belajar online 2020
Blogging,  Kelas Online,  Pengalaman

Belajar Online 2020: Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog dan Usaha Foto Produk

Bulan September 2020 begitu panen ilmu, khususnya dari komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis dan IM3 Ooredoo. Hampir tiap weekend saya selalu ikutan webinar tiap jam 4 sore dan jam 8 malam. Sampai-sampai rasanya bakal aneh weekend besok akan dilewatkan tanpa webinar. Segitu saya excited ikutan, kalau lagi ngga bisa ikut saya sampai japri peserta lain untuk meminta screenshot materi webinar.

Bukannya tanpa hambatan sih mengikuti webinar, namanya juga ibu rumah tangga. Meski saya sudah berusaha mengosongkan jam webinar dengan menyelesaikan kewajiban-kewajiban saya di rumah lebih dulu, ada hal-hal yang nggak bisa diprediksi. Seringnya anak saya yang masih 4 tahun seolah makin lincah ingin diperhatikan. Ya sudah, saya anggap semua sudah satu paket.

Saya salut dengan tim IIDN karena begitu dedicated. Semoga amal baiknya dibalas.

Total mungkin nyaris 20 dari 25 webinar IIDN dan sesi sharing lainnya yang rentang waktunya hingga awal Oktober. Biasanya saya share setiap webinar isinya apa saja. Namun kali ini nggak mungkin karena bisa sangat panjang (bisa dijadiin buklet sekalian deh). Karena blog saya dikhususkan untuk dunia kreatif, jadi saya cuma memasukkan beberapa saja. Webinar berbau teknis nggak saya masukkan. Semoga maklum.

Ulasan Webinar-Webinar Bertema Kreatif Yang Saya Ikuti

Webinar IM3 Ooredoo & IIDN “Menjadi Blogger Kesayangan Klien” – Muhammad Firman

Bagi blogger-blogger yang serius memonetisasi blognya sudah tentu sigap ikutan webinar ini. Belum mulai webinar saja, peserta sudah mau “melamar” mas Emmett selaku nara sumber dan head of PR ASUS Indonesia. ASUS sendiri cukup sering mengadakan kompetisi blog berhadiahkan…. produk laptopnya, yang tentunya bikin ngiler para blogger.

Menurut mas Emmett, blogger yang disukai klien adalah yang menggunakan top level domain, sering meng-update post atau artikel, memiliki ulasan produk, aktif dalam social media dan menggunakan konten video. Karena sesi sharing ini saya jadi mempertimbangkan mau memproduksi konten video nih. Let’s see. Yang saya tangkap di sesi sharing ini, klien menyukai blogger yang menggunakan sosmed sebagai branding dan publikasi.

Webinar IM3 Ooredoo & IIDN “Canva For Blogger” – Mutiara Hidayati

Awalnya saya merasa “udah tahu banget” soal Canva. Ternyata, ngga juga. Banyak peserta yang masih bingung memakai Canva. Di sesi ini Mbak Mutiara sampai mempraktekkan langsung pemakaian Canva, tepatnya di setengah jam terakhir.

Baca Juga: Membuat Template Instagram Quiz Dengan Aplikasi Canva

Saya bertanya kepada mbak Mutiara bagaimana menjadi Canva Certified Creative alias pengajar resmi Canva, karena siapa tahu saya bisa apply. Mbak Mutiara menjawab bahwa kita sebelumnya sudah suka sharing tutorial mengenai pemakaian Canva dan pihak Canva akan mengecek keseluruhan pemakaian sosmed kita. Mbak Mutiara menekankan pembelian akun Canva Pro alias Canva berbayar dengan ilegal sangat tidak diizinkan karena menyalahi izin dan kabarnya menyalahgunakan kartu kredit orang lain.

Live Tweet Kumpulan Emak Blogger “Memulai Usaha Foto Produk” – Deddy Huang

Entah kenapa mata saya selalu awas kalau ada sesi sharing soal foto produk atau foto makanan tuh.

Alhamdulillah saya sempat ikutan live tweet yang diadakan komunitas Emak-Emak Blogger. Kali ini KEB mengundang Deddy Huang selaku fotografer dan blogger sebagai nara sumber. Ternyata koh Deddy ini juga salah satu nara sumber di rangkaian webinar IM3 Ooredoo dan IIDN yang saya ikuti (insya Allah ulas bulan depan).

Baca Juga: Belajar Online 2020: ER di Instagram, Food Photography dan Digital Financing

Di sesi sharing ini Deddy Huang menceritakan awal mula ia berkecimpung di dunia foto, dari hobby hingga belajar otodidak. Ia juga sharing hasil project pertamanya.

Saya sempat bertanya apa bisa memulai usaha foto produk dengan modal handphone saja. Ia menjawab bisa, asal dikomunikasikan ke klien. Kalau klien oke, nggak masalah. Akhir kata, ia berpesan bahwa jangan berkecil hati jika belum memiliki perlengkapan fotografi. Karena bisa juga seseorang memiliki fasilitas namun hasil karyanya tidak bagus.

Webinar lainnya yang saya ikuti di bulan September 2020:

  • Webinar IM3 Ooredoo & IIDN “SEO Untuk Pemula” – Priangga Otviapta
  • Webinar IM3 Ooredoo & IIDN “SEO Untuk Pemula (Off Page)” – Priangga Otviapta
  • Webinar IM3 Ooredoo & IIDN “Seluk-Beluk Review” – Widyanti Yuliandari
  • Webinar IM3 Ooredoo & IIDN “Peluang Penghasilan Dari Blog” – Indriyas Wahyuni
  • Webinar IM3 Ooredoo & IIDN “Mendapat Peluang Job Blog” – Widyanti Yuliandari
  • Webinar IM3 Ooredoo & IIDN “Peluang Penghasilan Afiliasi” – Ditya Pandu
  • Sharing Telegram Grup Perempuan WP “Peluang Penghasilan Dari Blog’ – Indriyas Wahyuni
  • Live FB Masterweb Digital Talk: Create a Self-Hosted WordPress Blog

Ada webinar-webinar lain yang diikuti nggak dari awal dan nggak full konsentrasi, jadi ngga saya tulis disini. Malah sebenarnya ada beberapa yang inginnya ikut, tapi nggak bisa karena bentrok jadwal.

Secara keseluruhan, keren banget deh bulan September. Penuh ilmu. Makasih banget komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis. Semoga bisa diterapkan dan semoga konsisten.

Bagaimana dengan bulan Septembermu? Apa ada webinar atau pembelajaran yang didapat?

Sunglow Mama Signature

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *