dunia blogging
Blogging

Dunia Blog, Dunia Multi Kemampuan

Dunia Blog, Dunia Multi Kemampuan

Dunia blog tidak jauh-jauh dari dunia menulis (writing) karena dasarnya ngeblog adalah menulis. Tetapi keduanya sangat berbeda. Menulis (writing) ya sebatas membuat tulisan berupa artikel atau naskah saja, tidak ada embel-embel lainnya.

Sedangkan ngeblog, tidak sebatas membuat tulisan atau artikel blog, tetapi juga memolesnya agar memberikan daya tarik tersendiri. Misalnya dengan menambahkan foto, infografis, video, dan lain-lain.

Karena itulah saya bilang dunia blog dunia multi kemampuan karena banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang blogger. Lalu apa saja sih kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh seorang blogger selain menulis? Yuk, kita buka satu per satu.

Kemampuan Fotografi

Dulu, beberapa tahun awal memiliki blog, saya hanya menggunakannya sebatas sebagai tempat mencurahkan isi hati. Saya anggap blog sebagai pengganti buku diari. Sehingga isinya hanya tulisan, tulisan dan tulisan.

Begitu muncul kamera digital, mulailah artikel di blog saya selipi dengan foto-foto. Karena toh file foto dari kamera digital tinggal dipindah ke komputer. Hanya saja pada masa itu, foto masih saya tampilkan apa adanya, tanpa editing.

Era kamera digital kemudian diramaikan oleh kamera smartphone. Kali ini semakin praktis karena tak perlu lagi menenteng-nenteng kamera lagi. Cukup menggunakan handphone kita sudah bisa membuat begitu banyak foto.

Kemudian ada begitu banyak aplikasi yang tersedia untuk mengedit foto. Maka foto-foto yang dihasilkan oleh kamera handphone tadi bisa diedit terlebih dahulu sebelum diupload sebagai pelengkap artikel blog.

Jadi, bisa dikatakan bahwa seorang blogger juga ahli fotografi.

Kemampuan Desain Grafis

Tayangan artikel blog sekarang tidak melulu hanya diselipi foto, namun juga diselipi dengan infografis-infografis. Infografis adalah penyampaian informasi (komunikasi) secara visual. Seiring perkembangan zaman, sekarang infografis memiliki peranan penting dalam menyampaikan suatu informasi dengan lebih mudah dan cepat.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pembaca blog itu tidak semuanya mau membaca seluruh kalimat dari awal hingga akhir. Ada kalanya mereka tidak perlu membaca secara keseluruhan setelah beberapa poin ditemukan di dalam infografis.

Gimana cara membuat desain grafis untuk blog? Banyak cara sih. Yang paling populer saat ini adalah menggunakan aplikasi Canva. Ada banyak banget pilihan template yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Namun, jika mengalami kesulitan, bisa juga lho menggunakan PowerPoint. Hihihi… jujur saja, saat saya kesulitan utak-atik di Canva, saya larinya ke PowerPoint. Itu tips sederhana dari saya, supaya Anda tidak minder karena kesulitan bermain dengan Canva.

Selain itu banyak aplikasi lain yang bisa digunakan, misalnya PicsArt, Adobe Photoshop, dan lain-lain. Tinggal pilih saja mana yang lebih praktis dan mudah digunakan.

Kemampuan Videografi

Udah pada tahu ‘kan ya bahwa sebuah artikel blog bisa ditautkan dengan video di YouTube? Begitu pula sebaliknya, video di YouTube bisa ditayangkan di dalam artikel blog. Blog akan menjadi semakin menarik jika diselipi video.

Karakter pengunjung blog itu bermacam-macam. Ada yang senang membaca dari awal hingga akhir. Ada yang membaca sekilas saja mencari poin pentingnya. Ada yang tipe visual sehingga terbantu oleh adanya video di blog tersebut.

Membuat video di era sekarang juga sangat mudah. Cukup menggunakan handphone, kita sudah bisa bikin video. Editing video pun bisa dilakukan menggunakan aplikasi-aplikasi yang bisa diinstall di handphone. Aplikasi tersebut antara lain VivaVideo, InShot, FilmoraGo, Adobe Premiere Clip, KineMaster, dan lain-lain.

Aplikasi-aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk menggabungkan foto-foto menjadi sebuah video yang menarik. Iya, jadi bikin video itu tidak melulu harus melakukan syuting, bisa banget dengan memanfaatkan koleksi foto yang ada.

Jangan lupa untuk melakukan optimasi YouTube, setelah video tayang di YouTube dan ditautkan ke blog agar supaya traffic blog kita meningkat.

Kemampuan Marketing

Setelah artikel blog ditayangkan, yang dibutuhkan oleh seorang blogger adalah traffic atau kunjungan ke artikel tersebut.

Apakah setelah tayang, maka artikel blog akan langsung berada di halaman muda mesin pencari? Belum tentu. Bahkan dengan kata kunci yang sudah ditentukan pun belum tentu langsung menjamin.

Karena itu, seorang blogger seringkali membagi link artikel blognya ke dalam akun social media mereka. Antara lain di Twitter, Facebook, Instagram, Pinterest, dan lain-lain.

Membagikan link artikel blog pun tidak asal menuliskan URL saja, tetapi juga disertai dengan membuat caption. Caption ini dibuat semenarik mungkin agar follower kita mau dan tertarik untuk mengklik link artikel blog tersebut.

Bagi teman-teman blogger yang sudah biasa mendapatkan job menulis sponsored post, hal ini sudah menjadi bagian dari Scope of Work. Karena ini akan mendongkrak traffic atau page view dari artikel tersebut.

Saya pribadi setelah membuat artikel blog akan otomatis membagikannya lewat social media. Karenanya saya masih terus belajar sambil praktek membuat caption yang menarik. Kesimpulannya, sangat perlu belajar optimasi Instagram, optimasi Twitter, dan lain-lain, untuk mendukung blog.

Kemampuan Public Speaking

Dua bulan yang lalu saya mengikuti webinar marathon yang diselenggarakan oleh IIDN dan IM3 Ooredoo. Ada satu materi yang menarik untuk saya, yaitu Public Speaking untuk blogger.

Jujur saja, selama ini saya tidak pernah berpikir bahwa ngeblog itu ada hubungannya dengan public speaking. Tersadar berkat pandemi sih ini kayaknya ya… Mungkin karena pengertian saya sebelumnya adalah public speaking itu ngomong langsung di depan orang saja.

Padahal secara tidak disadari, menulis itu juga bagian dari ngomong dengan orang lain. Hanya saja bentuknya tulisan. Tapi saya percaya bahwa tulisan yang berasal dari hati, akan tersampaikan kepada pembaca.

Mengapa public speaking untuk blogger itu penting? Karena seorang blogger harus bisa menyampaikan pesan kepada pembacanya. Pesan yang dituliskan di dalam artikel blog maupun yang disampaikan melalui media-media sosial milik si blogger.

Seorang blogger yang mendapat job mereview sebuah produk biasanya sudah paham bahwa ia harus bisa menyampaikan kepada pengunjung blog tentang produk tersebut. Karena disini seorang blogger berlaku sebagai perpanjangan tangan dari sebuah brand.

Oleh karena itu penting bagi seorang blogger untuk belajar tentang public speaking.

Kemampuan Berkompetisi

Selama ini banyak sekali lomba-lomba blog yang diselenggarakan baik oleh pemerintah maupun oleh pemilik-pemilik merk tertentu. Ada yang murni lomba konten, ada yang murni lomba SEO, ada juga yang gabungan keduanya.

Saya pernah mengikuti ketiga macam lomba tersebut. Apakah pernah menjadi juara? Kalo menjadi juara 1-2-3 sih belum, tapi menjadi salah satu pemenang sudah pernah.

Bagi saya, mengikuti lomba blog adalah sebagai ajang untuk tes kemampuan saya di dunia blog. Tentu saja sejak awal saya harus siap menerima hasilnya, apakah menjadi pemenang atau cukup menjadi penggembira.

Nah, selain menyajikan konten yang menarik, jangan lupa menggunakan dukungan-dukungan dari berbagai kemampuan yang sudah saya jabarkan tadi. Lengkapi dengan foto, infografis, jika perlu ditambahkan juga video, dan lain-lain.

Penutup

Nah, sesudah dijabarkan jadi kelihatan ‘kan bahwa seorang blogger itu memiliki aneka macam kemampuan? Itu baru enam macam lho yang saya sebutkan. Karena masih banyak lagi kemampuan-kemampuan lain yang dimiliki oleh seorang blogger. Lain kesempatan ya kita bahas lebih lanjut.

***

Biodata Penulis:

Penulis memiliki nama lengkap Wiwin Pratiwanggini (biasa dipanggil Wiwin). Berulang tahun setiap tanggal 18 Juni dan tinggal di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berprofesi sebagai fulltime working mom dan freelance blogger. Sejak kecil memiliki hobi membaca buku dan menulis. Semenjak tahun 2007 Wiwin aktif menuangkan hobi menulisnya melalui blog pribadi yang beralamatkan di https://pratiwanggini.net.

10 Comments

  • Sabda Awal

    ada 1 lagi yaitu kemampuan coding mbak, kadang2 kita dipaksanakan untuk mengubah tampilan di beberapa bagian. paling ga tau dasar2nya sedikit tentang html dan css.

    • Wiwin | Pratiwanggini.Net

      Iya benar, blogger juga sebaiknya memiliki kemampuan tentang coding. Meskipun sebenarnya kalo benar-benar ga bisa, sah-sah saja diserahkan kepada ahlinya. By the way, yang saya share ini baru 5 macam kemampuan basic. Kemampuan blogger yang lain masih banyak, termasuk kemampuan analisis 🙂

  • Erin

    Kebutuhan blog saat ini memang tidak terbatas hanya pada tulisan saja. Tetapi bisa digabungkan juga dengan foto, grafis dan lainnya. Nah, untuk itulah kita butuh kemampuan di bidang lain seperti fotografi dan desain. Setidaknya kita bisa paham teknik dasarnya dulu ya, Mba.

  • Ella Fitria

    nah ya sepakat banget mbak, kalau blogger memang harus menguasai berbagai skill, ya meski nggak jago2 amat, senggaknya terus upgrade skill biar bisa menyajikan konten2 yang enak dibaca dan menarik 😀 aku juga masih belajar desain grafis, fotografi, dan videografis. eheehe. Yuk ah semangat berkarya 😀

  • Fenni Bungsu

    Kalau dipikirkan memang bener ya, seorang blogger ternyata multitalenta. Makanya skill mumpuni harus dimiliki seorang blogger

  • Yustrini

    Setuju, blogger bukan cuma menulis aja tapi harus diperlengkapi dengan kemampuan di atas tadi. Biar makin mantap blognya

  • Diah Alsa

    Ngeblog saat ini memang harus multi talent, harus bisa motret ngedit, rajin share ke medsos jug, ini juga bagian dari personal branding sih ya, biar orang taunya kita tu sebagai apa.
    Tapi paling KZL sebenarnya kalau pas share ke medsos (apalagi FB) terus ada yg komen bilang endorse lah, atau apalah apalah, hmm.. hihihih.

  • Sarieffe

    Padahal pakai power point itu bisa keren banget mba apalagi kalau kita bikin story yang nantinya bisa dianimasikan..
    Dan ternyata iya ya sampai aku gak sadar kalau ternyata public speaking itu mirip menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *