Referensi dan Contoh Foto Produk Minuman Kece Untuk Bisnismu – Menariknya ilmu fotografi hingga penerapannya bisa sampai untuk keperluan bisnis. Misalnya diterapkan untuk memotret produk untuk dijual. Karena bagaimanapun visual itu menjual yes, jadi tidak bisa disepelekan.
Diantara banyaknya produk yang beredar, produk minuman sendiri ada banyak sekali yang diproduksi. Semua sesuai dengan kebutuhan dan pangsa pasarnya. Untuk itu penampilan dan rasanya pun bermacam-macam. Semua berlomba ingin dibeli dan menarik perhatian pembeli.
Banyak yang mencari tahu tentang foto produk minuman di mesin pencari sehingga membuat saya menulis artikel ini. Saya sendiri pernah mencoba foto produk minuman botol susu kurma. Cukup seru mencari bidikan yang pas dan cantik di foto. Namun ternyata ada banyak lho sudut pandang yang bisa dicoba untuk dijepret. Saya sendiri masih ingin lebih banyak eksplorasi foto minuman.
Bicara membidik foto produk, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasilnya sesuai. Diantaranya dari tujuan produknya dibuat dan marketnya. Namun mungkin tetap saja ya bingung mau foto seperti apa?
Jaman serba maju seperti sekarang, rasanya memotret dengan gaya standar harus di upgrade atau bisa dibuat lebih ciamik lagi. Beruntungnya kita hidup di era bertebaran referensi.
Mungkin pemilik UMKM atau pemotret amatir ingin membidik foto produk minuman sendiri, atau kesulitan mencari inspirasi foto minuman yang kece? Sini saya pilihkan yang mungkin bisa membuat otak kreatifmu makin termotivasi. Pilihan-pilihan ini saya jabarkan based on pengamatan saja ya.
Berbagai Gaya Foto Produk Minuman
Mau foto produk minuman boba atau minuman botol, tiap minuman ada keunikannya sendiri. Setiap produk memiliki karakter jadi jangan sampai salah memotret, padahal usaha sudah segambreng. Coba simak beberapa gaya foto produk minuman yang ada di bawah ini, mungkin bisa jadi inspirasi. Untuk artikel ini, dikhususkan foto produk yang tidak menggunakan model. Yuk disimak.
Ini berbagai contoh foto produk minuman yang saya temukan di Pinterest:
Sudut Pandang Flatlay
Memotret dengan gaya flatlay berarti produk minuman ditidurkan di permukaan alas foto. Membidik produk minuman dengan Bird-Eye-View atau Flatlay biasanya dapat dilakukan terutama jika produk minuman berupa kemasan. Hal ini dikarenakan produk berupa cairan sehingga dalam pengkomposisiannya mudah dan tidak khawatir tumpah. Dengan menggunakan sudut pandang ini segala objek dapat terlihat di kamera.
Entah propertinya minimalis maupun penuh objek lain, sudut pandang flatlay menurut saya cukup aman karena kemasan atau packaging pasti terlihat. Pilihan gaya ini mungkin kurang oke diaplikasikan dalam gelas, karena kurang terlihat karakternya.
Tuang Produk ke Gelas
Gaya foto produk minuman lain yang bisa ditiru adalah menuangkan produk ke gelas. Trik ini dapat membuat foto produk terlihat lebih hidup karena ada action yang terjadi dalam bidikan.
Namun harus diperhatikan volume yang dituangkan juga timing menuangkannya. Agar isi cairan dalam gelas tidak terlalu sedikit atau tidak kepenuhan.
Saya pernah mencoba memotret dengan gaya ini waktu menulis tentang tips dan strategi mengejar deadline. Cukup deg-degan karena harus membidik pas saat produk dituangkan ke gelas, ditambah karena menggunakan batu es asli.
Hand-in-Frame atau Tangan dalam Foto
Trik lain agar foto dapat terlihat lebih hidup adalah jika menggunakan tangan dalam frame. Mengingat minuman dapat dikonsumsi dengan bantuan tangan, maka ada poin natural atau alami yang didapatkan dengan menggunakan cara ini. Atau penggunaan tangan bisa juga untuk menggenggam properti yang jadi kandungan dalam minuman.
Perhatikan juga bentuk dan karakter tangan apa sesuai dengan karakter produk. Bisa jadi bentuk tangan yang halus dan mulus belum tentu cocok dijadikan model produk minuman yang kelaki-lakian. Atau sebaliknya. Walau ‘cuma tangan’ tetap saja harus representatif dan secara visual enak dilihat.
Digital Imaging
Selain dari beberapa gaya foto produk minuman di atas, gaya foto minuman yang bisa dicoba adalah dengan trik digital imaging. Digital imaging berarti foto yang telah dipotret diedit sedemikian rupa sehingga terlihat tidak real namun dijadikan nyata. Ada proses edit foto digital sehingga foto menjadi lebih imajinatif dan jadi ‘meriah’, bahkan bisa jadi hiperbola.
Misalnya foto minuman dilempar ke udara dengan cairan minuman yang melayang cantik, dengan kandungan minuman bertebaran di sekitarnya. Atau cangkirnya berbentuk gambar handrawing sementara cairannya berasal dari produk minuman asli. Jenis foto produk ini bisa diaplikasikan ke berbagai produk sesuai dengan karakter brand masing-masing.
Tentu saja selain harus memotret, kita harus memakai jasa digital imaging ataupun belajar sendiri menggunakan software grafis. Untuk melakukan poin ini memang agak ekstra dan butuh ketelitian dari pemotongan per objek dan pencahayaan. Jika tidak, foto akan terlihat seperti abal-abal atau tidak profesional.
Tipuan Mata
Selain dari digital imaging, adapula gaya foto produk minuman menggunakan trik tipuan mata. Adanya objek-objek yang ‘berlaku’ melawan kebiasaan. Misalnya minuman yang dituangkan namun cairannya berbelok ke atas, atau gelas-gelas di atas meja namun posisi frame terbalik.
Gaya ini memang membutuhkan kreatifitas dan butuh konsep out-of-the-box. Tapi jika konsep sesuai dan eksekusi pas, bisa jadi foto produk yang spektakuler. Untuk poin ini, konsep dan ide adalah yang termahal.
Masalahnya, berani nggak dirimu mencoba gaya ini?
Yang Juga Harus Diperhatikan
Meskipun ada berbagai macam sudut pandang dan referensi yang bisa dicoba, diantara satu gaya belum tentu cocok diaplikasikan ke yang lain. Meniru bisa saja, tapi butuh penyesuaian. Untuk itu jangan lupakan juga poin-poin terkait ini:
- Misi Brand : Setiap merk dan perusahaan pasti punya misi sendiri, punya filosofi dan gol masing-masing. Hal ini juga harus terpancar ke foto produk
- Tujuan Kampanye : Memahami apa maksud kampanye atau promosi yang dilakukan khususnya untuk produk ini
- Market Pasar : Buat siapa produk ini dibuat dan kira-kira apa yang menarik perhatian si pemakai produk.
- Palet Warna : Jangan abaikan poin palet warna dalam membidik foto produk minuman. Keharmonisan padu padan warna berperan juga lho agar foto minuman makin cantik, termasuk pemilihan properti dan alas foto.
Penutup
Itulah beberapa contoh foto produk minuman yang bisa dicoba. Bagaimanapun segala foto produk keren dilakukan demi penjualan dan demi menarik perhatian pasar. Jika tidak, bisa jadi gagal total. Saya sendiri masih fotografer pengguna handphone, kok. Mungkin lain kali saya share cara foto produk minuman dengan HP.
Menarik nggak foto-foto dan referensi ini menurutmu? Atau adakah yang terlewat? Kamu bisa tambahkan atau share opinimu ya di bawah ini.
Sumber foto produk minuman: Pinterest (saya bukan pemotret maupun yang mempunyai foto-foto ini)
suka banget deh sama tips-nya mom, emang aku lagi kepingin belajar food photography, makasih ya mam tipsnya….
Foto digital imaging itu bisa dipergunakan oleh orang yang mati gaya untuk fotografi real tapi imajinasinya liar untuk hal-hal absurd namun tetep harus belajar pake aplikasi ya biar fotonya terlihat nyata.
kalau foto2nya keren gini, marketingnya jadi ok
Wow, cakep-cakep tuh hasil fotonya. Bikin yang lihat jadi tertarik dan penasaran pengen coba. Itulah mengapa foto produk yang baik tuh penting banget ya. Apalagi yang kelihatan dingin/esnya gitu, lagi panas terik..auto bikin orang pengen beli hahahha..
pas banget buat saya yang mulai hobi foto makanan dan minuman seru banget niy, suka dengan foto-fotnya mba
Aku tuh yang masih PR banget ya foto produk, Mam, sulit ambil anglenya. Mungkin karena keterbatasan properti juga ya ya, lihat beberapa foto inni jadi terinspirasi karena adalanku cuma foto ala plating wkwkkw
Tricky banget ya untuk minuman tuh mengakalinya supaya bisa menarik minat konsumen. Justru tantangan itu yg harus jadi motivasi untuk semakin giat berkarya ya mbak
Kalau lihat foto-foto produk yang keren begini suka kagum deh sama kreativitas fotografernya. Apalagi yang konsepnya kayak ada cipratan air gitu beneran keren menurut saya
Makasih banyak kak, pas banget saya lagi mau foto-foto produk kurma dan madu untuk usaha yang akan dirintis. Setelah membaca tulisan ini jadi ada gambaran kira-kira seperti apa konsep fotonya nanti.
Cantik-cantik banget, kak…fotonya.
Aku suka bingung pake banget kalo fotonya berupa makanan atau minuman. Bagiku, tanggungjawab terbesarnya adalah menciptakan suasana apabila mata melihat, maka hati langsung tertarik ingin mencoba.
Sukses banget kalau begini..