Agar Ngeblog Lebih Baik Di Tahun 2023

ngeblog-adalah-2023.jpg

Agar Ngeblog Lebih Baik di 2023 – Halo Sunglow Reader, sudah berapa lama saya nggak nongol disini. Maklum, akhir tahun banyak hal-hal yang harus direkap di komunitas. Lalu juga mengejar deadline pekerjaan akhir bulan. Tahu-tahu, sudah tahun 2023. 

Di tahun baru, banyak yang memiliki target baru dan harapan baru. Tapi sebenarnya dan sebaiknya, setiap kali kita harus selalu evaluasi diri dan memperbaiki diri, kemudian baru set goal again. Nggak perlu nunggu tahun baru.

Mungkin ada yang suka membaca topik blogging di blog ini? Atau ada yang simply ingin ngeblog lebih baik di tahun 2023? Sejujurnya saya pun tidak tahu apakah di 2023 saya bisa blogging lebih baik. Meskipun, akhirnya saya membuat blog planner yang saya buat di tahun 2022. Namun tak ada salahnya berencana dan menetapkan sasaran.

Cara Ngeblog Lebih Baik di Tahun 2023

Adakah kekecewaanmu dalam hal blogging di tahun 2022? Mungkin tadinya ingin menulis lebih konsisten, mungkin tadinya ingin lebih banyak monetisasi blog, atau lainnya? Saya sendiri sih cukup keteter sejak pertengahan tahun, karena mengambil pekerjaan lepas dan mencoba lebih konsisten menjadi homeschooler.

Tapi tak pernah telat untuk mencoba lebih baik lagi. Alhamdulillah tahun 2022 banyak mencoba hal baru yang blog related. Di tahun 2023, yuk ah kita mencoba ngeblog lebih baik lagi. Setidak-tidaknya menurut saya poin-poin ini bisa membantu kita ngeblog lebih baik di tahun yang baru.

1. Cek Ulang Niat Ngeblog

Ingin ngeblog lebih baik di tahun 2023? Coba periksa niat dulu. Niat ngeblog kita untuk apa? Kalau blogging cuma untuk hobby, sejujurnya sebagai Ibu rumah tangga, kadang niat ini tergerus dengan distraksi (gangguan) lain. Dan selalu ada hal lain. Ujung-ujungnya ya kembali ke prioritas juga.

Ngeblog untuk menuliskan dan menuangkan pikiran agar batin lebih sehat, mungkin bakal membuat langkah ngeblog kita lebih awet. Ngeblog agar mendapatkan pemasukan dari blogging, berbeda outputnya dengan niat sebelumnya. Jadi sebelum mulai, cek lagi niat kita ngeblog.

2. Niatkan Untuk Konsisten

Setelah memeriksa dan menetapkan tujuan blogging, yuk niatkan agar konsisten. Karena keinginan saja kadang tidak akan membuat blog kita terisi lebih rutin. 

Berjanji dan komitmen dengan diri sendiri sembari menetapkan jadwal blogging sesuai dengan kebisaan kita, contohnya: ‘Insya Allah saya jadwalkan untuk ngeblog setiap minggu satu kali artikel’. Realistis juga dengan kondisi, agar tidak terlalu membebani diri dan kecewa jika tidak sesuai dengan jadwal yang kita tetapkan sendiri.

Semua kembali dari niat dan niat. Dan praktek tentunya.

3. Mendandani Blog Lebih Baik

Mungkin karena saya tipe yang care dengan visual, sehingga kalau blog terlihat cantik saya makin senang mengisinya. Baik dengan tulisan-tulisan baru, dengan widget-widget, footer dan macam pernak-pernik blog lainnya. Inilah alasan baik untuk mendandani blog, selain dari personalisasi (membedakan diri dengan blog lain dan lebih mencocokkan dengan karakter blog sendiri), pengunjung tentu senang dengan blog yang enak dilihat.

Jika blog sebelumnya sudah ‘didandani’, mungkin bisa mencoba tampilan baru atau fitur baru seperti slider, plug-in Elementor maupun membuat header blog baru misalnya.

4. Foto Orisinil Atau Foto Cantik Dari Free Stock Photo

Ya, tulisan blog akan lebih seru jika memiliki ciri khas. Tapi lebih orisinil lagi jika punya foto yang memang kita jepret sendiri. Kalau foto produk untuk blog sudah tentu sebaiknya kita foto sendiri, karena ibaratnya no photo is hoax

Memang tidak semua blogger bisa foto yang oke. Tapi di artikel-artikel yang tidak urgent butuh foto orisinil, tetap bisa diakali dengan mengambil foto cantik di situs free stock photo atau foto gratis. Untuk menggunakan foto dari situs semacam ini jangan lupa sertakan keterangan sumber foto.

8 cara ngeblog lebih baik 2023.jpg
8 cara ngeblog lebih baik 2023

5. Menerapkan SEO

Search Engine Optimization (SEO) mungkin mengintimidasi buat banyak blogger, tapi jika kamu ingin performa blog lebih baik bisa belajar SEO. Dengan mencari keyword sesuai untuk artikelmu, akan lebih banyak menarik pembaca dan blogmu dibaca lebih banyak orang. Siapa tahu, dengan begini lebih luas menebar manfaat dan kebaikan dari blogmu, ya kan?

Jika kamu newbie soal SEO, jangan khawatir. Saya sendiri termasuk blogger yang praktik langsung dengan modal ikut kelas gratisan. Tapi 2022 lalu saya pernah jadi narsum soal dasar SEO, Masya Allah. Yuk kita belajar sama-sama.

6. Merawat Isi Blog

Menulis, menulis, menulis. Memang sebenarnya esensi blog adalah tulisan. Tapi ibarat rumah, blog harus dirawat. Harus diperhatikan strukturnya, kecepatannya, link-link di dalamnya, dan segala kebutuhannya. 

2 tahun lalu saya pernah ikut kelas khusus merawat blog ini. Sebenarnya sederhana caranya, adalah analisa blog kita di situs semacam Ahrefs dan lainnya untuk mengetahui masalah-masalah di dalam blog kita. Kemudian diselesaikan masalahnya satu per satu. Memang butuh kesabaran dan sumber yang mengerti teknis situs.

Kenapa harus melakukan ini? Blog yang sehat dan mudah diakses akan jadi poin plus lho dan jadi SEO friendly.

7. Memperkaya Konten Dengan Infografis Atau Video

Sekilas saya baca tren SEO 22 lalu adalah adanya konten infografis dan video di dalam tulisan kita. Saya pikir, ada konten semacam ini tidak hanya SEO friendly tapi juga menambah variasi konten dalam blog kita. Dan tentunya ada nilai lebih deh dibanding artikel yang isinya tulisan biasa.

Konten visual juga lebih mudah diingat pengunjung, menurut artikel tren SEO 2023 ini. Membuat infografis untuk artikel ini misalnya, pengunjung insya Allah jadi lebih mudah membaca poin-poinnya. Menurut kamu bagaimana?

8. Melakukan Guest Blogging

Jika sudah rutin blogging, cobalah untuk juga menulis di website lain. Mungkin blog lain yang satu niche dengan kita (guest blogging) ataupun website User Generated Content (UGC). 

Gunanya untuk mencoba hal baru dan tidak hanya di ‘kandang sendiri’ saja menulisnya, tapi juga menyisipkan backlink menuju tulisan dan blog kita sendiri. Dengan begini, blog kita akan lebih banyak ‘pintu’ dan insya Allah pengunjung. Tidak hanya itu, kita jadi menambah relasi dengan blogger lain yang menerima guest blogging kita.

Kamu juga bisa lho guest blogging di blog Sunglow Mama ini. Kalau kamu punya tulisan yang satu topik, bisa kontak saya untuk info lebih lanjut.

Penutup

Tahun 2023 ini, semoga kita tetap semangat blogging dengan tujuan yang sesuai dengan nurani ya. Jangan ikut-ikutan, jangan juga cuma buat cari cuan tok, jangan hanya ikuti list blogging trends 2023. Blog adalah media, dan tetap saja kita ‘motor’-nya.

Kemudian kalau tidak bisa mengikuti tips-tips ini, jangan berkecil hati. Yang penting terus semangat dan usahanya. Semoga tulisan ini membantu blogger yang ingin blognya lebih baik di tahun 2023.

Oh ya, apa kamu punya masukan atau tambahan lain agar bisa ngeblog lebih baik di tahun 2023?

12 thoughts on “Agar Ngeblog Lebih Baik Di Tahun 2023”

  1. Merawat isi blog ini sama nggak ya dengan misalnya tulisan dulu ga pake heading atau foto terus ditambahin foto dan heading kalau memang diperlukan. Oh ya kalau blog ku juga perlu cek typo, banyak banget typo belum aku benerin.

  2. Lengkap bener tips ngeblognya Andina. Sepakat semua ini sih. Semoga tahun ini aku bisa melakukan semuanya secara bertahap. Siapa sih yang nggak kepengen punya blog cakep kaya blog sunglowmama.

  3. 2022 aku terlalu fokus dengan target bacaan mba, tapi 2023 ini mau ke blog dulu. Apalagi setelah melihat banyak draft yg cuma nganggur, blm sempet dipublished . Makanya aku mau pelan2 edit semua draft dan di posting1-1 sampai semua selesai .

    Bener sih, blog itu ya diusahain update biar ga kosong banget. Namanya rumah Maya, kalo ga diisi baru dan dirawat, lama2 ditinggal pembaca

  4. Waah…separuh tips nya blm kulakukan nih..jadi termotivasi untuk bisa ngeblog dg lebih baik nih! Terima kasih ya mba..sudah membagikan tips2 ngeblog yg menarik ini ..

  5. Dulu aku pernah termotivasi pengen melengkapi blog dengan infografis yang cantik, tapiiiii semenjak canvanya jadi gratisan lagi, udah males duluan. Hahaha *dasar alesan aja! Tapi aku juga tipikal yang care visual juga kayak Mbak Andina. Kadang ngeblog tuh duluan bikin fotonya baru tulisannya belakangan.

  6. Wahh ciyus Kak boleh guest post di sini? Makasih ya tawarannya.

    Emang bener nomor 1 itu niat. Kalau ngeblognya niat pasti nulis dengan senang hati dan ngalir aja. Begitu juga dengan konsistensi, jaga agar blognya bagus dan diisi terus agar DA enggak turun (dan bikin mewek).

  7. saya merasa, makin ke sini, foto-foto yang saya tampilkan di tulisan di blog itu makin sedikit, beda banget dengan awal-awal ngeblog beberapa tahun lalu. gak tahu nih kenapa saya jadi makin malas gini yaa melampirkan foto-foto dalam postingan blog

  8. Makin ke sini kok ya makin malas ngeblog. Mungkin karena pekerja offline yang kian menumpuk. Ide udah berjejeran di kepala tapi eksekusi tak tercapai.

    Mungkin perlu diniatkan kembali, apa niat ngeblognya, biar semangat dan konsisten.

  9. Iya, kak Andina.
    Rasanya sebagai pemuja visual tuh kalau blognya sesuai dengan keinginan, semakin semangat ngisinya. Berhubung gak bisa teknisnya, jadi aku minta bantuan temen buat mempercantik blogku.

    Alhamdulillah, degan tujuan menulis blog yang jelas, maka kita bisa semakin merencanakan hal yang baik untuk terus menulis bagi kesehatan mental diri sendiri dan semoga bermanfaat untuk orang lain.

  10. Mbakk salah satu catatan ngeblogku ..pengennya konsisten lagi faktanya nulis sesempatannya.
    Aku jadi sedih. Noted banget nih nulis di UGC. aku rasa tahun ini pengen bisa memulai untuk ikutan juga nulis di UGC.
    Sejujurnya aku belum bisa baca ahref selama ini ahref untuk ngecek DR dan organik trafic . Duh maish banyak yg perlu aku pelajari

  11. waktu akhir tahun kemarin, aku niatin di 2023 ini harus lebih rajin, konsisten, ga boleh malas
    Kadang bulan ini merasa rajin, tapi bulan depan malah kendor
    tapi semangat buat belajar hal baru terkait blogging masih ada, cuman alasan yang dipake selalu waktu 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Scroll to Top
%d bloggers like this: