20+ Ide Konten Instagram Bisnis Agar Branding Sukses

20+ Ide Konten Instagram Bisnis Agar Branding Sukses

Assalamu’alaikum, siapakah disini yang punya akun instagram untuk berjualan atau berbisnis? Saya punya kira-kira empat akun lain, satu usaha bersama suami. Tentu saja nggak kepegang semua.

Bukannya nggak mau update konten dan nggak tahu mau posting apa, tapi lebih ke badan cuma satu dan waktu terbatas. Lagipula, fokus saya kini cuma ke akun saya dan blog, juga akun komunitas.

Selama saya memegang akun instagram untuk berjualan, saya suka bingung mau posting apa. Bukannya nggak ada produk baru, karena produk ada dan banyak koleksinya (waktu saya sebagai reseller). Untuk membuat feed banyak yang lihat, saya cuma mengandalkan hashtag dan posting agak sering.

Alhasil, feed akun IG isinya tok katalog saja. Disini saya merasa nggak sukses karena kurang menerapkan wawasan saya.

Lho, memangnya kenapa cuma posting barang dagangan saja? Bukannya memang itu intinya?

Kegunaan Akun Instagram Bisnis

Instagram sudah menghadirkan tipe akun khusus untuk yang ingin berbisnis. Kamu tinggal mengganti setting akunmu menjadi business account.

Keuntungan memakai tipe akun bisnis adalah adanya fitur insight, dimana kamu bisa melihat engagement atau interaksi dari unggahanmu. Kita juga bisa mengetahui jangkauan postingan (reach) serta berapa yang sudah save atau menyimpan postingan kita.

Tapi, tunggu dulu. Kenapa tadi saya bilang jangan posting dagangan melulu?

Ternyata menurut para ahli, instagram itu media terbaik untuk branding, alias melakukan pencitraan brand atau citra diri. Jadi sebaiknya kalau mau menjual produk, jangan hard selling atau langsung buka lapak dan gelar deskripsi barang plus harga.

Ya, karena pada dasarnya pengunjung tidak suka langsung dijejali produk. Sempatkanlah untuk menyapa dan menanyakan kabar, setidaknya.

Atau, terapkan ide konten instagram bisnis berikut:

Ide Konten Instagram Bisnis

Sunglow reader, untuk menyiapkan akun instagram bisnis memang tidak bisa instan. Makanya banyak brand mempercayakan pada social media management atau punya social media manager. Karena mengelola akun instagram bisnis butuh fokus dan totalitas.

Apalagi dengan adanya ‘keharusan’ harus posting feed setiap hari atau update instagram story. Ini karena algoritma instagram yang lebih memunculkan konten baru.

Sebenarnya semua ini adalah effort dan bukan penentu rejeki. Karena ada juga kan usaha yang lancar secara offline.

Nah untuk dirimu dan usahamu yang ingin eksis online, bisa baca ide konten instagram bisnis ini:

  • Pengenalan Produk/Usaha: Ceritakan produk dan kegunaannya, bagaimana kehadirannya dapat membantu dan jadi solusi ke target market (tanpa hard selling)
  • Latar Belakang Usaha : ceritakan asal mula ide bisnismu ada
  • Trivia tentang elemen penting di produk/usahamu, ulas sisi positifnya
  • Kutipan motivasi/inspirasi yang relevan dengan bisnismu
  • Di balik layar: tunjukkan proses di balik bisnis/pembuatan produkmu
  • Tips pemakaian produk
  • Berikan Tips/resep singkat yang relevan dengan bisnis
  • Info potongan harga atau best deal
  • Instagram Live
  • Quiz : membuat quiz untuk seru-seruan bisa meningkatkan interaksi dengan pengunjung
  • Testimoni : Ulasan atau respon customer yang puas bisa jadi konten bagus sekaligus menaikkan kepercayaan
  • Hari besar nasional : jika ada hari besar, bisa dijadikan konten
  • Berita viral : kita bisa pintar manfaatkan berita viral jadi konten, selama relevan dengan bisnis dan tidak menjatuhkan pihak tertentu
  • Infografis
  • Sebelum dan Sesudah memakai produk/memakai jasa usaha
  • Sneak peek produk baru
  • Bertanya pada pengunjung pendapat mereka
  • Mengadakan Giveaway
  • Ajakan follow akun social media lain
  • Membagikan video lucu dengan menyebutkan credit jika mengambil dari sumber lain
  • Ucapan terima kasih
  • Info event

Penutup

Tak usah bingung, buatlah dari sekarang perencanaan konten untuk akun instagram bisnismu dan sinkronkan juga dengan agenda bisnis.

Jangan lupa untuk selalu menyelipkan call-to-action dalam tiap feed. Karena instagram suka dengan interaksi.

Bagaimana pendapatmu? Semoga bermanfaat.

sunglow mama signature

Sunglow Mama

Seorang Ibu Rumah Tangga yang suka blogging dan berbagi tentang sisi kreatifnya. E-mail saya ke missdeenar@gmail.com untuk kerjasama

This Post Has 13 Comments

  1. Khoirur Rohmah

    Jadi inget instagram akun bisnis aku yang belum terjadwal, runut, plus belum konsisten posting.
    Padahal sebelumnya udah bikin sih draft untuk Minggu ini apa aja. Cuma ya itu, hanya menguap, banyakan unggah produknya aja
    Padahal kan supaya konsumen bisa happy berkunjung ke instagram bisnis kita, emang dehh perlu bnget nerapin 18 trik di atas. Supaya bervariasi Feed nya.
    Smoga setelah baca ini aku punya semangat buat memperbaiki akun instagram bisnis aku. Ya mbak
    Thnk you for sharing Sunglowmama

    1. Khoirur Rohmah

      Ehhh ya Ampunn maaf mbak 20 trik daftar konten ya.
      Tetib inget angka 18. Padahal judulnya tertera 20. Pantes setelah submit komentar berasa ada yng jnggal, hehhehee
      Mian yaa mbak

  2. Ira Hamid

    akun instagramku baru saya pakai untuk upload foto saya, suami, anak-anak dan juga anggota keluarga lain dan sesekali posting foto endorse. Saat ini belum kepikiran mau jadikan instagram sebagai lahan bisnis, hehehe

  3. ariefpokto

    Sebagai mantan mimin Sayapun sudah melakukan semua hal di atas. Kadang suka bingung mau posting apa kan, padahal ada banyak yang bisa diposting di social media. Dan memang harus disesuaikan dengan identitas akun bisnis itu sendiri

  4. Raja Lubis

    Ah ini benar. Khusus katalog bisa dipisahkan sendiri sebetulnya Tapi di akun utama bisa dicoba dengan berbagai jenis konten di atas. Saya sendiri punya beberapa akun bisnis dan beberapa konten di atas sudah dipraktikkan. Hasilnya lebih interaktif dengan followers, dan bahkan bisa meningkatkan minat followers untuk menjadi pembeli produk kita.

  5. Zikri Fadhilah

    Langsung aku bookmark! Soalnya belakangan ini aku pun sedang mikir untuk bikin instagram bisnis yang beragam. Bosen juga kontennya harus edukasi ala mikroblog terus. Terima kasih buat artikelnya ya mba.

  6. @mirasahid

    Sebagai personal Mira Sahid, selama ini aku membuat konten-konten yang paling sesuai dengan kemampuanku. Tapi karena udah mulai menjalankan usaha makanan, jadi mau nggak mau, kudu explore lagi gimana supaya akun jualanku bisa memenuhi unsur-unsur di atas tadi. Thanks sharing-nya, Mak

  7. Ghina

    Ini info menarik banget mbak. Emang engagement skrg lebih suka yg interaktif yaa. Kalau aku masih PR banget utk aktif di medsos cm, gatau rasanya berat banget utk aktif di medsos, lebih suka ngeblog aja.

  8. Gita Sarrah

    Tipsnya bermanfaat banget nih..saya emang lagi pengen membenahi salah satu instagram bisnis saya. Memang banyak faktor yang bisa mempengaruhi berhasil tidaknya konten instagram. Makasi ya

  9. Hida

    Boleh juga nih mbak tipsnya..saya punya akun ig hanya akun pribadi aja kalo akun khusus jualan emang ga punya. Tapi bisa juga nih tipsnya disimpan buat reminder.

  10. Fajarwalker.com

    Makin kesini alogaritma instagram makin parah, hehehe. Kalo gamau adaptasi dan tetep maksain hard selling, siap-siap deh kalo ga ada engagement dan jualan pun anyep.
    Susah ya, makin kesini jualan memang harus makin kreatif!

    -Fajarwalker.com

  11. lendyagasshi

    Seneng banget karena kini berjualan melalui sosial media menjadi lebih mudah plus menjaring pasar lebih luas.
    Aku juga jadi tertarik beli case handphone gegara keseringan mainan IG, hehehe…kok bisa mendadak suka banget sama sebuah produk yaa…?
    Daya magnetnya kuat bila dilengkapi visual yang menarik.

  12. ainun

    seneng kalau liat timeline sosmed olshop bagus, senada, dan materinya sepertinya memang sudah disiapkan dengan baik
    betul juga kalau pekerjaan sosial media manager sekarang ini banyak dicari

Leave a Reply