8 Kombinasi Google Font Feminin dan Elegan

8 Kombinasi Google Font Feminin dan Elegan

8 Kombinasi Google Font Feminin dan Elegan – Font adalah satu elemen penting dalam desain dan bahkan dalam sebuah fungsi.

Meski hanya ‘font’ tapi dia merepresentasikan citra dari karya atau desain. Tidak hanya agar enak dibaca, tapi font juga memiliki karakter dan kemampuan untuk mewakili sebuah pesan.

Maka itu, memilih font juga tidak bisa dianggap sepele. Citra seperti apa yang kita mau tampilkan?

Google Font

Sekarang sudah banyak font yang beredar, yang gratis maupun yang berbayar. Meskipun berbayar, banyak juga yang ‘nakal’ dan mengambil font berbayar di situs font bajakan.

Meskipun mudah ya tinggal unduh saja, tapi kita bisa tersangkut masalah hak cipta jika font yang kita pakai digunakan untuk komersil. Pun sebagai seorang pekerja lepas yang juga desainer, rasanya tidak fair mengunggah font bajakan.

Kini tak perlu pusing dengan font berbayar yang mungkin cantik dan pas banget untuk desain kita, tapi font tersebut berbayar sementara kita minim budget.

Kita bisa gunakan Google Font yang dapat diunduh gratis. Tak hanya itu, google font juga aman digunakan di website kita. Kita tidak perlu khawatir font kita tidak terbaca (jika tidak terbaca akan terkonversi ke font lain).

Di situsnya, tersedia lebih dari 1.000 keluarga font. Wow, banyak sekali. Tinggal kita pilih font yang pas, dari kategori Serif, Sans serif, Handwriting, Display dan Monospace.

Font Yang Feminin

Ketika font ada berbagai bentuk, tipe dan karakter. Mana yang paling cocok ya? Bagaimana kalau kita mencari font yang feminin untuk blog/website atau desain kita?

Font yang feminin umumnya berkarakter tipis dan lembut, bertungkai dan meliuk juga umumnya berkarakter italic (miring) dan lebih menggunakan huruf-huruf kecil (lowercase).

Kombinasi Google Font Feminin dan Elegan

Memilih font yang cantik dan elegan bisa membuat pengunjung nyaman membaca berlama-lama. Apalagi kalau yang baca juga umumnya perempuan, pasti suka dengan font yang feminin dan indah.

Umumnya dalam struktur artikel terdapat judul (Heading) dan isi artikel (body text). Maka ada baiknya kita pilih 2 font berbeda yang saling menyanjung satu sama lain, alias terlihat harmonis ketika dipadukan.

Setelah browsing sana-sini dari berbagai sumber (salah satunya Pinterest), ini dia 8 font feminin dan elegan dari Google Font yang bisa kamu pilih:

1. Alex Brush & Raleway

google font alex brush dan raleway

Kombinasi font Alex Brush dan Raleway merupakan kombinasi google font aesthetic yang bisa dipilih. Kombinasinya cocok untuk website wedding atau fashion.

2. Cormorant Upright & Josefin Sans

google font online cormorant upright dan josefin sans

Ingin cari kombinasi google font online yang cantik dan elegan tanpa berlebihan bisa pilih Cormorant Upright dan Josefin. Rasanya cocok sebagai bacaan jurnal atau tulisan fiksi.

3. Petit Formal Script & Quicksand

petit formal script dan quicksand

Cantiknya font Petit Formal Script sempat saya gunakan sebagai font header, tapi tidak jadi karena tidak match dengan font lainnya. Ini juga baik dipakai untuk nuansa girly dan anggun. Dipadukan dengan font Quicksand jadi lebih netral.

4. Playfair Display & Raleway

playfair display dan raleway

Saya pernah pakai font Playfair Display di artikel Tips Mengganti Tampilan Blog karena karakteristiknya manis tanpa berlebihan, tapi saya kini juga pakai font Raleway karena terasa ringan dan nyaman dibaca. Kombinasi keduanya pas untuk blog dan artikel online.

5. Rufina Bold & Average Sans

google font online rufina bold dan average sans

Umumnya font feminin itu tidak memakai aksen tebal atau bold, tapi tidak dengan font Rufina. Karena walaupun tebal tetap terasa manis dan ‘perempuan’. Dikombinasikan dengan font Average Sans, perpaduan keduanya sepertinya pas juga untuk judul dan tulisan yang berkesan dibaca.

6. Sacramento & Poppins

sacramento poppins

Jika dirimu penyuka font handwriting atau mirip gaya tulisan tangan, terutama yang menyambung, bisa memakai font Sacramento. Dipadukan dengan font Poppins, jadi terasa playful atau manis dilihat.

7. Yeseva One & Worksans Regular

yeseva one worksans regular

Satu lagi font tebal yang terasa ‘kewanitaan’ adalah font Yeseva One. Ia berfungsi baik digabungkan dengan font Worksans sebagai satu kesatuan. Rasanya cocok menggunakannya untuk rubrik atau artikel di majalah wanita juga.

8. Italiana & Lato

google font gratis italiana lato

Melihat font Italiana mengingatkan saya akan oretan tulisan saya jaman kecil, terutama huruf ‘A’ kecilnya. Saya melihat font Italiana terasa perempuan, tapi juga sungguh Italiano alias terasa Italia. Ia pas digabungkan dengan font Lato yang sebenarnya sedikit mirip hanya tidak memiliki banyak lekuk sepertinya.

Nah, diantara 8 kombinasi font ini, mana yang mau kamu coba di artikelmu? Semoga membantu ya!

sunglow mama signature

Sunglow Mama

Seorang Ibu Rumah Tangga yang suka blogging dan berbagi tentang sisi kreatifnya. E-mail saya ke missdeenar@gmail.com untuk kerjasama

This Post Has 12 Comments

  1. Laksita

    Aduh ini disave banget, sering galau milih kombinasi font. Hatur nuhun Teteh rekomendasinya, ada ilustrasinya pula. Ini kebanyakan ada juga ya di Canva?

  2. Hani

    Cek² ah ke blogku
    Headernya dah diganti, tapi text di body msh bawaan theme.
    Makasih nih reviewnya…

  3. Mechta

    Terima kasih sharingnya mba.. izin simpan utk dipakai saat membutuhkan..

  4. Maria Tanjung

    Poppin udh jadi favoritku nih bahkan utk desain grafis sekalipun. Namun kadang suka iseng nyari variasi lain karena suka bosen. Hehhehe. Trims mbak infonya bisa bikin aku ubek ubek font lainnya

  5. Raja Lubis

    Hal yang mungkin sepele tapi sangat dibutuhkan banget untuk penulis terutama blogger adalah memilih font yang sesuai dan enak dibaca. Terima kasih atas rekomendasinya, bisa saya coba – coba di blog karena sekarang tidak memakai kombinasi font yang disebutkan di atas.

  6. antung apriana

    kalau aku suka sama nomor 1. cakep font-nya. tapi kalau untuk artikel di blog lebih suka huruf san serif biasanya

  7. wah bermanfaat sekali ini postnya. bisa jadi referensi untuk molly yang mau bangun blog baru dan mengoptimalkan blog yg sudah ada. pilihan fontnya bagus dan menarik.

  8. Prima

    Kalo saya, kombinasi yang saya pakai untuk blog saya adalah montserrat (judul) dan lora (badan teks). Pertimbangannya saya ingin mengombinasikan kesan casual dan klasik. Kalau pengalaman pribadi, saya nggak terlalu suka font Raleway karena ketika digunakan untuk menulis kombinasi angka dan teks jadi nggak simetris.

  9. Dian

    wah iya, font nya cantik cantik mbak
    klo buat nulis artikel di blog bikin tampilan blog makin cantik dan feminim
    izin save ya, biar klo mau nulis pake font cantik ini bisa ingat

  10. Hida

    Waah..bagus-bagus ya fontnya, Kalo buat caption instagram jadi makin eye catching nih.

  11. Ugik Madyo

    Aku suka banget pakai font yang kayak tulisan tangan di blog ataupun bikin presentasi. Kesannya lebih ada sentuhan manusia. Padahal ya kan sama aja ngetik di laptop. Jadi banyak referensi nih untuk font tulisan tangan. Terima aksih banyak infonya, Mbak

  12. Dila

    Wow, tulisan yang infotmatif. Saya termasuk orang yang peduli dengan font.
    Kalau mengedit sesuatu yang ada tulisannya, biasanya butuh waktu lama untuk memilih font.
    Baca artikel ini, saya jadi dapat inspirasi.

    Makasih yah.

Leave a Reply