Ngomongin Wajah Baru Sunglow Mama
Blogging,  Tips

Wajah Baru ‘Sunglow Mama’ dan 6 Tips Mengganti Tampilan Blog

Wajah Baru Blog ‘Sunglow Mama’ dan Tips Mengganti Tampilan Blog. Assalamu’alaikum, halo. Nggak terasa Agustus mau usai. Sebelum masuk bulan baru, mau bahas look baru blog Sunglow Mama nih. Kira-kira baru semingguan blog ini berganti themes dan look-nya. Nggak cuma itu, ada perombakan dari dalam rencana menulis juga. Alias, ada plan menulis ke depan yang berubah. Adakah yang memperhatikan ada perbedaan?

Kenapa Ganti Look

Ada pemicu kenapa jadi ganti themes dan look. Semua berawal dari kelas online Happy Writing dari bu ketua Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) Ibu Widyanti. Senangnya saya ikutan kelas yang awalnya buat blogger pemula itu. Karena setelah dikulik-kulik saya selama ini ngeblog di sunglowmama.my.id kurang dibawa fun. Selalu ada project di pikiran dan bukan karena kesenangan menulis.

Sejujurnya, saya memang kangen masa blogging dulu yang dimulai di tahun 2010-an, dimana saya pure atau murni menulis untuk menulis. Walau memang ada goal di depan mata, jadi blogger yang di bayar, tapi saya cukup sabar terus menulis. Akhirnya saya menelusuri ulang semuanya. Dari akar kenapa saya ngeblog, kenapa saya buat blog pada awalnya.

Baca Juga: Perjalanan Blogging, Dari Blogger Foto, Film Hingga Parenting

Sampai akhirnya di titik saya mengingat kenapa saya memulai blog Sunglow Mama. Saya menulis karena hobby, ingin share atau berbagi pengalaman dan yang saya tahu, juga perspektif saya hingga ke minat saya. Semua dari basis pikiran positif dan memotivasi. Atmosfir dan dasar dari semua alasan dari pikiran cerah dan bright ibarat matahari, makanya saya memilih nama Sunglow, yang asalnya dari salah satu nama warna kuning. Karena sekarang saya juga seorang ibu, maka ditambahkan kata ‘mama’.

Tadinya Cuma Mau Ganti Header…

Di pikiran saya kalau mau ganti themes itu memakan waktu lama. Jadi awalnya saya cuma mau ganti tampilan header dan juga warna palet blog, mungkin juga font. Ternyata akhirnya saya memutuskan ganti themes yang lebih feminin ini, padahal nggak ada arah ke sana sebelumnya. But I like it.

Sejujurnya, tampilan blog cantik ini buat saya jadi pengen lebih sering nulis 🙂 Memang ya manusia itu makhluk visual, apalagi saya yang gampang kepincut visual menarik.

Tentunya awalnya harus dirapihkan lagi perintilannya. Cuma nggak masalah, sedikit nanya bolak-balik sama CS Web Hosting yang baik banget. Cuma menata ulang imej-imej dan segala sesuatunya, lalu selesai. It was easy, Alhamdulillah.

Palet warna blog sunglow mama

Palet Blog Nuansa Pink

Themes blog yang saya pilih ini namanya Savona Fame, sebenarnya anak themes dari Savona. Sejujurnya saya tadinya mau ganti ke Savona atau yang berwarna netral hitam putih, tapi kok saya kepincut dengan elemen warna pink di Savona Fame. Saya juga sebenarnya nggak biasanya memilih warna feminin seperti pink, tapi aduh, themes ini cantik banget.

Berangkat dari situ saya cari warna palet blog dari pink-peach dan memilih paduan warna dengan hitam dan warna keemasan. Warna ini sebenarnya agak umum ke nuansa wedding, tapi cocoklah buat dipakai warna blog. Nggak tahu kalau ke depannya saya bosan dengan elemen pinknya, saya bisa beralih ke themes Savona.

Rencana Menulis Ke Depan

Nggak lengkap rasanya cuma membahas look. Ibarat hanya memperhatikan penampilan, tapi nggak ke dalam nadinya 🙂 Sebenarnya saya punya banyak banget ide menulis ke depan, cuma yang ketampung atau yang berhasil saya tangkap ketika ada waktu menulis itu jadi limited.

Insya Allah saya akan menulis tentang jurnal kreatif atau dunia kreatif, khususnya untuk ibu-ibu. Inginnya sih blog ini buat merangsang ibu-ibu berkreasi. Apapun itu, dari desain, fotografi, proyek DIY atau blogging. Banyak? Insya Allah akan ada banyak waktu ke depannya buat blog ini.

Saya juga terbuka jika ada yang mau menjadi kontributor blog, misalnya ada yang ingin menulis tapi belum ada blog. Tapi mohon maaf saya belum bisa kasih imbalan kecuali ilmu blogging 🙂

Tips Mengganti Tampilan Blog

Nggak enak rasanya cuma ngomongin tampilan blog sendiri. Selagi baru hangat-hangatnya mengganti tampilan blog, saya kasih tipsnya agar memudahkan yang lain.

  1. Sebelum ganti, save atau simpan setting widget-widget di blog, terutama yang ada kode html. Di blog biasanya kita memajang berbagai informasi di widget seperti link sosmed, tulisan profile blogger kita, widget komunitas. Sangat penting untuk menyimpan settingan itu semua sebelum mengganti themes.
  2. Tentukan Color Palette Blog

Apakah itu color palette? Color palette adalah warna-warna yang digunakan sebagai identitas blog. Untuk menentukannya, semua berpusat dari pilihan, rasa, branding blogmu. Menemukan referensinya bisa dari google atau pinterest.

3. Memilih Themes Yang Tepat. Pilih themes yang pas, yang ringan dan responsif, mudah dibaca dan dimengerti. Hingga kini saya masih pakai themes yang free alias belum berbayar. Silahkan jika mau mencoba yang berbayar, tentunya fitur lebih banyak.

4. Mengganti Header Blog bisa dilakukan, bisa tidak. Jangan lupa menggunakan font yang sesuai dan mudah dibaca. Sesuaikan juga dengan warna palet dan karakter blog. Karena saya masih suka sih dengan header blog dari themes, mungkin ke depan bisa jadi mengganti.

4. Cek Single atau Per Post. Setelah semua dilakukan, cek ulang post kamu karena bisa jadi ada elemen-elemen yang kurang pas atau harus dirapihkan.

Kalau kasus saya sih ternyata imej tidak terlihat di widget, ternyata saya selama ini nggak memasukkan imej dalam featured image. Alhamdulillah, jumlah artikel masih sedikit, jadi editnya nggak lama.

Ketika cek ulang, ini bisa jadi momen pas menyempurnakan isi artikel jika belum update. Agak lama, tapi lebih memuaskan rasanya. Nggak bolak-balik juga harus kembali edit post di lain waktu.

5. Cek Site Health. Sebenarnya penting cek kesehatan situs dari waktu ke waktu, tapi mengganti themes bisa jadi ada elemen-elemen yang nggak sinkron dengan setting sebelumnya.

6. Selaraskan Dengan Akun Sosmed. Jika blogmu terhubung atau mencari traffic via sosmed, bisa jadi header sosmed kamu juga memakai grafis blog. Maka buatlah juga grafis yang selaras dengan perubahan tampilan ini. Misalnya, twitter dengan header-nya, facebook dengan cover fb-ya, instagram dengan highlights-nya.

*****

Nah, itulah sedikit mengenai perubahan di blog Sunglow Mama dan tips mengganti tampilan blog. Semoga berguna. Ibu-ibu, ada pengalaman unik nggak ketika mengganti tampilan blog?

28 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *