tips blogging seru dan kreatif
Blogging,  Tips

Mesti Coba, Tips Blogging Seru dan Kreatif

Tanggal 27 Oktober lalu adalah peringatan Hari Blogger Nasional. Yes, tanah air Indonesia punya hari khusus untuk merayakan blogging. Hari Blogger ini pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika, Muhammad Nuh di tahun 2007. Hmmm, sesuatu banget ya?

Dunia blogging itu menarik karena mendukung siapapun berekspresi dan menuangkan pikiran, juga bisa di monetisasi. Dulu saya pernah juga beranggapan blogging sebenarnya mirip entrepreneurship. Karena ibarat penjual, blogger ‘menjual’ artikel blognya. Walaupun dia nggak berminat mencari pendapatan dari situ, seorang blogger tentunya mencari seseorang yang mau membaca tulisannya. Makanya dia seharusnya membagikan link tulisannya di berbagai kesempatan.

Blogging Adalah

Apa sih blogging?

Ternyata berdasarkan pencarian keyword saya saat ingin menulis artikel ini, banyak yang nggak mengerti apa itu blog, ngeblog ataupun blogging.

Sebenarnya, blog itu ibarat jurnal di website. Isi tulisannya bisa apa saja, sesuai yang diinginkan si penulis blog. Topik dalam 1 blog bisa umum atau bermacam kategori, bisa juga per niche atau golongan/bidang khusus. Misalnya, memasak, review produk kecantikan, teknologi, dan sebagainya.

Seseorang yang menulis di blog disebut blogger, dan aktivitasnya adalah blogging atau ngeblog.

Baca Juga: Belajar Online 2020: Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog dan Usaha Foto Produk

‘Kenapa juga menulisnya di blog? Di sosmed menulis juga bisa.’

Menurut saya sih, di somed itu terasa sangat public alias bisa dibaca semua orang, rasanya ramai. Di sosmed tulisan kita juga rentan di-copy paste tanpa izin.

Kenapa Mau Blogging

Melihat blogger yang suka blogging mungkin ada yang berpikir, buat apaan sih? Repot amat, atau ribet bener.

Baca Juga: Yes! Agenda Monetisasi Blog Dengan Produk Digital

Sebenarnya semua orang ngeblog sejatinya berawal dari kesukaan dulu. Namun setelahnya bisa berkembang motivasinya. Tapi seseorang mau blogging mainly karena dua alasan utama:

  1. Ingin Berekspresi : Seseorang ingin menuliskan dan membagikan pikiran, pendapat, sudut pandangnya atau wawasannya.
  2. Menambah Pendapatan : Dengan blogging dapat uang? Bisa, dengan syarat-syarat tertentu. Seorang blogger bisa bekerja sama dengan brand atau siapapun, terutama dengan tujuan mempromosikan produk atau jasa.

Langkah-Langkah Memulai Blogging

Blog juga sebuah media. Semua orang bisa membuat blog dan menulis. Bahkan artis, publik figur atau selebriti bisa punya blog. Karena blogging juga bisa jadi sarana mempromosikan diri. Seorang blogger juga termasuk seorang influencer, ya mirip selebgram deh, cuma memakai blog.

Tapi darimana mulai bloggingnya? Tenang, sini saya kasih kisi-kisi. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan nih:

  1. Memilih Niche : Tentukan niche atau topik apa yang ingin fokus ditulis. Memilih niche tentang bidang yang kita sukai akan lebih mudah dalam jangka panjang, karena lebih gampang konsisten. Pengunjung juga lebih setia, Insya Allah
  2. Memilih Nama Blog Yang Sesuai : Memilih nama blog yang juga akan dijadikan nama domain itu penting. Menurut saya nama sebaiknya merepresentasikan isi blog, juga sebaiknya ada nama/julukan kita disitu dan gampang diingat. Oh ya, nama blog juga sebaiknya tidak rumit alias sederhana agar memudahkan bagi yang membaca.
  3. Memilih Tagline : Tak hanya nama blog, ada juga tagline atau slogan yang sepatutnya mendeskripsikan atau menjelaskan kepada pengunjung tentang isi blog kita. Pastikan slogan dan isi tulisan selaras.
  4. Menentukan Platform Blog : Memilih di situs apa kita menulis, sesuai dengan kenyamanan kita pribadi. Untuk pemula, dapat memilih platform gratis dulu. Karena yang penting aktivitas menulis. Ada yang lebih nyaman menggunakan blogspot, ada yang lebih suka wordpress
  5. Membuat Blog: Dari semua poin di atas, tinggal membuat blog dari platform yang sudah dipilih. Jangan lupa memperhatikan tampilan blog agar enak dibaca
  6. Membuat Profil/Halaman Tentang Blogger: Cantumkan profil dan foto tentang siapa diri kita, agar menunjang tulisan-tulisan kita. Jika menulis tentang resep masakan, profil blogger umumnya mencantumkan memiliki hobi memasak atau misalnya ada background memasak/punya usaha makanan.
  7. Konsisten Menulis : Inilah yang harus dipertahankan usai melakukan semua langkah. Menulis sesuai dengan niche dan berusaha menulis secara berkala. Dengan konsisten menulis, maka akan lebih banyak pengunjung datang ke blog.

Tips Menulis Blog Seru dan Kreatif

Ketika menulis di blog sudah dilakukan, ada kalanya menulis terasa menjemukan dan begitu-begitu saja. Mungkin juga semangat blogging ada, tapi bingung mau menulis apa. Sebenarnya ada triknya sih agar tetap menyenangkan. Disini ada beberapa cara:

  • Menulis Topik Yang Diminati : Menulis sesuatu yang kita suka akan terpancar dari tulisan dan otomatis pembaca akan merasakannya. Kita juga akan lebih menantikan saat ngeblog, semakin semangat menulis dan mencari bahan. Makanya, untuk jangka panjang menulis topik yang diminati akan lebih bagus.
  • Memperbanyak Varian Tulisan : Apapun niche-nya, bentuk tulisan ada bermacam-macam. Jika blogmu personal atau tentang keseharianmu, variasikan dengan bentuk artikel lain. Contoh-contohnya: Artikel berisi tips, rekomendasi, review, pengalaman, dan sebagainya. Kamu yang menulis dan pembaca jadi tidak merasa monoton
ide judul dan variasi konten blog
  • Memilih atau Membuat Foto dan Grafis Yang Menarik : Tunjang tulisan dengan visual foto dan infografis yang dilihat bagus bagi dirimu dan pengunjung. Sebenarnya, memfoto atau membuat grafis sendiri akan memancing diri kita jadi lebih kreatif. Lagipula, membuat sendiri akan membuat konten tulisan menjadi lebih otentik
  • Ikut Komunitas Blogger: Blogging terasa lebih meriah dengan ikut komunitas, jadi menambah networking dan pengetahuan (misalnya tips dan ada workshop yang bisa diikuti)
  • Blogwalking : Alias jalan-jalan ke blog lain, agar melihat persepsi dan dunia yang berbeda dengan dunia kita. Hal ini bisa menyegarkan otak, ibarat pikiran sedang travelling.

Baca Juga: Nggak Usah Bingung, Begini Cara Membuat Logo Dengan Canva Dengan Gratis

  • Ikut Lomba Blog: Tantang diri sendiri dengan ikut lomba blog. Hadiah dan pencapaiannya bisa menambah poin blog, berpartisipasi saja juga bisa menambah artikel di blog dan menambah wawasan
  • Guest Post: Sumbangkan artikel ke blog lain agar menambah backlink, branding, menambah pengunjung ke blog, juga pengalaman
  • Ikut Workshop Blogging: Menambah pengetahuan soal blogging bisa menyegarkan otak dan menambah ilmu
  • Melakukan Aktivitas Selain Ngeblog : Jika kamu sedang bosan menulis, bisa jadi itu karena otakmu terlalu mikirin blogging atau pekerjaan berat lainnya. Cara mengakali kejenuhan ini adalah refreshing atau berinteraksi dengan orang lain agar pikiran segar kembali. Hindari dulu layar sekalian istirahatkan mata.

Penutup

Blogging walau intinya menulis, namun ditopang banyak faktor. Blog yang bagus nggak melulu langsung bagus, perlu proses bertahap. Kejenuhan juga sebenarnya bisa diatasi. Yuk, semangat blogging.

Bagaimana menurutmu? Yang mana tips blogging atau varian konten yang mau kamu coba? Atau adakah yang menambahkan poin lain?

Share dan subscribe ya jika suka dengan artikel ini dan jika merasa isinya bermanfaat. Terima kasih 😊

Referensi:

https://designaglow.com/blogs/design-aglow/70-terrific-blog-post-topics-for-when-you-have-no-idea-what-to-write

Sunglow Mama Signature

14 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *