Kenalan dan Pengalaman Dengan Instagram Reel, Fitur Baru IG

instagram reels vpn.jpg

Kenalan dan Pengalaman Dengan Instagram Reel, Fitur Baru IG – Hai, Sunglow Reader. Mungkin kamu sudah tahu bahwa sekitar 4 hari lalu, fitur Instagram Reels telah masuk ke Indonesia. Sepertinya fitur IG terbaru ini demi merespon maraknya tren konten video pendek. Seperti apa sih Instagram Reel ini?

Apa Itu Instagram Reel

Saya sampai sekarang nggak keikutan demam TikTok. Ada rasa malas buat akun social media lagi. Ngeri pula tidak terurus si akun. Entah ke depannya apa tetap seperti ini. Rasanya saya cukup setia dengan akun sosial media yang ada selama ini: Instagram, Twitter, FB dan Youtube.

Sudah beberapa lama saya dengar IG akan punya fitur mirip seperti TikTok, yakni video pendek. Tapi waktu saya cek di akun saya, ah ngga ada. Jadi saya cuma memanfaatkan fitur Instagram feed dan IGTV saja.

Memang pertama kali diluncurkan Agustus 2020 dan digunakan pengguna secara bertahap. Banyak yang penasaran dengan fitur ini sampai-sampai kata kunci ‘instagram reel downloader’ banyak volume-nya di Mbah Google. Ya, sebelumnya fitur ini baru ada di 50 negara.

Dan ternyata di Indonesia masuknya ya baru beberapa hari lalu, alias di penghujung Juni 2021. Beberapa influencer besar sudah merasakan duluan, baru selang 2 hari ikon Reel ada di tengah akun IG saya. Sepertinya Google Play Store sudah meng-update semua aplikasi yang ada versi terbarunya.

Instagram Reels adalah fitur Instagram yang berisi video pendek sekitar 15 detik. Efek demam TikTok dunia rupanya membuat creator IG tak ingin ketinggalan. Meskipun begitu, ada beberapa perbedaan dari Instagram reel dan TikTok. Apa aja ya?

Fitur Instagram Reel

Membuat Instagram Reel

Fitur ini dapat dimasukkan teks, efek filter, sticker dan musik yang disediakan Instagram. Meski dikatakan bahwa dia hanya ada 24 jam, nyatanya kita bisa memilih apa IG Reel kita dapat dimasukkan ke feed atau tidak. Alias, akan selalu ada dalam akun kita kecuali kita yang hapus.

“Reels menawarkan berbagai fitur pengeditan, efek, kontrol kecepatan untuk mempercepat atau memperlambat audio dan video, dan kemampuan untuk menyelaraskan banyak klip untuk transisi yang lebih bersih.”

Melansir CNN juga, Robert Stein, Product Director IG bilang bahwa Instagram reels dibuat untuk pengguna Instagram. Dikatakan juga IG reel tidak dapat berduet dengan video lain seperti di TikTok.

Disamping itu, IG reel kita pasti akan masuk halaman explore instagram. Tidak dipilih dari popularitas seperti yang lain. Bisa dibayangkan reach atau jangkauan orang yang melihat pasti tinggi.

Fitur ini juga tidak bebas menggunakan musik dari pengguna, melainkan hanya bisa memakai musik dari IG.

Menonton Reels Pengguna Lain

Kita juga bisa menonton reels pengguna lain. Bahkan, melihat reels pengguna lain langsung terlihat begitu kita klik ikon Reel di bagian bawah akun kita. Dengan gerakan swipe up, bermacam reels bisa kita tonton. Sistem play loop atau diulang-ulang digunakan.

Tak hanya dari bagian reels, di halaman eksplor (ikon loop) juga tersedia, berbaur dengan postingan feed dan carousel populer lain.

instagram real time followers.jpg
Photo from Unsplash

Pengalaman Menggunakan Reels

Sampai artikel ini ditulis, saya baru sekali coba buat IG Reel. Saya iseng rekam layar komputer yang memperlihatkan tampilan homepage Sunglow Mama yang baru. Saya juga menambahkan efek filter jadul.

Tidak hanya merekam langsung, kita bisa juga kok menambahkan video dari galeri handphone kita.

Disini saya memakai lagu yang disediakan instagram. Sementara atmosfir suara video saya kecilkan sampai 10%. Ternyata lagu dan judulnya terpampang di postingan Reels saya.

Masih bingung sih dengan opsi menambahkan video lebih dari satu (maklum ngga pernah posting TikTok). Cuma sepertinya saya paham bahwa ia dapat merekam video langsung pendek-pendek. No editing software required.

Video ini berdurasi 17 detik dan masih bisa diposting. Jadi tidak strict 15 detik seperti yang diklaim IG. Pengguna lain bahkan mengatakan, ia bisa memposting video durasi 30 detik. That’s quite generous.

Begitu melihat insights (dari akun saya yang bermode Business), saya bengong melihat ada 1.200an akun sudah melihat Reels saya. Kalau ga salah, setelah 12 jam saya posting. Waaah…

Yang saya agak bingung adalah opsi Remix. Sepertinya ini fitur agar video kita dapat diduetkan atau dipakai pengguna lain. Saya memilih tidak mau (unable) video reels saya dipakai akun lain.

Saya juga belum pakai opsi microphone, yang saya duga dapat merekam suara sebagai narasi atau voice over.

Sayangnya IG reels tidak dapat memberikan link hidup di deskripsinya seperti IGTV.

Keuntungan Instagram Reels

Begitu tahu kalau Instagram Reels pasti lolos masuk halaman eksplor IG, saya jadi tertarik posting lebih banyak. Iya dong, ada jaminan postingan kita banyak yang lihat tanpa bayar apa-apa.

Melihat sisi plusnya, saya rasa Reels cocok untuk jualan atau bisnis. Karena dia pasti masuk halaman eksplor dan jangkauannya besar. Bandingkan dari segi ekonomis dibandingkan harus keluar biaya dengan instagram ads.

Ada benefit mem-boosting post kita hanya dengan posting saja. Tentu kita harus punya strategi pintar agar postingan kita membuat orang tertarik lihat.

Apakah kepopuleran Instagram Reel akan mengalahkan instagram carousel?

Penutup

Begitulah sedikit tentang Instagram Reel. Fiturnya seperti Tiktok, tapi dengan adaptasi Instagram. Menurut saya menarik dimanfaatkan untuk bisnis, dan lagi sebagai pengisi waktu yang bisa buat kita lupa waktu.

Apa kamu sudah mencobanya atau belum? Bagaimana pendapatmu?

Referensi:

https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/24/073100065/mengenal-apa-itu-instagram-reels-fitur-baru-yang-disebut-sebut-mirip-tiktok?page=all

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200807094436-185-533115/cara-pakai-reels-fitur-baru-instagram-pesaing-tiktok

Sunglow Mama

Seorang Ibu Rumah Tangga yang suka blogging dan berbagi tentang sisi kreatifnya. E-mail saya ke missdeenar@gmail.com untuk kerjasama

This Post Has 20 Comments

  1. Saya belum pernah nyobain juga instagram reel dan nggak punya aplikasi serta akun tiktok juga. Wkwk. Nggak mau ketinggalan ya IG sekarang makin banyak fitur-fiturnya, biar orang-orang nggak beralih ke platform lain..

  2. Irma

    Aku udah nyoba, emang seseru itu sih udah kayak tiktok. Btw, aku juga baru pake tiktok. Daripada bikin konten di youtube, memang lebih gampang kalau bikin konten di tiktok/reels ini

  3. Baru kepoin reels yang di explore. Menghibur2 sih bener. Aku pernah pake reels tapi post di IG story. Musiknya sih yg bikin IGs lebih hidup 🙂 dan kalau posting di ig feed biasanya kan pake musik kena banned kan. Melanggar hak cipta gt, lumayan pakai reels jelas aman musiknya

  4. Anak Kereta

    Reels ini mirip banget sama TikTok. Dan karena aku udah terbiasa pakai TikTok, jadi aku lebih nyaman pakai TikTok dan masih bingung pakai reels.

  5. Gita Sarrah

    Tuk instagram reels ini saya baru coba beberapa hari yg lalu. Itu juga iseng-iseng dan kayaknya seru juga ya buat dieksplor lebih lanjut. Dan iya daripada tiktok kayaknya saya lebih nyaman dengan ig reels ini

  6. enny

    Kenapa ya Instagram nggak bikin filter timer aja buat foto di insta storynya? Soalnya filter IG tuh bagus-bagus, tapi repot pas mau foto sendiri. *banyak mau, hahaha*. Kalau saya lihat memang reels ini adaptasi tiktok banget. Tapi sampai sekarang untuk nonton video pendek saya masih suka di tiktok. Nggak tahu deh kalau nanti.

  7. Happy

    aku nyoba bikin reel cuma masukin video terus dikasih musik, wqwq hadu cupu. aku juga sampai sekarang ga main tiktok. puyeng :”D

  8. Diah Alsa

    saya belum coba nih Mbak si Reels, suka bingung sayanya kalau mau upload video karena jarang video *gak PD tepatnya, kecuali aktivitas anak-anak, hihih

  9. Maftuha

    Iya nuh bener. Ig uodate terus… tapi baru ngeuh ada yang fitur inj. Auto meluncur ig. Terima kasih kak infonya

  10. Andrie K.

    Saya pikir instagram reels ini bakal ilang 24 jam seperti story, ternyata tidak. Andaikan saja instagram reels ini bisa ditentukan berdasarkan topik yang ingin ditampilkan dari sisi kita saja mungkin akan jadi hal yang seru, jadi gak random semua orang seperti ini.

    Tapi instagram reels ini masuk kedalam tab profil ya, jadi pengen koleksi tab profil yang ada di instagram hihi. Mulai dari sticker, reels, igtv, panduan, music, feed, live, dll. hiihihi pasti keren banget

  11. Pida

    Aku belum coba ini.
    Padahal yg sebenarnya aku emang gk suka dan gk ada stok video buat di upload juga heheheh
    Baru utak-atik ini fitur baru inii, blm berani buat post, krn gk ada video yg normal hahahha

  12. Nyi Penengah

    Kyaaa, reels jadi hapening banget ya Mbak
    asli banyak temanku yang pada pake, aku sendiri belom coba nih

  13. Antung Apriana

    Kemarin ada sih diajarin teman ig reel ini tapi sampai sekarang belum ada coba sih. Ini jadinya mirip-mirip story ig ya tapi bisa dieksplore

  14. ariefpokto

    antara seneng dan bingung dapat fitur reels ini. Seneng karena akhirnya Indonesia kebagian, negara lain kan udah lama tuh. Bingung mau diisi konten apa. soalnya sekarang banyak platform kan. Mau diisi yang sama kayaknya ga enak kesannya repetisi. Apalagi Reels ini durasinya belum sepanjang tiktok. Kalau video panjang kan jadi IGTV, semenit jadi video IG. masih belum terbiasa jadinya

  15. lendyagasshi

    Mantap banget yaa…inovasi dari instagram reel ini.
    Aku happy juga niih…hanya belum memikirkan mau bebikinan apa, hahaha…ini tugas berat seorang konten creator.

  16. Eni Rahayu

    Sama dengan saya yang hingga sekarang malas instal tiktok ^_^ Pernah sih tapi saya hapus lagi, hehehe. Nah, pas tahu ada reel saya hepi banget dong, apalagi jangkauan tayangannya bisa sampai ribuan hanya dalam hitungan menit, wow banget gitu. Duh, semakin hepi karena mirip banget dengan tiktok

  17. Saya udah coba Reel dua kali, rasanya sama kayak bikin video di Tiktok. Tapi ada kekurangannya yaitu nggak bisa ngatur durasi teks agar bisa muncul bergantian kayak di Tiktok.

  18. Kiky

    Menarik banget yaaa. Tapi aku jiper bin insekyur wkwkw. Siapa aku? Gimana yaaa supaya bisa lebih pd ngonten wkwkw. Carousel aja lom pernah coba, IGTV juga lom pernah coba.

  19. Julia Pasca

    Belooooooooooom sama sekali aku mencobanya, Mbak Ndin. Kubuka lalu kututup lagi, bingung kaya apa gunainnya. Ini postingan minggu lalu aku temukan di FB, karena gak bisa buka lewat HP jadi aku baru bisa buka sekarang ni, Mbak ndin.

    Eh, anyway insight nya kok lumayan juga ya, Mbak? apakah semua yang bermode bisnis akan seperti itu? instagram reels jangkauannya lebih luas?

  20. momiput.com

    Aku suka scrolling reel orang orang menarik apalagi yang satu frekuensi hobi sama aku jd punya inspirasi

Leave a Reply