belajar online 2020
Kelas Online,  Pengalaman

Belajar Online 2020: ER di Instagram, Food Photography dan Digital Financing

Belajar Online 2020: ER di Instagram, Food Photography dan Digital Financing. Senang rasanya telah share ikutan kelas foto di bulan Juli 2020 lalu. Karena begitu banyak kelas dan webinar bertebaran, ingin rasanya terus mendata dan menulis ilmu yang sudah diikuti di blog ini, agar nggak lupa kalau pernah ikutan. Nah, kelas apa aja sih yang telah saya ikuti di bulan Agustus?

Bulan lalu nggak ikutan kelas berbayar yah, cukup ikutan live instagram dan kulwap gratisan aja. Alhamdulillah, senang-senang aja. Ilmunya menyegarkan dan menambah makan otak. Apa aja yang sempat saya ikuti? Yuk ah disimak dibawah ini:

Strategi Membuat Konten Untuk Meningkatkan Engagement Instagram – Connecting Mama

Sebagai blogger yang mencari traffic di sosmed, kayanya sulit melewatkan kelas gratis buat menambah engagement dari Connecting Mama ini. Kebetulan mau nulis soal membuat instagram quiz pakai Canva juga. Ternyata ini juga salah satu trik menambah interaksi dengan followers, bersama dengan beberapa tips lain yang dengan detil dijelaskan narasumber Helga Indra R. yang seorang fotografer mobile.

Kulwap ini diisi dengan mempelajari instagram dari fitur-fiturnya hingga algoritmanya. Selain dari memposting konten di jam yang pas, kita juga bisa memanfaatkan fitur-fitur IG ini dengan berbagai trik. Menurut mas Helga kita juga harus luangkan 15 menit untuk membalas dan berinteraksi dengan followers kita. Nggak rugi deh ikutan kelasnya, jadi tahu bahwa membuat konten nggak asal bikin konten, harus menggugah followers juga.

Virtual Sharing Session Tips & Trik #NgemilBijak Dalam Keluarga – IIDN

Diadakan Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis, tujuan Virtual Sharing #NgemilBijak Mondelez ini bertujuan mengajak ibu-ibu lebih aware dengan apa yang kita makan, terutama dalam hal nyemil. Apalagi karena kita lebih banyak beraktivitas di rumah sekarang di masa karantina ini, tugas ibu sebagai yang bertanggung jawab dengan menu makan di rumah tentu nggak bisa dilewatkan begitu saja.

Jadi ternyata ketika kita ingin nyemil, sebenarnya belum tentu secara biologis memang butuh makan. Bisa jadi karena kondisi psikologis tertentu memicu kita agar mau makan. Wah, virtual sharing ini pas banget buat saya yang lagi mikir how to nyemil lebih baik dan positif lagi.

Oh ya, IIDN juga adakan lomba #NgemilBijak loh. Ikutan ya, para mom blogger. Insya Allah aku juga bisa ikutan lombanya. Makanya aku share soal virtual sharing-nya segini dulu ya 🙂

Live IG How To Make An Instagenic Food Photography – KEB

Apakah kelas food photography lagi trend apa bagaimana? Alhamdulillah, ini ada lagi dari komunitas Kumpulan Emak Blogger yang adakan live instagram bersama Mba Astrid Febrina. Dari live instagram ini jadi tahu kalau Mba Astrid mengawali karir sebagai model, lalu menjadi fotografer.

Selain soal foto makanan, Mba Astrid juga share bahwa kemungkinan trend foto makanan sekarang nggak lagi rustic tapi ke minimalistic jadi nggak perlu banyak prop foto. Sebuah foto juga bisa jadi miss jika prop foto terlalu ramai atau riweuh.

Nggak melulu bahas mengenai food photography, ada juga bahasan tentang genre fotografi lain, jenis kamera yang bagus dipakai dan teknik foto. Banyak sekali peminat dan penanya di sesi live IG ini. Saya sempat bertanya bagaimana cara mengakali foto kala mendung. Menurut mba Astrid bisa diakali dengan lampu meja dan alumunium foil.

Sebenarnya ada banyak sih bahasannya, banyak ilmu yang didapat dari live instagram dari KEB ini. Kalau kepo, langsung aja meluncur di feed instagram Kumpulan Emak Blogger.

Live IG Ngobrol Santai “BTS Kreatifoto” – Diantika Poppy Harun

https://www.instagram.com/p/CEjZ0L4nwF1/

Sebenarnya sih ini live instagramnya tentang lomba foto Hut RI Kreatifoto yang diadakan Elmoussa Props yang berkolaborasi dengan food photographer Sazha Busha. Temanya kuliner asli Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Cuma isinya tetap yah ada ilmu-ilmu terselip tentang food photography. Yang paling saya ingat, ternyata dalam food styling lomba ini nggak harus melulu tradisional. Tapi bisa juga bergaya modern namun nggak melupakan khas Indonesianya.

Serunya, karena demand peserta lomba foto akhirnya diperpanjang hingga 5 September 2020, yang tadinya sampai 31 Agustus 2020 saja. Hadiahnya ternyata bertambah, nggak cuma prop dari Elmoussa tapi ada kelas gratis juga. Bikin ngiler deh.

Webinar Digital Financing 101 – My Baby Indonesia

Banyak yang terdampak secara ekonomi di masa pandemi ini. Tentu kita bingung bagaimana cara mengelola keuangan dan bisnis di era ini. Dengan narasumber mbak Prita Ghozie yang ahli finance dan Mbak Ria Sarwono yang merupakan CEO Label Cottonink, peserta webinar jadi mendapatkan kisi-kisi.

Diantaranya memisahkan tabungan kebutuhan basic dan dana darurat, menurut mbak Prita. Kita juga harus bisa beradaptasi dan kreatif menghadapi kondisi, nggak bisa menggunakan mindset merasa nggak mampu. Untuk memulai bisnis, kalau bisa menggunakan modal minim atau tanpa modal.

Sedangkan menurut Mbak Ria, pendapatan menurun karena kebutuhan baju tidak begitu tinggi di masa sekarang, terutama di awal pandemi. Ia mengatakan bahwa tak mungkin bersikap seolah tidak ada apa-apa dan harus relate atau terhubung dengan customer. Namun ia sukses menggunakan kampanye one purchase makes impact, jadi satu pembelian bisa membantu banyak orang di balik layar seperti kurir, penjahit, dan sebagainya.

My Baby Indonesia juga mengadakan Momversity Writing Competition. Kamu bisa berkesempatan jadi Duta My Baby loh.

******

Itu aja beberapa kelas, live instagram dan webinar yang saya ikuti di bulan Agustus 2020. Sebenarnya saya mau juga menulis beberapa kelas online di September, semoga saya bisa update lagi ya.

Bagaimana dengan ibu-ibu? Ikut kelas online kah di bulan Agustus? Share ya

Sunglow Mama Signature

17 Comments

  • ranirtyas86

    Duh ternyata Mbak Yulia ini aktif dan update banget tentang dunia perkuliahan webinar dan kulwap. Huhu aku mau juga dong Mbak diajakin kuliah biar tambah pinter, sementara ini baru ikut yang webinar IIDN aja, itupun nggak semua aku ikutin.

  • Dian Restu Agustina

    Wah, daging semua ilmu kelas online-nya. Aku ikut juga mbak beberapa, ga ada di list ini tapi hihihi. Memang saat pandemi kita bisa memanfaatkan waktu untuk berbagai kelas online ya…banyak yang gratis pula. Bahkan kalaupun berbayar sangat terjangkau biayanya

  • Lidia

    Pandemi ini banyak banget yaa menambah ilmu semua kalangan. Melalui webinar dan kelas-kelas online jadi makin pinter juga karena informasi yang dikirim lebih santai dan bisa diikuti dari rumah. Keren deh pokoknya. Meski demikian semoga pandemi benar-benar berakhir aamiin

  • Ulfah Wahyu

    Masya Allah produktif banget mbak, banyak ikut kelas online buat upgrade diri ya. Saya baru dua kali ikut webinar yang diselenggarakan oleh IIDN bekerjasama dengan IM3. Semoga bisa istiqomah belajar kayak mbak, biar semakin tambah ilmu dan bisa di praktekkan ya mbak. Sukses dan semangat buat kita semua.

  • Simbok li

    Iya mbak untuk jadwal sebulan itu memang harus ada kelas online yang saya ikuti, itung² nambah ilmu ya mbak meskipun kadang waktu yang saya pilih itu malam, anak² pas sudah tidur jadi Simbok bisa konsentrasi penuh ikut kelas, heheheh

  • Kata Nieke

    Samaaaa… saya juga senang ikutan kelas online dan webinar sepanjang pandemi ini. Banyak banget peluang belajar hal-hal baru yang kayaknya justru sulit kalau situasi normal. Mulai dari belajar ngeblog, bikin grafis, motret makanan, SEO, dll.

    • Marita Ningtyas

      Wah.. rajin banget mbak ikut kelas onlinenya. Saya selama pandemi ini malah lebih banyak belajar SEO.. nggak tahu kok dipertemukannya dengan SEO melulu hehe. Tapi makin dipelajari memang semakin seru sih

  • Lia Nurlatifah

    Saya sudah daftar kelas mba prita bareng my baby ini, sayangnya kelupaan karena sedang dalam perjalanan, makasih sudah diulas disini mba. Intinya sama ya dengan materi beliau di kelas lainnya, harus ada dana darurat dan investasi. saya senang jika bisa ikut kelas yang ilmunya daging seperti iji

  • Rani Retnosari Mantriana

    Ya ampun keren-keren banget nih kelas onlinenya. Aku niat daftar waktu itu tapi malah lupa, hiks. Padahal bermanfaat banget ya mbak materinya. Mudah-mudahan bulan berikutnya ada lagi kelas online serupa biar bisa ikutan.

  • Okti Li

    Wah rajin benar Mbak sampai begitu detail itu rekapannya. Hehehe. Saya gak pernah ngumpulin, ikut webinar apa aja ya ..tapi bulan Agustus memang padat juga.
    Beberapa ada yg sama kita satu kelas tuh

  • ira duniabiza

    wuaa rajin sekali mba, ikuta banyak kegiatan.. memang ya selama masa pandemi jadi makan banyak ilmu kece yang bertebaran. tinggal kitanya kalau punya waktu kudu upgrade biar bisa makin produktif ya.. Keren Mba bisa dapat banyak ilmu…

  • Dewi Ratih Purnama

    Banyak banget peluang belajar di masa pandemi ini ya Mba. Dan kalo mau cek ke banyak akun dari komunitas blogger, ibu-ibu, sampai fotografi dan lain-lain, rata-rata memiliki event seperti kulwap, webinar ataupun live IG. aku sendiri baru 1x aja ikut webinar. Selebihnya klo pas kebetulan ada live IG dan luang, aku ambil kesempatan cari ilmu disitu. makasi sharingnya mba, jadi termotivasi untuk terus belajar

  • www.derisafriani.com

    Naikin ER Instagram mirip sama naikin DA blog. Harus konsisten dan profesional. Salah satu faktor penunjang adalah ikutan kelas-kelas seperti ini. Aku masih sebatas yang free sih. Tapi tetap belajar pastinya. Cuma photography aku baru ikutan sekali preview aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *