7 Palet Warna Feminin Kekinian Untuk Blog Plus Kode Warna

palet warna feminin kekinian

7 Palet Warna Feminin Kekinian Untuk Blog Kamu, Lengkap Dengan Kode Warna – Kira-kira hampir 2 bulan saya putuskan untuk mengganti tampilan blog (minus ganti themes), yang berarti saya harus ganti header, palet warna dan font. Setidaknya, itu suatu keharusan menurut saya. Punya idealisme begini sebenarnya antara bagus dan tidak.

Karena yang terjadi malah saya stuck di tahap memilih palet warna. Walaupun dengan panjang lebar pernah saya bahas tentang esensinya palet warna, ternyata saya begitu terpukau dengan banyaknya pilihan sampai sempat tidak bisa pilih satu palet warna untuk blog ini.

Kenyataannya, saya nggak bisa memasukkan semua warna yang saya mau. Yang saya bisa lakukan, hanyalah menentukan tampilan dan kepribadian apa yang saya ingin tampilkan melalui palet warna ini. Apa karakter blog Sunglow Mama dan apa saja tujuan ada blog ini?

Saya begitu kepincut warna earthy tone tapi begitu saya aplikasikan ke desain, blog ini terlihat tua dan kusam. Atau, ketika sudah memilih satu di hari ini, besoknya saya ingin ada warna lain yang dimasukkan. Kemudian, saya cari-cari palet warna lain dan lalu malah kepincut palet warna lain. Begitu terus, berulang kali. Inipun dilakukan di sela-sela kesibukan saya sebagai Ibu, freelancer dan admin komunitas.

Lalu, karena ritme dan rantai tahapan ini terjadi berulang kali, saya lelah sendiri dan putuskan untuk tegas memilih satu untuk kali ini. Fase berikutnya bisa ganti palet warna favorit lain.

Ternyata saya jadi malah punya sekumpulan pilihan palet warna tidak terpakai. Saya pikir, bagusnya kumpulan palet warna ini saya buatkan satu blogpost agar sewaktu-waktu bisa saya lihat dan pakai. Atau, untuk orang lain aplikasikan juga. Yuk, lihat pilihan warnanya. Pssst, saya menamakan judul palet warna berdasarkan nama dari image palet warna atau dari penamaan/kesan saya sendiri atas si palet warna:

Warm and Sophisticated

palet warna feminin pastel.png

Tak hanya menggambarkan suhu, warna hangat tentunya pas diaplikasikan ke blog, karena blog umumnya berisi tulisan berbau personal sesuai dengan kepribadian blogger.

Namun bagaimana kalau pilihan warna hangat terasa norak? Karena umumnya hangat berarti warna yang meriah. Kuncinya adalah memadukan dengan warna lain yang lebih netral, agar si warna-warna hangat lebih terpancar.

Nah, paduan warna hangat namun penuh gaya ini cocok banget buat blog yang ditulis perempuan, karena dominasi warna cerah dan pastel. Sepertinya cukup pas diadaptasikan ke blog beauty.

Bagaimana menurutmu?

Feminin Netral

palet warna pastel blog.png

Terkadang warna pastel terasa mencolok mata dan dapat membuat jemu mereka yang melihatnya (kecuali jika kamu suka warna pastel tersebut). Sebenarnya paduan warna cantik tidak perlu berlebihan atau memaksa pengunjung untuk segera memperhatikan. Warna-warna netral dapat membuat rileks dan nyaman dilihat dalam waktu lama.

Seperti warna feminine neutral dari bloomingdesign.co ini, cukup soft pink dan warna hijau ke abu sudah cukup manis dalam satu palet warna. Kombinasi warnanya kalem, dengan nuansa pink pudar yang lembut.

Siapapun yang berkarakter sederhana dan halus dapat mencoba palet warna ini. Paduan warnanya pas juga untuk blogger travel atau yang gaya hidup.

Hipster Fresh

palet warna website.png

Umumnya warna pastel bisa berarti untuk kategori anak perempuan kecil, atau yang baru menginjak remaja. Namun pastel tetap disukai oleh kalangan lebih dewasa, bahkan hingga sudah senior.

Tak masalah umur berapapun kita, jika merasa cocok dengan pastel. Semua tentu ada kesesuaian tersendiri dengan karakter,

Paduan warna hipster fresh ini tidak terasa membosankan dilihat berlama-lama. Ada paduan pink, peach,kuning juga biru yang membuat adem di mata.

Mungkin paduan warna Hipster Fresh ini cocok untuk blog bookworm maupun blogger parenting. Atau blog personal saja, yang berisi tulisan-tulisan polos dan apa adanya. Yang jelas memang segar rasanya menatap harmonisasi 6 warna ini.

Pastel Pink

palet warna pink.png

Ketika membicarakan feminin, jadi identik dengan warna pink atau turunannya. Biasanya juga erat kaitannya dengan kewanitaan yang berwarna lembut juga warna nude. Kenapa tidak aplikasikan warna-warna ini ke blog yang berisi tentang dunia perempuan?

Warna pink, nude dan peach sangat harmonis bersama. Yang satu mencolok, lainnya netral. Meskipun cocok untuk beauty blogger, tak masalah juga buat niche lain memakai palet warna pastel pink ini.

Musim Panas

warna musim panas.png

Adakah yang suka warna musim panas? Biasanya kombinasi warna musim panas identik dengan kuning dan warna-warna hangat lainnya. Tapi untuk memakai lagi warna pink, bisa jadi terasa terlalu mencolok atau kekanakan. Sebenarnya, tidak harus begitu. Contohnya paduan warna musim panas di atas.

Mungkin palet warna musim panas ini kurang bold feminin-nya, namun bisa jadi pilihan jika kamu suka menulis tentang berkebun, mengenai outdoor maupun kuliner. Ya, karena hobby wanita bisa luas hingga ke kesukaan yang mungkin didominasi lelaki. Untuk palet warna ini, mungkin warna hijau tua bisa menjadi warna pelengkap dan bukan warna dominan.

Soft Pastel

kombinasi warna soft pastel.png

Warna pastel pada umumnya menarik perhatian mata dan bisa membuat jemu dalam tempo waktu lama. Tapi pastel juga memiliki warna lembut seperti pilihan warna soft pastel ini.

Paduan warna ungu, coklat-krem dan keabuan lembut begitu kalem dan unik, rasanya tidak semua blogger memilih warna ini. Tapi bisa jadi pilihan pas jika si blog punya kepribadian beda tapi tidak suka gembar-gembor atau kehebohan. Cocok deh buat blog penyuka buku atau niche blogging dan menulis.

Simplicity

palet warna blog nude.png

Warna coklat identik untuk dunia maskulin? Sebenarnya tidak juga. Warna coklat bisa dipakai untuk wanita dan pria. Contohnya paduan warna simplicity ini. Jika dipadukan dengan warna nude, palet warna kecoklatan menjadi manis dan bahkan netral.

Kombinasi warna ini bisa kita lihat di pasir seperti di contoh gambar atas. Jika dipadukan terkesan tidak berlebihan, jadi untuk dilihat lama-lama pun tidak membuat bosan mata. Paduan warna ini juga cukup timeless menurut saya, dan bisa dipakai segala umur maupun niche.

Tips Mengetahui Kode Palet Warna

Belum juga menemukan palet warna yang pas? Kamu bisa browsing palet warna di dunia maya, atau Pinterest. Namun hati-hati, sebaiknya tahu dulu karakter blogmu sehingga bisa membidik kata kunci yang diinginkan.

Kita bisa juga menemukan palet warna di perjalanan atau keseharian. Bisa kita foto dengan handphone lalu masukkan ke aplikasi khusus palet warna. Jika kamu bisa memakai software grafis seperti Photoshop atau Adobe Illustrator, fitur pipet warna dapat membantu, dengan mengambil referensi foto tadi. Mungkin lain waktu saya bisa membahas khusus mengenai topik ini.

Penutup

Mengganti tampilan blog sebenarnya seru dan bisa jadi kesenangan tersendiri. Tapi kita bisa kelabakan jika tidak tahu panduannya. Sebaiknya selalu tahu apa yang kita mau sehingga tidak berganti-ganti konsep terus, bisa boros waktu dan tenaga.

Jangan lupa untuk memadukan dengan elemen desain lain, seperti layout dan font feminin. Kita dapat memilih paduan warna yang lebih sedikit jika bingung. Kita selalu bisa membantuan teknisi atau ahli, jika punya kesempatan. Namun sebaiknya sih sebagai wawasan, bloger juga butuh tahu perintilan tentang tampilan blog.

Bagaimana pendapatmu? Mana dari pilihan palet warna ini yang kamu suka? Yuk, bagikan pendapatmu di kolom komentar.

Sumber palet warna: Pinterest

Sunglow Mama

Seorang Ibu Rumah Tangga yang suka blogging dan berbagi tentang sisi kreatifnya. E-mail saya ke missdeenar@gmail.com untuk kerjasama

This Post Has 35 Comments

  1. Hastira

    makasih sharingnya

  2. Indah Primadona

    warnanya bagus-bagus, kayaknya sekarang trendnya warna-warna soft ya dan earth tone, warna-warna yang netral gitu

    1. Sunglow Mama

      Iya betul mbak, warna tersebut tergolong netral juga

  3. May

    Andina, keren banget deh ini. Aku paling ga bisa mantes-mantesin warna haha. Paling suka yang musim panas, kayanya warm gitu kan. Kebeneran nanti lagi mau ngubah tampilan blog, bisa jadi referensi nih.

    1. Sunglow Mama

      Iya warna musim panas sepertinya cocok buat blog travel kaya punya teh May Sari ini

  4. Meta Utami

    Kaya bahas make-up Teh rasanya di aku sekarang kayanya semua warna udah ada versi femininnya ya, tapi tergantung kombinasi juga sih ( duh ini komennya terbaca koheren ga sih)

  5. Sri Nurilla

    Masalah per-desain-an (is this even a correct word ehehe?), memang Mamah Andina ahlinya. 🙂

    Makasiiy informasinya ya Andina. Waktu itu saya membaca artikel ini ditambah dengan obrolan mengenai tampilan blog di WAG, makin puyeng saya, karena merasa ketinggalan, dan desain blog saya tidak se-sophisticated Andina dan banyak mamah MGN lain ehehe. Pingiiin bisa mendandani, tapi, tapi, -ada TAPInya- karena saking overwhelming nya malah ngerasa kesulitan mempelajarinya, ditambah kebiasaan procrastinating. Lengkap sudah wkwkwk.

    *lha ini kok malah curhat.

    Btw, saya suka banget nih warna-warna pastel yanh ditampilkan Andina. Dan betul Andina, awalnya bagus tenang, tapi lama-lama membosankan ya warna-warna soft pastel begitu. Ehehe

    1. Sunglow Mama

      Insya Allah jadi ahlinya ya 🙂 cuma share yang kebetulan aku tahu.

      Memang mengganti tampilan blog butuh meluangkan waktu.

      Warna pastel memang bisa buat jemu kalau kelamaan lihat, menurutku teh

  6. teh andina thanks ini info bermanfaat.
    aku suka yang cerah mungkin ke arah musim semi dan musim panas, ada hijau, orange, biru, kuning, he3 …
    kepingin juga nyoba warna soft sepertinya simplicity menarik.

  7. Vicky Laurentina

    Sebetulnya saya seneng hipster fresh 🙂

    Saya tidak yakin apakah bijaksana menghabiskan waktu untuk memikirkan palet demi mendandani suatu blog.
    Sebab blogpost pada masa kini perlu diberi foto, dan warna-warna pada foto tersebut tentu akan menutupi ambience yang sudah diperjuangkan oleh palet warna blog.

    1. Sunglow Mama

      Tergantung mbak memasangnya dimana. Palet warna bisa sebagai aksen saja, dominan atau latar bisa tetap warna netral

  8. DIP

    Cakep2 bgt teh warnanya jadi ingat kotak eyeshadow gitu ya

    Ngutak ngatik blog emang seneng kalau udah jadi bisa cantik tapi suka laamaaaaa ya..

    1. Sunglow Mama

      Iya juga ya kaya buat make up. Bisa juga kok buat desain lainnya teh

  9. Zeneth

    Dengan baca ini hatiku hangat dan tercerahkan haha. Makasih teh andin jadi referensiku banget ini!

  10. Risna

    aku tuh termasuk yang nggak bisa sebentar milih warna, terus jarang banget memperhatikan aturan palet warna walaupun udah sering baca tentang ini, rasanya ada aja yang bikin ingin membangkang dari aturan palet, padahal kan palet itu sendiri sudah dipadu padan ya. Tapi ya kalau mau ganti2 warna bisa nyontek di tulisan ini lah lain kali.

    1. Sunglow Mama

      Iya memang semua balik lagi ke user sih. Kalau mau diterapkan, nggak juga ya nyamannya blogger nya

  11. Gita Sarrah

    Menarik juga nih. Saya jadi pengen coba warna palette yang cocok untuk blog saya juga. Dan palette yang saya suka dari list diatas palette musim panas dan palette simplicity

  12. Andrie Kristianto

    Wahhh aku sangat mencari banget palet warna yang seperti ini buat kebutuhan desain feed instagram, karena bakal rencana pengen bikin yang berwarna tapi masih enak dipandang lah hhi.

  13. Brillie

    Makasih mbak sontekan code warna-warna ini. Barusan aku pakai untuk membuat desain canva (cover gambar) di blog, hehe..

    Warna tanah yang kalem gini emang lagi banyak disukai cewek-cewek nih. Hampir cocok untuk diaplikasikan dimana aja, seperti outfit atau desain blog.

  14. Fanny_dcatqueen

    Jadi inget blogku kayaknya udh lama banget ga ganti2 themes . Jadi kepikiran, tapi aku juga ga jago mba ngutak ngatik begini. Biasanya aku minta tolong Ama temen yg dr awal bikinin dan bantu maintenance blogku. Aku tinggal bilang mau themes gimana, dll.

    Suka deh Ama kombinasi wrna yg summer. Krn sbnrnya aku suka warna2 cerah begitu, kesannya jadi ceria aja :).

    1. Sunglow Mama

      Enak ya ada teman andalan 🙂 mungkin saatnya ganti themes? Warna summer ya, bagus ya cerah

  15. Faradila Putri

    Feminine netral aku sukaaa! Mirip-mirip palette blogkku tapi warna hijau yang ini lebih ke hijau lumut. Emang bagus ya dipasangkan dengan warna pink atau krem. Thanks referensinya mbak 🙂

  16. Antung Apriana

    Palet warnanya kebanyakan warna pastel dan pink ya, mbak. Saya kadang kalau ganti template atau ganti warna blog nggak ngikutin Palet warna. Hehe. Padahal pastinya lebih bagus ya kalau ada panduan pemilihan warnanya biar kombinasinya bagus. Makasih sharingnya mbak

    1. Sunglow Mama

      Lebih enak ada palet warna, jadi seragam sama seluruh grafis yang dibutuhin blogger, mbak

  17. Eri Udiyawati

    Dan saya suka banget warna-warna pastel dan hipster fresh. Tampak cantik, elegan tapi menyegarkan. Pengen juga nih jadinya, ganti template blog, biar blognya cakep tampilannya.

  18. ainun

    seneng liat palet warna yang bisa serasi seperti itu
    aku kadang heran sama diri sendiri, kalau mau menggabungkan warna seperti terliat nggak cocok

    1. Sunglow Mama

      bisa ambil contohnya mbak dari sekitar. dari alam biasanya bagus deh palet warnanya

Leave a Reply