Ngomongin Revu, Marketplace Influencer dan Blogger Yang Berkualitas – Tidak terasa, blog ini sudah berjalan nyaris 2 tahun. Kalau melihat kembali ke belakang, salah satu motivasi saya ngeblog di sini adalah demi mendapatkan pemasukan juga. Jadinya, sejak awal saya determined menulis tulisan yang secara kualitas baik demi mengejar goal itu.
Ada yang bilang, blogging adalah investasi. Maka butuh waktu juga agar blog berkembang, memiliki banyak tulisan berkualitas dan banyak pengunjung. Sejak awal memang kita sebagai blogger harus menjaga kualitas blognya 🙂
Dulu waktu blog masih ‘bayi’, Alhamdulillah saya sudah ada tekad kuat. Karena ke-PD-an saya juga, saya beranikan apply job di sebuah marketplace walau blog masih berumur 3 bulan. Kalau dipikir-pikir, 3 bulan itu bayiiii banget ya dilihat dari umur website. Waktu mencoba ikut kampanye juga saya harap-harap mau terpilih.
Hasilnya? Alhamdulillah, diterima! Saya dapat job blog dalam kurun waktu sesingkat itu, tentunya dari izin Yang Maha Kuasa.
Mungkin ada yang mau tahu, marketplace mana yang menerima blog saya? Marketplace itu adalah Revu Indonesia. Revu adalah salah satu marketplace penghubung brand dengan konten kreator dan influencer. Jadi jika brand membutuhkan influencer dan pembuat konten untuk mempromosikan dan mengulas produk mereka, Revu adalah penghubungnya ke brand dan konten kreator.
Nah, apakah kamu influencer di social media, blog atau Youtuber yang butuh pemasukan, kamu bisa jadi Revurian juga seperti saya. Caranya nanti aku jelaskan di bawah ya.
Mengapa Revu
Mungkin kamu yang membaca tulisan ini adalah seorang pembuat konten atau blogger yang ingin cari pemasukan. Kamu sedang berpikir, kenapa aku harus gabung dengan Revu atau membaca tulisan tentang Revu ini? Without ribet-ribet, saya bisa tuliskan disini beberapa alasannya:
- Kamu butuh cara mendapatkan pemasukan yang tidak susah atau berliku
- Kamu butuh marketplace atau platform influencer yang bisa dipercaya
- Kamu mau di-endorse produk-produk yang berkualitas baik
- Kamu mau jadi paid reviwer atau mau dibayar untuk menulis review produk yang bagus
Semua poin ini boleh dibilang bisa didapat di Revu. At least, dari semua kampanye yang saya coba dan dapatkan di Revu, saya mendapatkan poin-poin ini.
Lagipula, Revu memiliki aplikasi sendiri yang mobile-friendly. Aplikasi Revu memiliki tampilan yang nggak jauh beda dari website, berwarna dominasi putih dan aksen keunguan. Influencer bisa mencari dan mengurus kampanye jadi lebih mudah, tinggal buka dari handphone.
Cara Menjadi Revurian
Untuk menjadi Revurian, alias influencer dan konten kreator Revu, tidak susah kok. Cukup membuka website-nya dan mendaftar atau registrasi. Sebelum lebih lanjut mendaftar, pastikan e-mail kamu sudah terverifikasi.
Setelah mendaftar, cukup isi kolom data selengkapnya. Dari nama dan alamat, juga tak lupa menghubungkan akun-akun social media-mu. Data lengkap ini memungkinkan kamu lebih mudah terpilih dibanding yang lainnya. Setelah semua terhubung dan data telah terisi, maka kamu sudah bisa mencari kampanye di bagian campaign baru.
Biasanya kampanye dari Revu sudah tersedia dalam kurun waktu sebulan ke depan. Di halaman kampanye, telah terpampang jelas jadwal kampanye; dari pemilihan konten kreator, jadwal mengirimkan draf hingga jadwal posting. Jadi timeline jadwal sudah terbaca.
Ketika sudah terpilih dalam kampanye, Revu akan mengabarkan dari e-mail, aplikasi maupun contact person melalui Whatsapp. Dalam kurun waktu 3-4 hari sebelum deadline kampanye, kitapun akan mendapatkan notifikasi e-mail juga dari aplikasi Revu untuk segera menyelesaikan draf tulisan.
Revu Menurut Saya
Menyambung cerita saya apply ke Revu di awal artikel ini, saya cukup antusias dengan kampanye yang saya dapat waktu itu. Kampanye yang saya apply selalu kampanye untuk blog, karena memang ingin menjagokan blog ini. Bagi saya kepercayaan Revu ke blog ini dan saya sangat berharga di periode saya baru mulai ngeblog, yang untuk memulai blog dengan domain sendiri saja tergolong nekat.
Selang beberapa bulan kemudian, saya juga dapat beberapa kampanye dari Revu. Bahkan pernah mendapat produknya yang hingga kini jadi barang memorable di rumah. Pokoknya, semua kampanye dari Revu yang saya pernah coba itu sangat membantu perkembangan saya sebagai blogger.
Pilihan brand yang bekerjasama dengan Revu menurut saya berbeda dengan marketplace lain, karena cenderung bekerjasama dengan brand dari Asia. Jadi cakupannya lebih internasional. Karena dengan ada perbedaan ini, blog saya jadi terlihat berbau internasyenel juga, hihihi. Alhamdulillah, pilihan kampanye yang saya dapat kebetulan berbau teknologi, niche yang saya akui agak beda dan susah di kalangan per-blog-an dan sudah tentu berkualitas.
Menurut saya, notifikasi dari Revu perihal ada kampanye baru, terpilih dalam kampanye hingga notifikasi deadline kampanye seperti ini sangatlah terorganisir. Meskipun terlihat ‘tidak seberapa’, tapi notifikasi ini terlihat profesional dan membantu influencer yang kadang butuh reminder seperti saya.
Kini Revu sudah ada notifikasi juga jika ada kampanye-kampanye baru, sehingga kita yang sudah berlangganan e-mail dan memasang aplikasi akan menerima pemberitahuan. Sekarang sedang ada banyak kampanye, lho. Mungkin bisa dicoba sendiri gabung jadi Revurian dan coba apply ke kampanye-kampanye Revu Indonesia ini.
Penutup
Sekian platform recommendation dari saya ini mengenai Revu. Semoga membantu para influencer dan konten kreator yang butuh tahu rekomendasi marketplace oke. Bagaimana pendapatmu mengenai Revu? Sudah pernah coba atau belum?
Pernah denger namanya dari temen2 blogger yg memang sudah memaksinalkan blognya untuk menghasilkan uang. Aku sendiri blm pernah coba, Krn memang belum ada niatan untuk monetisasi blogku mba. Pengen tetep organik dan bener2 review pribadi dari pengalamanku sendiri.
Tapi seneng kalo mendengar semakin banyak platform yg menghubungkan blogger dan content creator dengan clients. Artinya perekonomian sudah semakin bergerak Krn butuh para influencer tersebut untuk mempromosikan usaha mereka. . Perekonomian bergerak Bisnis dan investasiku juga bisa lancar
aku punya akun revu malah belum dimaksimalkan, padahal sering dapet e-letternya.
langsung keinget sama marketplace ini untuk dibuka sering-sering juga
Mungkin sekarang waktunya cobain ikutan, mbak 🙂