Naik-Turun Emosi di Januari dan Kenapa Balik Ngeblog

Tenggelam sambil tetap hidup

Emosi saya di bulan Januari 2021 ternyata bagai naik mobil di daerah puncak saat mendung. Dimulai pasrah karena sedang diuji ke-Tawakalan-nya, diisi naik-turun perjalanan emosi dan berakhir happy habis nonton episode final My Lecturer, My Husband. Lho? Hehehe

Ternyata di awal tahun saya sudah banyak ‘ditampar’ bolak-balik tentang menjadi Ibu dan blogger. Aduh, ada apa sih?

In dan Out Kelas Blogging Incaran

Saya beberapa kali sharing kenapa saya ngeblog dan salah satunya karena ingin mencari pendapatan. Keinginan itu mengantarkan saya ke kelas incaran para blogger yang dibuka bulan Januari 2021. Nggak cuma blogger newbie, blogger senior saja apply masuk kelas ini.

Waktu awal daftar excited, lalu lupa kenapa saya mau ikutan karena kesibukan dan lalu waktu saya dichat Whatsapp diterima, saya sebenarnya tidak menyangka. Tentunya berharap bisa masuk, tapi kalau tidak diterima ya sudah. Lho, tahunya diterima. Ekspektasi jadi semakin tinggi.

Namun tentu saja ikut kelas yang materinya terbilang padat ini memang penuh tantangan dalam hal membagi waktu dan energi. Saya tidak benar-benar ‘diikhlaskan’ ikut kelas ini dan akhirnya ‘terpental’ juga, paaas banget sebelum mau masuk materi incaran saya.

Aw, aw, pedih rasanya. Tapi saya sadar, yang bikin sakit sebenarnya adalah harapan-harapan saya sendiri. Juga, sebaiknya kalau mau ikut kelas high demand begini, kudu dan wajib di-sounding ke orang-orang yang membutuhkan kita sehari-hari (baca: keluarga).

Mengambil Waktu Untuk Rehat

Karena ekspektasi tinggi, back-to-reality-nya bagai terjatuh dari tangga. Habis jatuh tentu rasanya sakit. Lalu menganalisa kenapa bisa jatuh. Kesal karena ingin ‘di atas’ tapi malah ada di bawah lagi. Rasanya apa-apa yang diusahakan seolah tidak dapat apa-apa.

Saya seolah ditegur karena point-of-view saya yang mungkin terlalu berambisi. ‘Rejeki kan sudah diatur. Tak usahlah terlalu gimana.’

Kata Mas Arya, “Kamu harus punya prioritas.” Pas banget ini lagi menatap laptop

Karena hal ini saya sempat mikir mau stop blogging. Apalagi saya enjoy juga buat konten video, hal baru yang baru saya coba. Apa sebaiknya saya berhenti ngeblog aja? Saat itu mau nulis rasanya enggan sekali.

Saya pernah menulis soal tips blogging seru dan kreatif, bahwa kalau sedang tidak ingin blogging mungkin kita terlalu menghabiskan banyak waktu melakukan aktivitas itu. Jadi saya mengambil waktu untuk tidak memikirkan menulis di blog.

Alhamdulillah, saya ada artikel berbentuk draf yang tinggal di-finishing saja. Saya juga berusaha mencari tahu dan memurnikan alasan saya ngeblog. Seorang pengunjung di blog ini pun pernah menyarankan agar saya menulis hal yang membuat saya bahagia.

Why not? Sepertinya memang sekarang saatnya.

Kembali Blogging Karena Ini dan Itu

Saya sadar, kini saya blogging karena saya membutuhkan project pribadi agar tidak jenuh di rumah. Mungkin saya memang kebawa serius, ya karena blogging jadi escape time dari kehidupan sehari-hari.

Bukannya saya tak bersyukur dengan kehidupan saya sekarang, cuma kegiatan yang dilakukan terus-menerus tentu membutuhkan refreshing otak. Sementara keluar rumah sekarang terbilang beresiko.

Akhirnya saya kembali blogging karena hal-hal ini:

  • Blogging tetap menjadi ruang saya mengungkapkan pikiran. Dulu sekali saya pernah baca di blog orang bahwa seorang ibu dan istri memang baik menulis di blog karena ia punya space untuk menuangkan pikirannya, setelah dalam keseharian mengurus keluarga. Ya, seperti itulah kira-kira gambaran kenapa saya ngeblog. Agar pikiran saya bisa dituangkan dalam bentuk tulisan.
  • Menyelesaikan Job. Alhamdulillah, bulan Januari 2021 saya terlibat sebuah kampanye produk yang kini masih menunggu produksinya
Februari mengawali tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog
  • Komunitas Mamah Gajah Ngeblog. Januari 2021 juga mengawali komunitas blogger ibu-ibu alumni yang juga anggota grup ITB Motherhood. Yang awalnya saya cuma cari grup agar memperluas pertemanan dalam dunia blog, ternyata belum pernah ada di ITB Motherhood. Jadilah ada komunitas kecil-kecilan ini. Disini saya juga mengajak member yang sudah gabung ikutan tantangan ngeblog per bulan yang dimulai Februari ini.
  • Masih Banyak Yang Ingin di-Share. Baru-baru ini saya baru ngeh kalau hal-hal yang saya tahu dan biasa kerjakan mungkin orang lain nggak tahu atau ingin ketahui. Berbagi adalah salah satu yang buat saya ingin ngeblog. Misalnya ketika menulis pengalaman akademis saya ini, ternyata membantu banyak yang ingin tahu. Ingin lagi bisa menulis sesuatu yang bisa membuat orang terbantu.
  • Membahagiakan Diri Sendiri. Hidup ada aja deh yang buat kita nggak happy. Nah, lebih baik kita meluangkan waktu menulis yang membuat kita bahagia. Kayanya ini deh alasan terpenting. Jadi menulis pun jadi lebih bermakna

Penutup

Begitulah ‘perjalanan’ blogging dan renungan di Januari 2021. Orang bilang, namanya perjalanan tentu tidak selalu mulus. Selalu ada tantangan. Terima kasih sudah menyempatkan diri membaca curcol-an saya ini. Bagaimana dengan bulan Januari anda?

Tulisan ini setoran untuk tantangan bulanan komunitas Mamah Gajah Ngeblog.

sunglow mama signature

Sunglow Mama

Seorang Ibu Rumah Tangga yang suka blogging dan berbagi tentang sisi kreatifnya. E-mail saya ke missdeenar@gmail.com untuk kerjasama

This Post Has 42 Comments

  1. Risna

    Aku juga ngeblog buat diri sendiri dulu, untuk berbagi bahagia juga. dengan adanya komunitas, biasanya sih semangat makin tinggi.

  2. eh aku salut loh kalau orang ngeblog tuh bisa telaten menyelipkan link artikel lainnya. Aku sampai sekarang belum praktek gitu 😀
    Soalnya suka spontan nulisnya, kecuali blog job.
    Btw. aku dah tidak menerima job blog itu terhitung sejak sekitar 2018 kali ya… pokoknya lumayan lama banget karena kewalahan dengan prosedurnya blogger yang nerima job itu, terutama yang rombongan adalah:
    1. harus datang ke even (ini dah mundur sejak dulu kalaa)
    2. masuk grup Wa,
    3. aturan dari klien
    4. rame di grup wa lagi
    5. rame kirim link
    6. rame tagih menagih invoice
    atau sindir sindiran jika invoice ga cair (blom ngalami sih, karena pilih2 job, jadi yg tampak kurang jelas, mundur dari awal)

    Dan itu effort gede banget.

    Maka kucoba bikin haluan baru. Yaitu blog untuk mempromosikan DIRI ku sendiri, BISNIS ku sendiri, pokoknya hasilku sendiri gitu lah.

    Dan alhamdulillah berjalan dengan baik.
    Sebenarnya ngeblog dan bisa dpt income dari blog itu banyak cara

    ga harus monetize dgn google ads , SEO canggih, traffic tinggi.

    Bisa saja blog sebagai etalase, portfolio, untuk skill kita pribadi.

    Emang jodoh2an. Yang cocok sbg blogger event, blogger SEO, dll akan melaju pesat juga di situ. Saya amati teman2, ada yang berhasil..

    Sebaliknya, saya yang memilih tidak begitu, bisa juga ternyata.

    Yang penting sepertinya kekuatan KUALITAS SKILL, PERSONAL BRANDING dan KONSISTENSI. Ini butuh effort yang sangat besar, waktu yang lama namun ketika sudah sampai di titik tujuan, berdirinya bisa lama. Dan ga gampang goyah.

    Ini napa panjang amat ya komentarku? 😀

    Anyway makasih dah inisiasi Mamah Gajah Ngeblog. Asal rutin, nanti bisa mengalir dengan baik. Santai saja. Sedikit demi sedikit. Yang ringan. Dan pasti harus nambahin jadi bahagia.

    1. Sunglow Mama

      Masya Allah, ternyata Mba Heni pengalamannya lumayan juga ya. Aku sih belum sampai ke event khusus, pernah sih diundang tapi untuk nonton film dan review aja. Betul, sebenarnya bisa sih mencari sendiri tanpa harus yang ‘standard’ itu. betul, harus rutin personal brandingnya.

      Sama-sama Mba Heni, semoga bisa mewadahi ibu-ibu alumni ya.

      Makasih mba tipsnya

  3. Nurul Nanda

    Amazing teh. Nyimakk blognya teteh. Nuhun juga ya udh ngajakin saya gabung Mamah Gajah Ngeblog. Jd bs bacain satu2 pengalaman para senior di bidang blogging. Pingin juga dapat penghasilan dr ngeblog. Selama ini blog cm jd tempat curhat ajaa hihihihi.

    1. Sunglow Mama

      Sama-sama teh Nurul. Aamin, semoga bisa juga ya menyusul. Semoga bisa terus menulis di blog ya

    2. Laras

      Ih sama banget ini teh, aku juga jadi amazed baca pengalaman teteh-teteh di mamah gajah ngeblog. Btw salam kenaaal teteh teteh sekalian 🙂

  4. Meita Sekar Hapsari

    Andinnn… Kalo aku alasan ngeblog simpel banget. Cuma buat nuangin isi kepala yang gak mungkin kalau aku keluarin di sosmed. Mungkin karena itu ya blog aku bolak-balik mati suri.

    Nah, ini mau coba aktif ngeblog lagi karena liat postingan kamu di fbg ITBMH soal tantangan ngeblog. Alasan kali ini juga simpel, biar keterampilan menulisku gak hilang. You know lah, ibu-ibu kalo udah berkutat dengan urusan rumah gimana, kadang jadi kayak ga ada waktu buat ngerjain hal lain. Eh, ada sih kalo aku kan jahit ya. Cuma ya aku ngerasa emang akhir-akhir ini aku jadi suka susah ngeluarin isi kepala dalam bentuk tulisan. Padahal isi kepala teh penuh. Makanya aku berharap dengan adanya tantangan ini aku lebih termotivasi buat rutin nulis lagi.

    1. Sunglow Mama

      nah bener ini, ada tantangan ngeblog biar ibu2 nggak lupa sama hobby menulisnya. aamiin, semoga lebih termotivasi menulis

  5. wiedy yang essa

    kereeen bgt teteh, insight nya memang bener (katanya) kita harus ikthiar dulu baru ikhlas, seperti siti hajar yg bolak balik safa marwah tp ternyata apa yg dicita-citakannya gak jauh dr tempat duduk anaknya, Ismail. Inshaa alloh, tiada usaha yg mengkhianati hasil, semangat!! Salam kenal 🙂

    1. Sunglow Mama

      masya Allah, iya ya seperti siti hajar. Betul, dari pasrah akhirnya semangatnya ada lagi. salam kenal juga maaf baru balas ya

  6. Heidy

    MasyaAllah .. saya yg ngeblog cuma untuk ngosongin kepala jadi banyak melongonya nih .. hehe. Ternyata ngeblog itu bisa jauh lebih dari sekadar nulis ya. Jadi semangat nambah ilmu lagi nih. Nuhun pisan udah bikin grup Mamah Gajah Ngeblog yaa

    1. Sunglow Mama

      ya teh, tentu bisa lebih jauh teh. Banyak yang buat blog buat branding dan juga diduitin. semua kembali ke personal sih. sama-sama teh, semoga memotivasi ya

  7. Furry

    Setuju teh sama poin-poin di atas, ternyata kurang lebih memang seperti itu ya alasan dibalik ngeblog, terutama bagian “blogging tetap menjadi ruang saya mengungkapkan pikiran”, couldn’t agree more! hehe

  8. Gesti Saraswati

    Salam kenal, teh. Saya harus banyak berguru gimana caranya bikin tulisan yang mengalir dan enak dibaca kayak tulisan teteh hehe. Makasih banget udah bikin Mamah Gajah Ngeblog, saya jadi ngerasa terhubung sama apa yang saya butuhkan.

    1. Sunglow Mama

      Sama-sama teh Gesti. Selamat ya sudah menang tantangan paling pertama! Aduh, mengalir Alhamdulillah sih mungkin karena artikel ini saya ngga gitu banyak beban. menulis aja …

  9. alfi

    Terima kasih sudah memprakarsai dan mengorganisir wag Mamah Gajah Ngeblog. Plus bagi2 ilmunya, tentunya…

    1. Sunglow Mama

      Sama-sama bu Alfi. Insya Allah mau ngebagi ilmu lagi

  10. Restu Eka Pratiwi

    Salam kenal teh, saya Restu TI04. Saya juga nulis utamanya untuk kebahagiaan diri sendiri. Karena setelah jadi isteri dan ibu memang suka lupa yaa sama diri sendiri. Makasih ya teh sudah inisiasi mamahgajahngeblog. Semoga bisa terus menginspirasi dan menyemangati untuk terus menulis .

    1. Sunglow Mama

      Salam kenal juga teh, maaf baru balesin. Sok sibuk ya kita. Betul, setelah jadi Ibu jadi suka lupa hobby. Sama-sama, semoga bermanfaat ya. Aamiin

  11. Dini

    Salam kenal teh, Dini (Mamah Gajah Ngeblog). Makasih udah bikin tret dan wag MGN ya. Baca tulisan ini bikin saya merasa perlu banyak belajar lagi di dunia blogging. Waw sungguh saya merasa sudah ketinggalan jaman tentang dunia blog ini

    1. Sunglow Mama

      sama-sama dan salam kenal juga. yuk belajar bareng-bareng teh

  12. Teteh salam kenal, terima kasih sudah inisiasi grup Mamah Gajah Ngeblog. Banyak banget yang bisa aku pelajari dari baca satu post ini doang. Kalau udah banyak nulis di blog ternyata malah ada masa jenuh dan downnya juga ya Teh, berarti aku harus mempersiapkan diri untuk bisa embracing the lows of blogging :”
    Semangat terus Teteh dan terus menginsipirasi~

    1. Sunglow Mama

      betul namanya juga aktivitas, ya kadang ada jenuhnya juga. Alhamdulillah jika banyak hikmahnya. Sama-sama ya teh, semoga MGN bermanfaat buat semua

  13. Salam kenal tehhh, saya Yuli SI08. Keren banget teh blognya, tulisannya, blogger idaman. Makasih udah menginisiasi Mamah Gajah Ngeblog. Semoga selalu menginspirasi 🙂

    1. Sunglow Mama

      Ya Allah, aamiin blogger idaman-nya 🙂 Sama-sama teh, semoga maju bersama ya kita di MGN

  14. Rini Inggriani

    Teteeeh… Kok sama yaa pengalaman mengawali Januari 2021nyaa… Sampai saya mikir, saya bener2 harus rehat dulu ini… Eh trus diajakin teteh buat ikut Mamah Gajah Ngeblog… Seneng banget… Nuhun ya teeh…..

    1. Sunglow Mama

      Alhamdulillah teh, saya pun takjub baca artikel teteh-teteh, kok bisa samaan pada mau menulis balik lagi. semua izin Allah juga

  15. Rochma

    Saya tertarik tentang menulis blog yang menjadi mata pencaharian.
    Saya masih perlu banyak belajar tentang blog dan menjadi blogger.
    Semoga bisa saling memberi ilmu ya..

  16. wulan yustia

    Hai, teteh,,salam kenal.tulisannya keren, terstruktur sekali dan ga bikin yg baca bosen atau skip2,hehe..semangat teh!

  17. linda

    Halo teh, salam kenal. Tujuan saya ngeblog juga mirip2 sama teteh. Tapi begitu rasanya jadi beban, saya mundur dulu, baru maju nulis lagi, walaupun seringnya kelamaan gak nge post, hehehe

  18. ayu

    Waduh sungkem dulu ah.. Senior blogger yang blognya rapi dan keren banget ini ya, ga heran kalau bisa dijadikan mata pencaharian. Salut…. Salam kenal ya teh, saya Ayu GD 04 :).

  19. Cindra

    Teteh yaampun saya mah kagum sama blognya..kudu banyak jalan2 inih. Makasih yaa Teh udah buat tantangan ini dan koordinir grupnya

  20. Yuniar

    Akhirnya nyampe juga ke blog teteh founder MGN. Suka cara menulis teteh dalam menyampaikan informasi, jadi pengin lanjut baca postingan lama.

  21. Ranti

    Aku bisa relate banget mba. Ngeblog juga jadi ambisius jadi waktu jatuh rasanya pedih. Ekspek tinggi2 tapi balik ke bawah lagi akhirnya. Keren banget mba udah berhasil bangkit lagi terus langsung menginisiasi Mamah Gajah Ngeblog. Ini jadi jalan network dan wadah sharing super faedah buat aku. Makasih banyak ya dah ajak-ajak

  22. Tipsbudy

    Gimana yaa kalau saya ngeblog. Cuma buat menumpahkan semua yang ada di dalam kepala saya wkwkwk mau di baca atau engga , gamasalah yang penting ada hobi yang tersalurkan

  23. Dika

    Setuju sama poin-poin diatas teh.. terlebih lagi jika kita menulis karena kita bahagia dan kita bahagia karena ternyata tulisan kita berkesan untuk pembaca.. terima kasih sudah menginspirasi ya teh..

  24. Lenny Martini

    Terimakasih banyak sudah ngadmin kami, mamah-mamah yang baru mulai mau rajin ngeblog juga. Maafkan kita malahan yang banyak request dan jadinya Mba Andin nya yang harus ikhtiar juga untuk memuaskan kami-kami.. hihihi.. semoga ikhlas yaa..
    Makasih tulisannya memotivasi saya dan pastinya teman2 yang lain jugaa.

  25. Echa Adista

    Salam kenal teh, sy Echa pL06, baru sempat blogwalking. Hehe.. Sebelumnya makasih ya teh sdh menginisiasi terbentuknya grup ini, lumayan bisa memfasilitasi para emak-emak yang sebenernya suka nulis tapi banyak hambatan ini itu. Mudah2an grup ini berjalan terus, dan teman2 member bisa dapat motivasi dan ilmu baru untuk menulis lebih banyak dan lebih baik.

  26. Riska

    Salam kenal teteh, blognya sudah baguus banget teteh…tampilan blog, nama serta isi postingnannya sudah cantik, semangat nerusinnya teteeh

Leave a Reply