Mamah Gajah Ngeblog, Komunitas Ibu Alumni ITB Hobby Blogging

subgrup blogging itb mh mamah gajah ngeblog

Tidak terasa, sudah 15 tahun sejak saya melepas status mahasiswa kampus Gajah.

Tidak mudah memang masuk salah satu kampus tertua di tanah air itu. Dan untuk lulus pun, tidak bisa dibilang gampang juga.

Kini, saya sudah jadi alumni dan salah satu yang buat saya teringat ke-alumni-an saya adalah karena bergabung dengan ITB Motherhood.

Bergabung ITB Motherhood

Selang 15 tahun lulus, saya saja masih suka lupa kalau saya pernah kuliah di kampus ganesha. Mungkin karena udah tuwir sudah begitu lama sejak saya lulus, kerja lalu fokus ke mengurus rumah tangga dan anak.

Kalau tidak salah, ketika saya sudah bekerja saya lalu disarankan teman seangkatan untuk bergabung dengan grup ITB Motherhood. Grup ini dikhususkan untuk ibu-ibu alumni ITB sebagai media berbagi dan belajar.

A place where all ITB mothers or mothers-to-be share everything about motherhood, intelligently.
Untuk Tuhan, Bangsa, dan Keluarga! Merdeka!!

Tentang ITB Motherhood

Untuk mendaftar, harus sebut Nomor Induk Mahasiswa kita. Iya, ternyata keanggotaan tidak akan sah tanpa kesesuaian kita dengan NIM.

Saat masuk ke facebook groupnya, saya lebih banyak menjadi pengamat. Dalam hati, “Saya belum ibu-ibu, ko.” (Waktu itu, lho) Jadi belum merasa terhubung dengan komunitas ini.

Kemudian saya menikah dan bekerja dari rumah. Selang beberapa tahun kemudian, saya lalu memutuskan untuk menjadi marketer. Alhamdulillah, customer saya banyak dari teteh-teteh dari grup ITB Motherhood.

Saya sangat terbantu dengan event market day-nya yang diadakan setiap Sabtu dan Minggu. Dan Alhamdulillah juga, rasanya pelanggan-pelanggan paling baik yang pernah berinteraksi dengan saya ya dari ibu-ibu di grup ini.

Awal Berdirinya Mamah Gajah Ngeblog

Saat saya nyemplung blogging, sudah tidak begitu mengintip grup ITB Motherhood kecuali untuk menjual barang second atau preloved.

Kadang membaca status teteh-teteh yang lain, membantu jika bisa. Tergiur baca-baca resep-resep masakan yang dibagikan tiap #RabuMasak. Atau, sesekali ingin tahu dan baca soal grup homeschooling-nya.

Jadi, grup ITB Motherhood ini besar dan banyak banget anggotanya. Terakhir saya intip yang terdaftar ada sekitar empat ribuan member. Saking banyaknya, ada subgrup-subgrup lagi di dalamnya. You name it, kayanya hampir semua ada. Dari per hobby hingga per domisili.

Dan saya…. tidak tergabung subgrupnya sama sekali, karena memang tidak merasa ada hobby yang menonjol sebelumnya.

Hingga suatu saat saya iseng bertanya di status soal informasi subgrup-subgrup, “Adakah ibu-ibu ITBMH yang suka blogging? Bole ngumpul di WA yuk.”

Nggak ada maksud apa-apa. Cuma ingin berkumpul atau join komunitasnya jika ada, menambah pertemanan dan kenalan, walau cuma di dunia maya.

Ternyata belum ada subgrup khusus blogging di ITB Motherhood.

Setelah saya bertanya di kolom komentar tadi, beberapa anggota lain bilang mau ikutan kalau ada. Diantaranya Mba Reytia menyarankan untuk dibuatkan saja Whatsapp group-nya. Akhirnya Whatsapp Group-nya dibuat.

Perjalanan blogging sunglow mama

Tantangan Blogging Bulanan

Setelah beberapa lama dibuat grupnya, saya (yang merasa menginisasi) berpikir mau ada kegiatan apa ya? Karena grup WA masih kurang rame menurut saya. Saya pikir tidak ada yang lebih baik daripada kegiatannya ya blogging itu sendiri.

Melalui pengamatan saya banyak ibu-ibu alumni yang baru-baru mulai blogging ini justru kesulitan mencari waktu untuk ngeblog. Jadi saya pikir memulai tantangan blogging bulanan dulu. Nggak ngos-ngosan dulu ya kaya One Day One Post. Takutnya jadi memberatkan dan malah mental keluar yang ingin jadi anggota.

Ide temanya dari anggota-anggota awal yang bergabung dan juga dari saya. Ini dia kumpulan tema tantangan per bulannya:

List Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog 2021

Februari : Alasan Kembali Ngeblog
Maret: Budayakan Hidup Tanpa Bajakan/Legal
April : Review/Resensi Film
Mei: Cerita Komedi true story
Juni: Mengapa memilih kuliah di jurusan masing-masing
Juli: Resep Masakan Andalan
Agustus: Komunitas yang bikin aku bahagia
September: Cerita kegiatan #dirumahaja
Oktober: Pengalaman/pelajaran berharga dari masa kuliah
November: Review/resensi buku
Desember: Lesson learned 2021 dan motto 2022
Januari: Nulis blog pakai bahasa Inggris

Mengajak Ibu-Ibu Member jadi Mamah Gajah Ngeblog

Akhirnya grup Whatsapp-nya dibuat. Member-nya sekitar duapuluh orang-an, dibantu teteh Risna yang juga jadi admin grup. Saat saya putuskan ada kegiatan tantangan blogging, rasanya ingin juga mengajak ibu-ibu alumni lain yang mungkin mau ikutan juga.

Di luar dugaan saya kalau ajakan saya sepi disambut, ternyata banyak juga yang ingin ikutan.

Inbox message Facebook saya banyak yang bilang berminat masuk WAG-nya. Alhamdulillah, semakin banyak yang meramaikan grup MGN. Dari cuma belasan, dua puluhan, sekarang ada empat kali lipatnya dari yang telah mengisi formulir membership.

Yang saya nggak duga, ternyata yang sudah bergabung anggotanya bercampur dari berbagai umur hingga pengalaman.

Ada yang dari angkatan 1989 hingga 2010an. Dari yang sudah senior hingga yang masih baru mau coba blogging. Dari yang di dalam negri hingga di luar negri. Jadi amazed sendiri. Semoga grup ini bisa jalan seterusnya.

Syarat Menjadi Anggota

Kamu ingin jadi anggota? Pastikan dirimu:

  • Anggota ITB Motherhood
  • ..Otomatis kamu ibu-ibu alumni dari kampus ITB
  • Ingat NIM kamu untuk isi form keanggotaan
  • Suka blogging, bebas baru mulai atau sudah suka dari lama
  • Mengisi formulir keanggotaan
  • Ikutan event Mamah Gajah Ngeblog

Kamu sudah jadi anggota? Ayo usulkan kegiatan Mamah Gajah Ngeblog ke depan. Bagaimana pendapatmu? Yuk share disini.

sunglow mama signature

Sunglow Mama

Seorang Ibu Rumah Tangga yang suka blogging dan berbagi tentang sisi kreatifnya. E-mail saya ke missdeenar@gmail.com untuk kerjasama

This Post Has 7 Comments

  1. Risna

    saya termasuk yang sering lupa alumni gajah hahaha. FBG nya juga jarang diintip.kecuali jaman punya newborn hehehe. Tapi untungnya pas iseng aja ngintip lagi dan ketemu ada yang bikin subgrup ngeblog ini. makasih mbak udah menginisiasi grup mamah gajah ngeblog, kita berbagi melalui tulisan

  2. Thessa

    Udaah jadii anggotaaaa Walau blm tau bakal bs ikut semua tantangan atau ga. Hehehe.. Soalny aku suka bingung klo nulis pake tema tertentu gt. Apalagi klo susah nyambungin sama niche blog Tp seneng bs gabung n ketemu para blogger2 kece lain. Makasi ya teh udah bikin grup ini. Bertambah lg grup itbmh saya. Selama ini grup Asix, Jaktangsel, Magata, dan ini deehh

  3. Rochma

    Ah bener ya.. ternyata saya angkatan tertua… Tapi akan selalu merasa muda kalau kumpul sama kalian semua hahaha.
    Di FBG ITBmh, ada yang seangkatan saya pun tertarik untuk gabung sebenarnya, tapi mungkin sibuk, sebab dia pun kerja sebagai apoteker.
    Semoga dengan komunitas ngeblog ini, kita sama-sama makin rajin ngeblog ya..

  4. Vidya

    Laff. Saya sampai lupa punya blog, blog yg baru. Karna yg lama sudah migrasi. Udah lama ga ngeblog, gara2 ajakan teh Risna, jd baca2 tulisan2 yg dulu2, jadi cekikikan sendiri. Hiburan banget ternyata. Yuk nulis lagi…

  5. Rijo

    Hai, teh andin.. makasih ya udh diajak gabung ke grup ini. Jadi nambah teman, senior dan junior dari kampus gajah. Sukses selalu dengan blognya

  6. Makasih Andina sudah menginisiasi WAG Mamah Gajah Ngeblog. Jadi bisa ngumpul di sini nih kita. Selama ini tersebar-sebar dalam berbagai komunitas, nggak tahu kalau sebenarnya satu almamater.

  7. Nurul Nanda

    Nuhun Teteeeh udh diajakin gabung. Smg bs istiqomah nulis dan bs saling sharing dan dpt inspirasi dr tth2 master blogging semua

Leave a Reply