh air, kurma dan madu jika ada. Benar, katanya jus kurma ini berkhasiat untuk tubuh. Selain dari memakan sayur dan buah-buahan lainnya, insya Allah minum jus kurma sudah cukup membuat tubuh sehat. Tapi ingat, direndam dulu ya kurmanya sebelum dijus.

Itu dia tadi 10 kreasi olahan kurma, dari resep yang sederhana sampai agak rumit. Ternyata beragam dan kreatif juga ya kreasi olahan kurmanya. Nggak kalah lezat kelihatannya dibanding makanan penutup lain. Ngiler nggak ibu-ibu lihatnya? Pengen coba semua deh rasanya. Mana yang ibu-ibu sudah atau kepengen coba? Mana olahan kurma yang paling bikin ngiler?

Oh ya, kalau Ibu-ibu mau stok kurma, bisa juga order disini ya. Thank you for reading!

Artikel ini pertama kali terbit di sunglowmama.wordpress.com

Sunglow Mama Signature

20 thoughts on “Kreatif, Ini 10 Kreasi Olahan Kurma Yang Bisa Dicoba Untuk Makanan Berbuka Puasa”

  1. Jenis kurma yang baruku makan ssvnrnya itu2 aja…plg mahal ajwa kali ya hahha. Tp aku lbh suka yg tekstur ky tunisia itu yg crunchy. Drpd diolah lebih enak dimakan lgsng sih klo lurma, banter nyobain susu kurma itu enak bgt ya kurma jadi pengganti gula

    Reply
  2. Paling ngiler sama Chocolate Dates Fudge. Sekali gigit legit banget sepertinya. Kurma ternyata bisa dikreasikan jadi banyak jenis makanan ya Mba. Selama ini saya taunya cuma dimakan langsung atau dibikin campur sama susu UHT hihi

    Reply

Leave a Comment

Share via
Copy link